Apakah yang terjadi jika seseorang nunggak tagihan kartu kredit? Apakah kita akan masuk pengadilan jika nunggak tagihan kartu kredit? 

Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan menjelaskan konsekuensi jika seseorang nunggak tagihan kartu kredit.

 

Artikel ini Dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

Anda akan Begini, Jika Nunggak Tagihan Kartu Kredit!

Banyak orang menggunakan kartu kredit, dengan cara yang tidak bijak. Bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang bijak? Apakah Anda menyadari kartu kredit sebaiknya dianggap sebagai dana talangan, bukan utang.

Setiap kali Anda menggesek kartu kredit, Anda harus memikirkan bagaimana cara membayarnya. Jadi pikirkan dari awal bagaimana cara Anda membayar, jangan sampai menyesal di akhirnya.

Apa yang Terjadi Kalo Nunggak Tagihan Kartu Kredit - Perencana Keuangan Indpeenden Finansialku

[Lihat Infografis: Kartu Kredit U untuk Untung bukan Utang]

 

Apa saja konsekuensi yang kita harus hadapi jika sampai nunggak tagihan kartu kredit? Jelas hidup Anda akan merasa cemas, lahir dan batin. Buruknya, semakin Anda merasa cemas, semakin Anda tidak akan mendapat solusinya.

Menurut pengamatan kami, HaloMoney Indonesia ada empat konsekuensi utama yang harus diterima seseorang, jika sampai nunggak tagihan kartu kredit:

 

Harus Bayar Bunga yang Tinggi

Tahukah Anda kartu kredit adalah salah satu jenis utang konsumtif dengan bunga yang cukup tinggi? Bunga kartu kredit bisa mencapai 2% – 2,5% per bulan, artinya 24% – 30% setahun? Kalau Anda tidak mau rugi bayar bunga kartu kredit, ya jangan sampai nunggak tagihan kartu kredit.

Bayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan dalam jumlah yang tepat. Kalau semua tagihan dibayar tepat waktu dan jumlah yang tepat Anda TIDAK akan terkena bunga kartu kredit. Untung bukan?

[Lihat Infografis: 3 Cara untuk Keluar dari Utang Kartu Kredit]

 

Ada Beban Psikologis (Biang Stress)

Namanya juga berutang, pasti pikiran tidak tenang, Takut ini takut itu dan beban psikologis. Terlebih jika Anda tidak memiliki solusi untuk keluar dari jebakan utang kartu kredit.

Solusi ketika Anda sudah bingung apa yang harus Anda lakukan dengan utang kartu kredit Anda, adalah berdiskusi dengan perencana keuangan atau orang yang mengerti cara memperbaiki kondisi utang Anda. Jangan melakukan kekonyolan dengan sistem gali lubang tutup lubang atau membayar minimum.

Kedua hal tersebut tidak akan pernah menyelesaikan permasalahan Anda. 

[Baca Juga: Berapa Skor Kredit Kamu?]

 

Dikejar Debt Collector

Orang utang biasanya takut dengan penagih utang (debt collector). Biasanya bank akan melakukan pendekatan baik-baik, dengan mengirimkan penagih utang. Mereka akan membicarakan baik-baik dan berdiskusi cara mencari jalan keluarnya.

Jangan pernah kabur atau menghindari penagih utang, hadapi dengan baik-baik. 

 

Masuk Daftar Hitam BI

Konsekuensi terberat dari nunggak tagihan kartu kredit adalah masuk daftar hitam (black list) Bank Indonesia. Sekali Anda masuk daftar hitam Bank Indonesia, nama Anda akan selalu tercatat.

Jika nama seseorang sudah masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, biasanya orang tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan kenaikan limit kartu kredit atau kesulitan untuk mengajukan utang.

 

Jadi Jangan Sampai Nunggak Tagihan Kartu Kredit Ya!

Nah sudah tahu kan konsekuensi-konsekuensi jika kita sampai nunggak tagihan kartu kredit. Dari keempatnya tidak ada yang enak. Oleh sebab itu gunakan kartu kredit dengan bijak.

Ingat saat menggesek kartu kredit, Anda harus tahu bagaimana cara membayarnya. Jangan asal gesek!

 

Apakah Anda lebih sering mendapatkan keuntungan dari kartu kredit atau lebih sering bayar bunga tinggi kartu kredit?

 

Sumber Gambar:

  • Threat – http://goo.gl/BTJu2P

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang