Kalau kamu menganggap rencana keuangan tidak terlalu penting untuk kehidupan, kamu salah besar. Ternyata rencana keuangan itu penting, lho.

Pernah gak kamu mau beli ini, beli itu, tapi gak ada satupun yang terwujud? Whats wrong?? Mungkin karena kamu hanya memikirkannya saja, tapi tidak merencanakannya.

Itulah kenapa kamu harus mempunyai perencanaan keuangan. Inilah 5 alasan pentingnya perencanaan keuangan untuk hidupmu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rencana Keuangan Sebagai Pengendali Finansial

Istilah financial planning atau rencana keuangan agaknya sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi pertanyaannya, apakah kamu sudah punya rencana keuangan itu?

Masih banyak di antara kita menganggap tidak perlu ada perencanaan khusus termasuk pada aspek finansial. Ibaratnya jalani hidup let it flow aja, yang penting ada uang buat makan dan kebutuhan harian.

Padahal sebenarnya, masih banyak kebutuhan dan tujuan hidup lainnya yang harus dipenuhi. Seperti halnya biaya pendidikan anak, anggaran kesehatan, biaya untuk hal-hal tak terduga, sampai tabungan di masa tua.

Semua itu bisa kamu wujudkan jika mengacu pada perencanaan keuangan.

5 Alasan Mengapa Rencana Keuangan Penting Dalam Kehidupan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Peranan Perencana Keuangan]

 

Perencanaan keuangan menjadi kemudi untuk mengendalikan pendapatan, pengeluaran, dan investasi sampai akhirnya kamu bisa mengelola keuangan dengan baik dan mencapai tujuan hidup.

Benjamin Franklin mengatakan, “If you fail to plan, you are planning to fail“. Mungkin kamu punya beberapa tujuan finansial yang ingin dicapai, tapi untuk bisa mencapai titik yang tepat maka diperlukan rencana keuangan sejak usia muda.

Dengan kamu melakukan perencanaan keuangan, banyak manfaat yang bisa dirasakan karena ini menjadi bagian dari step by step mencapai tujuan hidup.

 

Pentingnya Membuat Rencana Keuangan. Ini Alasannya!

Pengendali aspek finansial, adalah salah satu gambaran mengapa kamu harus mempunyai rencana keuangan.

But anyway, masih ada beberapa alasan lainnya yang memperkuat agar kamu segera menyusun rencana keuangan sekarang juga. Berikut alasannya:

 

#1 Mengelola Finansial dengan Cara Terbaik

Alasan pertama pentingnya rencana keuangan karena hal ini mendukung pengelolaan finansial dengan cara terbaik.

Mungkin kamu menilai, jika menabung di bank sudah lebih dari cukup. Padahal masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan, misalnya berinvestasi.

Sehingga jika kamu bisa memetakan kebutuhan di dalam rencana keuangan, kamu pun punya target untuk mewujudkan kebutuhan itu. Melalui investasi, kamu bisa membuat uangmu bekerja secara aktif untuk mencapainya.

5 Alasan Mengapa Rencana Keuangan Penting Dalam Kehidupan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Perencana Keuangan yang Dipercaya, Professional dan Memiliki Banyak Klien]

 

#2 Mempersiapkan Dana Darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada esok hari, lusa, dan seterusnya. Maka dari itulah, mempersiapkan dana darurat menjadi aspek penting dalam perencanaan keuangan yang tidak boleh disepelekan.

Kenapa dana darurat ini penting? Contoh sederhananya saja, misalnya jika ada seorang ayah yang memiliki utang untuk membiayai pendidikan anaknya.

Pada saat yang bersamaan, ia pun tengah mendanai masa pensiunnya yang hanya tinggal menghitung waktu. Namun tiba-tiba, keadaan darurat istrinya harus masuk ke rumah sakit.

Sayangnya, karena tidak memiliki proteksi atau perlindungan asuransi maka sang ayah harus membayar biaya pengobatan secara mandiri dengan menggunakan uang yang ada di tabungannya.

Lain cerita jika sang ayah telah memiliki dana darurat, uang tabungannya akan tetap aman karena biaya rumah sakit bisa dibayarkan melalui dana darurat tersebut.

 

#3 Mengatasi Inflasi

Fenomena kenaikan harga selama bertahun-tahun dikenal sebagai inflasi. Kenaikan ini terjadi pada harga barang dan jasa yang stabil dari waktu ke waktu.

Celakanya, jika kamu tidak memiliki rencana keuangan yang baik maka risikonya kondisi inflasi ini akan memangkas tabungan kamu dalam waktu singkat.

Kok bisa? Yup, karena harga kebutuhan bisa meningkat tajam. Misalnya biaya hidup sehari-hari untuk membeli sembako biasanya kamu memerlukan biaya Rp 500 ribu – 1 juta per bulan, angka ini bisa meningkat berkali-kali lipat diluar prediksi.

Jika kamu mempunyai rencana keuangan sejak usia muda, kondisi ini bisa diantisipasi misalnya memerangi inflasi dengan berinvestasi. Kamu bisa melakukan perencanaan keuangan dengan bantuan ebook berikut ini.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#4 Merencanakan Bekal Pensiun

Jika saat ini kamu merasa aman karena mencapai usia pensiun itu masih memerlukan waktu lama, itu sebuah kesalahan.

Meskipun usia pensiun kamu mungkin 25 atau 30 tahun ke depan, tetapi bekal untuk masa pensiun harus sudah dipersiapkan sejak usia muda. Agar nantinya kamu bisa menikmati kehidupan pensiunan yang bahagia dan nyaman.

Perencanaan keuangan sejak dini dapat membantu mengamankan masa depan dari ketidakpastian keuangan.

 

#5 Menciptakan Kekayaan dan Raih Ketenangan Pikiran

Kamu bisa saja menghemat uang tanpa memiliki rencana keuangan, tetapi ini bukan cara yang cukup efisien.

Ada cara yang lebih baik yaitu dengan membuat rencana keuangan, di mana kamu bisa mengetahui track record tentang pendapatan dan pengeluaranmu.

Selanjutnya, kamu bisa melacak apa saja pengeluaran yang tidak perlu sehingga otomatis bisa meningkatkan tabungan dalam jangka panjang.

Tabungan yang kamu miliki juga bisa dialihkan ke investasi untuk menciptakan kekayaan. Pastinya hal ini berpengaruh pada ketenangan pikiranmu ya…

5 Alasan Mengapa Rencana Keuangan Penting Dalam Kehidupan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sepelekan Rencana Keuangan Jangka Pendek! Yuk Buat Dari Sekarang!]

 

Rencanakan Keuanganmu Sekarang Juga!

Itulah alasan pentingnya kamu melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan membantu kamu untuk mengelola uang secara efisien.

Jangan khawatir jika kamu belum mencapai tahap ini, tidak ada kata terlambat. Kamu bisa merencanakan keuangan sesegera mungkin.

Oh ya, jika kamu mengalami kesulitan dalam membuat rencana keuangan, kamu bisa berdiskusi dengan para financial planner di Finansialku.com atau kamu coba membuat rencana keuangan di Aplikasi Finansialku.

Download aplikasinya secara gratis di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah artikel ini dirasa bermanfaat? Jangan lupa untuk bagikan kepada teman dan kerabat terdekat supaya mereka segera membuat rencana keuangan dan mencapai tujuan hidup. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. IMPORTANCE OF FINANCIAL PLANNING. Franklintempletonindia.com- https://bit.ly/32SF99p

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/3n6AZCV
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/3cKW6Gl
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/3jlatUg