Jaringan ritel Alfamart buka co working space baru dengan fasilitas minimarket serba ada yang cozy bernama Alfa X. Simak lengkapnya di sini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Alfa X, Co Working Space Alfamart yang Bikin Heboh Netizen

Sudah satu dekade lebih co working space menjadi alternatif ruang bagi para freelancer yang tak punya kantor atau tempat kerja.

Co working space seperti membuktikan bahwa kegiatan bekerja bisa dilakukan secara fleksibel.

Nah, baru-baru ini warganet dihebohkan dengan kabar bahwa Alfamart membuka co working space anyar.

Jaringan ritel tersebut membuat konsep store berbeda dengan sebelumnya dengan nama Alfa X. Perbedaannya sangat kentara dengan desain dan fasilitas yang terkesan cozy.

Dalam Alfa X tersebut terdapat ruang publik khusus, di mana pengunjung dapat belajar, melakukan pertemuan dan juga berbelanja sekaligus tempat nongkrong.

Selain menjadikannya minimarket modern, AlfaX juga menyediakan kuliner enak dan siap saji.

Ricebox, noodles, pasta, snack (pastry & foodstick), ditambah dengan coffee dan non coffee disajikan dengan harga pas bagi kalangan mahasiswa.

Saat ini Alfa X baru tersedia di AlfaX S Parman Grogol Jakarta, AlfaX Arjuna Utara Jakarta Barat dan AlfaX Akses UI sejak Januari 2020.

Dengan mengusung konsep Experience, Connect, dan Collaborate, diharapkan kehadiran Alfa X menjadi pengalaman baru dalam bersosialisasi dan meningkatkan produktivitas bersama.

Wow! Alfamart Buka Co Working Space Cozy Serba Ada, Alfa X 02

[Baca Juga: Bingung Mau Rintis Bisnis Startup di Mana? Ini Keuntungan Pakai Coworking Space!]

 

Tentu saja, kabar ini langsung disambut oleh antusias dari kalangan generasi milenial. Bahkan, beberapa waktu lalu, cuitan soal co working space besutan Alfamart ini sempat mendapatkan banyak respon dari netizen.

“ALFAMART BIKIN CO WORKING YA ALLAH, cepet-cepet ada di deket sini kek, mau coba,” tulis akun @asdfghaidar.

Asal tahu saja, interior dari co working space Alfa X ini benar-benar dibuat senyaman mungkin, agar pengunjung betah berlama-lama di sana.

Tidak sedikit juga warganet lain yang meminta co working space milik Alfamart ini dibuka di kota lain.

“Min buka di solo dong pliss,” sebut salah seorang waganet.

“Ihh lucu, cepet ngetren.. plis biar ada di domisili aku nih,” imbuh warganet lainnya.

Meski begitu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. menunda pengembangan proyek co working space ini. Penundaan ini akibat masih merebaknya virus corona yang telah menghantam banyak sektor.

 

Sekilas tentang Co Working Space

Co working space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik, sebuah co working space di Wina, Austria. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut sebagai Mother of Co Working Space.

Di Indonesia sendiri, menurut beberapa sumber, co working space pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010 silam.

Maklum saja, seperti yang kita tahu, Bandung memang sering menjadi tempat lahirnya ide dan inovasi yang menarik.

Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya.

Menurut beberapa sumber, jumlah co working space di Indonesia meningkat pesat dalam kurun waktu 2016 hingga 2017. Dari hanya 45 unit pada 2016, meningkat tiga kali lipat tahun lalu, menjadi 150 unit.

Hingga Juni 2018, Data Asosiasi Co-working Indonesia menunjukkan, jumlah co working space sudah sekitar 200 unit.

Co working space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Mayoritas penggunanya selain berasal dari pengusaha startup, juga berasal dari pekerja independen, profesional, entrepreneur, pekerja yang berkantor di ruko, hingga mahasiswa dan pelajar yang kebanyakan berasal dari kalangan muda.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Angga Roni Priambodo. 28 Juni 2020. Super Cozy, Alfamart Buat Co Working Space Kekinian untuk Anak Muda! Suara.com – https://bit.ly/2YFQqb1
  • Admin. Mengenal Lebih Dalam: Apa Itu Coworking Space? Cohive.space – https://bit.ly/38alVx1
  • Mawa Kresna. 30 November 2016. Melacak Muasal Coworking Space di Indonesia. Tirto.id – https://bit.ly/38lK2Jz
  • Massaputro Delly TP. 29 Juni 2020. Pengembangan AlfaX Tertunda Tunggu Kondisi Stabil. Raddien.com – https://bit.ly/3dH6iOZ
  • Azis Husaini. 29 Juni 2020. Netizen heboh liat Alfamart rilis Alfa X dengan Konsep Coworking dan Bisa Ngeband. Kontan.co.id – https://bit.ly/2BjBQxb
  • Desy Setyowati. 26 Juni 2018. Jumlah Coworking Space Melonjak meski Terkendala Regulasi. Katadata.co.id – https://bit.ly/2NAULWT

 

Sumber Gambar:

  • Twitter.com/AlfaXId