facebook_pixel

Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga dan Apa Manfaatnya?

Apa itu anggaran keuangan keluarga? Kira-kira apa saja manfaat membuat anggaran keuangan keluarga? Sebagai perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai anggaran keuangan keluarga secara lebih detil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga?

Kebanyakan orang meremehkan fungsi anggaran keuangan keluarga, karena mereka tidak mengetahui fungsi dan manfaat anggaran keuangan keluarga. Anggaran keuangan keluarga dapat didefinisikan sebagai rencana penggunaan uang dalam sebuah keluarga pada periode tertentu. Biasanya anggaran dibuat dalam satuan waktu bulanan. 

Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga dan Apa Manfaatnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Apakah Anda sudah mengelola keuangan keluarga dengan benar?]

 

Menurut Anda bagaimana bentuk anggaran keuangan keluarga? Apakah serumit anggaran keuangan perusahaan? Anggaran keuangan keluarga jauh lebih sederhana dan dapat dibuat dalam waktu kurang dari 30 menit.

Tampilan Anggaran Keuangan Keluarga Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Tampilan Fitur Anggaran dalam Aplikasi Finansialku

Anda hanya perlu mengisi kira-kira berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan anak, kebutuhan kesehatan dan kebutuhan lainnya. Tampilan di atas, adalah tampilan menu anggaran dalam Aplikasi Finansialku. Kami berharap dalam waktu dekat ini, aplikasi Finansialku dapat segera dirilis dan dapat segera digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Satu hal yang harus digaris bawahi, anggaran keuangan keluarga dibuat oleh seluruh anggota keluarga: Anda, pasangan dan anak-anak. Anda sekeluarga harus tahu dan taat dengan anggaran keuangan yang telah dibuat. Jadi anggaran bisa menjadi kesepakatan bersama untuk memanfaatkan keuangan keluarga

 

4 Manfaat Utama Anggaran Keuangan Keluarga

Apa saja manfaat membuat anggaran keuangan keluarga? Sejatinya ada 4 manfaat utama anggaran keuangan keluarga yaitu:

 

Anggaran Keuangan Keluarga untuk Merencanakan

Anggaran idealnya dibuat pada awal bulan berjalan, contoh saat ini Bulan February 2016, maka idealnya Anda sekeluarga mulai berkumpul untuk mulai merencanakan kira-kira berapa yang boleh dibelanjakan untuk kebutuhan anak, asuransi, belanja rumah tangga, membayar cicilan dan utang, hobi, kendaraan dan lainnya. Fungsi perencanaan ini dapat Anda lihat pada bagian kolom pertama pada gambar di atas. 

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Anggaran Keuangan Keluarga untuk Pengawasan

Anggaran yang sudah dibuat, harus ditaati dan dijalankan dengan benar. Dalam prakteknya Anda juga memerlukan catatan pengeluaran harian. Setelah itu catatan pengeluaran tersebut akan dibandingkan dengan anggaran yang sudah dibuat. Misal:

  • Anggaran belanja rumah tangga bulan Februari 2016 sebesar Rp 1.000.000.
  • Kenyataanya belanja rumah tangga bulan Februari 2016 sebesar Rp 1.200.000.

Hal ini berarti pengeluaran sesungguhnya melebih anggaran (dikenal juga over budget). Fungsi pengawasan ini dapat Anda lihat pada bagian kolom kedua pada gambar di atas. Fungsi pengawasan dengan menggunakan anggaran, idealnya dilakukan setiap akhir pekan. Jika Anda sekeluarga terlalu sibuk, Anda dapat melakukan pengawasan anggaran setiap akhir bulan.

 

Anggaran Keuangan Keluarga untuk Sarana Komunikasi

Salah satu serunya memiliki anggaran keuangan keluarga adalah setiap anggota keluarga dapat saling memperingatkan. Misal Istri memberi peringatan kepada suami untuk mengurangi biaya untuk belanja kebutuhan-kebutuhan pribadi. Begitupula suami juga dapat memperingatkan istri untuk menambah pengeluaran untuk investasi di reksa dana dan lainnya.

 

Anggaran Keuangan Keluarga untuk Pedoman Penggunaan Uang

Anggaran membuat keuangan Anda lebih terkontrol, karena Anda tahu berapa uang yang dapat Anda keluarkan untuk masing-masing pos. Lebih dari 75% orang yang membuat anggaran keuangan keluarga, dapat meningkatkan tabungan dan investasi bulanannya. Anda tentu mau kan, kondisi keuangan keluarga Anda menjadi lebih sehat daripada sekarang?

 

[Baca Juga: Template Anggaran Keuangan Keluarga secara Manual

 

Setelah Anda tahu pentingnya fungsi anggaran keuangan keluarga, apakah Anda masih mau menunda membuatnya? Silahkan kumpulkan anggota keluarga Anda, mulai ajak ngobrol dan buat anggaran keuangan keluarga. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda pernah mengalami kebingungan kok tiba-tiba uang di dompet habis? atau uang di atm susut dalam sekejap?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download