Apa saja karakteristik dan kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausahawan? Finansialku akan membahas lebih mendetail tentang karakteristik dan kemampuan seorang wirausaha.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha

Sama halnya dengan profesi lain, menjadi seorang wiraswasta atau wirausaha yang memiliki sebuah bisnis juga membutuhkan karakteristik dan kemampuan khusus. Hal ini karena seorang wirausahawan adalah jantung dari usaha yang didirikannya.

Jika tidak memiliki kemampuan dan karakteristik tertentu, seorang wiraswasta akan tertinggal jauh di belakang daripada rekan-rekan sejawatnya. Lalu, apa saja karakteristik dan kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausaha?

Hal yang pertama akan kita bahas adalah karakteristik seorang wirausaha. Karakteristik berkaitan dengan sifat dan mental yang harus dimiliki seorang wiraswastawan. Karakteristik wirausaha bisa dipelajari, jadi kita tidak perlu merasa tidak memiliki mental seorang wiraswasta.

Karena selama mau berusaha dan belajar, seseorang pasti mampu menjadi seorang wirausaha yang berkarakter. Nah, berikut ini merupakan beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha.

 

Karakteristik Seorang Wirausaha

Menurut Wiryasaputra, ada 10 karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha, yaitu:

 

#1 Visionary

Karakteristik ini berkaitan dengan kemampuan seorang wirausaha untuk melihat jauh ke depan (visioner). Mereka senantiasa melakukan yang terbaik di masa kini sambil membayangkan masa depan yang lebih baik. Wirausahawan yang visioner cenderung kreatif dan inovatif.

Contoh: Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple.

Karakteristik dan Kemampuan Seorang Wirausaha yang Harus Anda Miliki 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wirausahawan, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Baru]

 

#2 Positive

Selalu bersikap positif merupakan salah satu karakteristik seorang wirausahawan. Memiliki sikap positif berarti senantiasa berpikir baik dan mampu mengubah setiap hambatan menjadi peluang.

Contoh: Kolonel Sanders, pencipta resep Kentucky Fried Chicken (KFC)

 

#3 Confident

Confident atau memiliki sikap percaya diri merupakan karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Sikap ini dapat membantu seseorang mengambil keputusan dan menentukan setiap inovasi yang diambil demi memajukan usahanya.

Contoh: Soichiro Honda, pendiri Honda ini mampu bangkit membangun bisnisnya yang sempat hancur karena Perang Dunia Ke-2.

 

#4 Genuine

Seorang wirausahawan harus memiliki orisinalitas pada ide, inovasi, dan produk yang dimiliki. Hal ini bukan berarti seseorang harus menciptakan produk yang baru, tetapi dia harus mampu memberi nilai lebih pada produk tersebut sehingga mampu bersaing dengan produk yang sudah beredar.

Contoh: Pengusaha Keripik Maicih yang berhasil menjual kerupuk biasa dengan kemasan yang menjual dan rasa yang unik.

7 Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Harus Ditiru Pebisnis UKM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 7 Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Harus Ditiru Pebisnis UKM]

 

#5 Goal Oriented

Wirausahawan yang berkarakter pasti memiliki target dan tujuan yang pasti. Mereka juga akan senantiasa melakukan inovasi untuk mencapai target yang diizinkan. Jika gagal, daripada menyerah, pengusaha jenis ini akan membuat goals baru untuk memperbaiki kegagalan di masa lampau.

Contoh: Larry Page dan Sergey Brin, penemu situs Google yang senantiasa berinovasi mengembangkan situsnya sehingga menjadi situs pencari terbaik di dunia.

 

#6 Persistent

Persistent (tahan uji) harus maju terus, mempunyai tenaga, dan semangat yang tinggi, pantang menyerah, tidak mudah putus asa dan kalau terjatuh segera bangun kembali.

Contoh: Bill Gates memimpikan, personal computer akan tersedia di rumah setiap orang. Untuk merealisasikan mimpinya, dia drop out dari studinya, memilih menekuni Microsoft-nya. Dia berhasil. Kini, dia salah satu orang terkaya dunia.

 

 

#7 Ready to Face a Risk

Setiap wirausahawan harus siap menghadapi segala risiko. Hidup pasti berputar seperti roda, ada kalanya kita di atas, ada kalanya kita berada di bawah. Begitu pula dengan menjadi pengusaha. Meskipun begitu, bukan berarti kita harus menyerah kalah. Sambil mempersiapkan diri untuk menghadapi segala risiko, persiapkan juga perencanaan untuk mengambil langkah selanjutnya agar kejadian yang pernah dialami tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

Contoh: Michael Dell, pendiri perusahaan komputer Dell yang berhasil mengatasi risiko penjualan produk dengan teknik direct marketing dan berhasil menjadi pengusaha sukses saat berumur 34 tahun.

Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM]

 

#8 Creative

Pengusaha yang kreatif akan mampu melihat setiap peluang yang ada dan menjadikan peluang tersebut sebagai kesempatan untuk berinovasi dan menciptakan peluang baru.

Contoh: George Eastment, pendiri Kodak yang membuat brand dengan nama unik dan mudah diingat.

 

#9 Healthy Competitor

Menjadi seorang wirausahawan berarti siap memiliki persaingan dan menjadi pesaing. Persaingan dalam dunia usaha jangan dilihat sebagai hal yang negatif. Anggap ini sebagai motivasi untuk membuat terobosan yang lebih baik lagi.

Contoh: Air minum Aqua yang mampu bersaing dengan brand air kemasan lain selama bertahun-tahun.

 

#10 Democratic Leader

Menjadi wirausahawan berarti kita harus mampu menjadi pemimpin yang demokratis bagi karyawan. Kita juga harus mampu menjadi teladan dan motivator bagi mereka. Agar saat membangun usaha, baik karyawan maupun wirausahawan dapat bekerja secara harmonis demi majunya sebuah usaha.

Contoh: Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

 

Kemampuan Seorang Wirausaha

Setelah membahas karakteristik, selanjutnya kita akan membahas beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Di antaranya adalah:

 

#1 Kemampuan Teknis

Kemampuan pertama yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah kemampuan teknis. Kemampuan ini meliputi kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, presentasi lisan, pengorganisasian, dan pembinaan.

 

#2 Kemampuan Manajerial

Kemampuan ini meliputi kemampuan untuk memulai, mengembangkan, dan mengelola sebuah wirausaha.

 

#3 Kemampuan Wirausahawan

Kemampuan ini meliputi kemampuan membuat sebuah usaha, berinovasi, visioner dan senantiasa mencari peluang baru dalam setiap langkah yang diambil, demi kemajuan usaha yang dimiliki.

 

Setiap Wirausaha Perlu Memiliki Karakter dan Berkemampuan

Sebagai seorang wirausahawan kita harus memiliki karakteristik dan kemampuan yang sudah dijelaskan di atas. Meskipun mungkin usaha yang kita miliki berskala menengah atau bahkan kecil, tetapi jika kita mampu memiliki karakteristik dan kemampuan tersebut, bukan tidak mungkin usha kita akan berkembang dan sukses. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda terhadap artikel di atas. Anda dapat memberikan jawaban pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • Octa Dandy Saiyar. 08 Februari 2013. Karakter Seorang Wirausaha – https://goo.gl/0A5FQJ
  • Dody Tabrani. Kemampuan Yang Diperlukan Oleh Seorang Wirausahawan. Ukm.com – https://goo.gl/vgae5Y

 

Sumber Gambar:

  • Boss – https://goo.gl/bW7e5v
  • Jas – https://goo.gl/XfbQrQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang