Apa pengertian dari bisnis, pilih kredit multi guna, KTA, kartu kredit, kredit investasi atau kredit modal kerja? Mana yang paling sesuai dengan karakteristik untuk bisnis Anda? Kali ini Finansialku akan membahas tentang kredit multi guna, KTA, kartu kredit, kredit investasi dan kredit modal kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah kata-kata yang sering kita dengar, baik melalui media massa maupun secara langsung. Pengertian dari bisnis adalah segala usaha yang menghasilkan keuntungan. Jadi bisnis bisa berupa usaha berjualan, menjadi distributor, menjadi makelar dalam kegiatan jual beli dan sebagainya. Orang yang menanamkan sejumlah modal pada suatu perusahaan juga bisa disebut dengan bisnis.

Bisnis selain yang pasti akan mendatangkan keuntungan bagi pelaku bisnis, juga memberikan keuntungan-keuntungan yang lain. Pebisnis yang sukses tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang dilakukannya, melainkan juga bisa mencukupi semua kebutuhannya. Lebih dari sekedar sukses saja, dengan keberhasilan yang lebih besar akan memberikan status sosial yang tinggi di masyarakat.

Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja? - Finansialku

[Baca Juga: Tidak ada Peluang Bisnis dan Investasi yang Buruk]

 

Pengertian Kredit

Kredit merupakan sejumlah uang atau barang yang kita terima sekarang, dengan kewajiban kita membayar sejumlah uang pada waktu tertentu. Pengertian kredit tersebut membuat kita bisa beranggapan bahwa dengan cara kredit, kita bisa mendapatkan uang atau barang pada saat ini, dengan kewajiban kita membayar pada waktu tertentu atau pada saat jatuh tempo. Kita bisa menggunakan kredit untuk mendapatkan sejumlah uang guna memenuhi kebutuhan kita pada saat ini. Penggunaan kredit, selain bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan, kita juga bisa menggunakan kredit untuk mendapatkan sejumlah uang tertentu yang akan kita gunakan untuk modal usaha.

Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri HubSpot  - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri HubSpot.com]

 

Jenis-jenis Kredit

Kredit memiliki beberapa jenis, yaitu kredit multi guna, KTA, kartu kredit, kredit investasi, dan kredit modal kerja. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan lebih mendalam di bawah ini.

 

Jenis 1: Multi Guna

Kredit Multi Guna bisa diartikan sebagai kredit dengan jaminan. Bisanya yang digunakan sebagai jaminan pada kredit multi guna adalah barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat dengan cepat untuk dijual, seperti kendaraan bermotor, rumah, tanah dan juga gedung. Kelebihan yang dimiliki oleh kredit multi guna adalah bisa mendapatkan dana dalam jumlah yang besar dengan masa angsuran yang panjang. Kekurangan dari kredit multi guna, jika tidak bisa melunasi kredit atau utang sampai batas waktu yang ditentukan maka barang yang dijadikan jaminan atau anggunan akan menjadi milik pihak yang memberi kredit.

 

Jenis 2: KTA

KTA atau Kredit Tanpa Angunan secara adalah kredit tanpa jaminan. Kelebihan dari Kredit Tanpa Angunan yaitu pihak yang mengajukan kredit tidak perlu melakukan perjanjian memberikan barang terhadap pihak yang memberi kredit jika kredit tidak terlunasi sampai pada batas waktu yang ditentukan. Karena tidak mengharuskan ada barang yang akan dijadikan sebagai jaminan, Kredit Tanpa Angunan biasanya mensyaratkan pihak yang mengajukan kredit merupakan pegawai tetap atau pegawai kontrak dengan sisa masa kontrak yang cukup panjang. Pihak yang memanfaatkan kredit jenis ini akan memiliki kelebihan diantaranya pencairan pengajuan kredit yang waktunya cepat.

 Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) - FInansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Jenis 3: Kartu Kredit

Kartu kredit bisa diartikan sebagai kartu yang bisa mengeluarkan uang, dengan ketentuan pemilik kartu kredit akan membayar sejumlah tagihan sesuai uang yang telah dikeluarkannya tiap jatuh tempo dengan ketentuan tertentu. Pemilik kartu akan dipermudah dalam melaksanakan kegiatan pembayaran. Di berbagai tempat belanja modern, pembayaran bisa dilakukan dengan cara menggesekkan kartu kredit pada tempat-tempat yang disediakan dan pemilik kartu akan menerima sejumlah uang yang dibutuhkannya. Cara pembayaran yang praktis tersebut saat ini sangat diminati. Tentunya jumlah uang yang bisa diambil dari kartu kredit memiliki batas atau limit tertentu. Pengajuan kartu kredit beserta limit bisa dimiliki, tergantung dari penghasilan yang dimiliki oleh pihak yang mengajukan kartu kredit.

Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki - Finansialku

[Baca Juga: Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki]

 

Jenis 4: Kredit Investasi

Kredit Investasi merupakan kredit yang tujuan penggunaannya untuk memperluas atau memperbesar usaha. Kredit ini biasanya berupa kredit untuk pengadaan pabrik baru, dengan maksud untuk memperbesar perusahaan. Keinginan pengusaha dalam mengembangkan usahanya agar bisa terus menjadi besar dan terus memberikan keuntungan yang semakin besar akan sangat membutuhkan kredit investasi.

 

Jenis 5: Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja lebih ditujukan kredit bagi pengusaha-pengusaha kecil maupun menengah. Biasanya kredit modal usaha memiliki jangka waktu yang pendek. Bagi pengusaha-pengusaha kecil maupun menengah sangat membutuhkan kredit jenis yang satu ini. Kegunaannya selain agar tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan besar, biasanya butuh tambahan modal agar tetap bisa bersaing, juga untuk tetap menjaga keberlangsungan dari usaha yang dilakukan. Selain untuk menjaga agar bisa tetap bertahan dan tetap bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang besar.

5+ Cara Ampuh agar Kredit Usaha Anda Disetujui oleh Bank - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Ampuh agar Kredit Usaha Anda Disetujui oleh Bank]

 

Pilihan yang Tepat

Setelah mencermati berbagai peluang bisnis, bisa disimpulkan mana peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kondisi kita pada saat ini. Kondisi modal, penghasilan, besar kecilnya usaha yang dilakukan bisa semakin berkembang dengan berbagai cara yang cermat. Kecermatan membaca situasi untuk mengambangkan usaha, juga kecermatan memanfaatkan peluang untuk mendapatkan modal tambahan guna memperlancar dan memperbesar usaha akan sangat menentukan keberhasilan dari usaha yang dilakukan.

 

Manakah dari bisnis diantara kredit multi guna, KTA, kartu kredit atau modal kerja yang Anda pilih? Mengapa demikian? Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas berdasarkan langkah yang akan Anda pilih dan diskusikan tentang informasi di atas dengan orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arie Sulistyarini. 16 Februari Perbedaan Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja. https://goo.gl/Xe1g3p

 

Sumber Gambar:

  • Kredit – https://goo.gl/9aZlxm
  • Suami Istri – https://goo.gl/7lbBG1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku