Kamu sudah tahu apa itu staycation? Ternyata, istilah ini merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, lho

Ayo, ikuti penjelasan berikut ini biar makin paham. 

 

Summary

  • Walaupun staycation identik dengan liburan dekat rumah, namun banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas di tempat menginap.
  • Staycation tidak harus di hotel yang mewah, asalkan sesuai dengan kemampuan fisik dan keuangan.

 

Apa Itu Staycation?

Staycation menjadi istilah ngetren di masa new normal setelah pandemi seperti sekarang ini, banyak media membahasnya. 

Staycation merupakan penggabungan dari dua kata yaitu stay dan cation. Yang memiliki arti, stay berarti tetap dan cation yang berasal dari kata vacation alias liburan.

Kemudian masyarakat menerjemahkannya secara bebas, akan tetapi menurut Cambridge Dictionary, staycation mempunyai arti liburan di rumah atau di dekat rumah. Ibaratnya, kamu menjadi turis di lingkungan sendiri.

 

Konsep Staycation dan Hal-hal Penting Tentangnya

Staycation menjadi populer akibat pandemi yang berkepanjangan, membuat sebagian besar masyarakat harus menghemat pengeluaran, termasuk dalam urusan berlibur.

Konsep stay untuk tetap tinggal menjadi suatu cara ekologis untuk menghabiskan vacation atau liburan. Lebih lanjut, inilah beberapa hal yang penting tentang staycation.

 

#1 Hemat Biaya

Salah satu alasan utama seseorang memilih staycation adalah karena umumnya lebih murah daripada bepergian lebih jauh.

Tentu saja, staycation bisa memakan banyak biaya, tergantung pada kegiatan apa yang kamu lakukan. 

Namun, dengan memilih staycation, traveler bisa signifikan memangkas biaya perjalanan karena lokasinya yang dekat dengan rumah. 

[Baca Juga: Tips Merencanakan Biaya Liburan ke Bandung, Lengkap!]

 

Walaupun biaya yang dikeluarkan untuk staycation lebih murah dari liburan biasa, tapi kamu harus tetap membuat anggaran dan merencanakan keuangannya.

Mari kita simulasikan membuat perencanaan dana untuk staycation. Kamu bisa menggunakan fitur ‘Liburan’ di aplikasi Finansialku atau dengan menggunakan kalkulator Finansialku.

Kamu tinggal isi kolom yang tersedia sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Setelah semua terisi, klik ‘Hitung’.

 

Nantinya, akan muncul ‘Kesimpulan’ dan penjelasan lengkap apakah kamu bisa melakukan staycation dengan kondisi keuangan dan waktu yang kamu tentukan.

 

Jika perhitungan tersebut menyatakan ‘belum bisa terwujud’, kamu bisa diskusi langsung dengan perencana keuangan Finansialku dengan menekan tombol ‘Konsultasikan’.

 

#2 Menginap di Hotel Berbintang

Biasanya staycation dilakukan dengan menginap di hotel berbintang minimal bintang 4 atau bintang 5.

Dengan cara ini, kamu tetap bisa memanfaatkan liburan sebagai penghilang stres dengan biaya yang lebih murah dibandingkan berlibur ke luar negeri.

[Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional 2022, Tanggal Merah Siap-Siap Liburan]

 

Pilihan hotel biasanya sangat bergantung pada fasilitas dan pelayanan yang mereka tawarkan. Biasanya, hotel yang menyediakan fasilitas lengkap akan menjadi pilihan para pecinta staycation.

Fasilitas yang biasanya diincar adalah:

  • Kolam renang dan pemandangan dari kolam renang
  • Kenyamanan kamar tidur
  • Santapan makanan hotel
  • Lokasi strategis
  • Dan lainnya

 

Untuk mengetahui kiat-kiat memilih hotel supaya liburan kamu maksimal, kamu bisa cek artikel ini Mengenal Konsep Staycation Yang Makin Populer Saat Pandemi.

 

#3 Cara Melakukan Staycation

Meskipun staycation merupakan liburan di dekat rumah, namun agar pengalaman lebih menarik ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Di antaranya, hindari apapun yang terkait pekerjaan, sebaiknya tidak melakukan apapun mengenai pekerjaan, seperti memeriksa email kantor maupun ikut rapat daring.

Jangan lakukan pekerjaan rumah, sebelum masa liburan sebaiknya pekerjaan rumah sudah harus diselesaikan. Meskipun hanya sekadar menginap di hotel, namun harus direncanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. 

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Liburan Ala Traveler, Anti Boncos!]

 

Kamu bisa melakukan riset terkait kota yang kamu tempati lalu carilah apa saja hal menarik yang belum kamu lihat. Kemudian kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Kamu tidak perlu pusing dalam merencanakan perjalanan, pilih saja beberapa tempat lokal yang bagus yang akan kamu tuju.

Untuk melengkapi liburan kamu supaya semakin seru, kamu bisa baca ebook gratis di bawah ini terlebih dahulu. Klik banner-nya dan download sekarang.

Banner Iklan Cara Menikmati Liburan Seru Anti Bokek (Dana Liburan) HP
Banner Iklan Cara Menikmati Liburan Seru Anti Bokek (Dana Liburan) Web

 

 

#4 Berlibur untuk Menghilangkan Stres

Kamu butuh liburan untuk menghilangkan stres dan menyegarkan kembali pikiran setelah penat bekerja serta menumbuhkan semangat baru.

Tetapi jangan memaksakan diri. Sesuaikan liburan dengan kemampuan yang kamu miliki, baik kemampuan fisik dan finansial. 

Video berikut ini bisa kamu ikuti jika kamu ingin berlibur dari hasil investasi. 

 

#5 Keuntungan Staycation

Banyak keuntungan dari adanya kegiatan berlibur, mulai dari sisi ekonomi sampai psikologis. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan jika melakukan staycation.

  • Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan berlibur ke luar negeri.
  • Terhindar dari perjalanan panjang yang melelahkan yang dapat berefek pada stres atau tekanan mental.  
  • Membantu meningkatkan ekonomi pada pariwisata dan para pedagang di sekitar lokasi pariwisata.
  • Mengisi media sosial dengan konten menarik yang saat ini menjadi gaya hidup bagi tiap orang. 

 

Yuk, Agendakan Staycation kamu

Demikianlah konsep staycation yang bisa jadi referensi liburan kamu saat ini. Apakah kamu mempunyai rencana menggunakan metode staycation dalam liburan dekat ini?

Selamat mencoba dan bersenang-senanglah bersama orang-orang tersayang. Jangan lupa mematikan ponsel kerja kamu agar pekerjaan yang kamu tinggalkan tidak mengganggu momen liburanmu.

Satu hal lagi, tetap harus mematuhi protokol kesehatan, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Pastikan kamu dalam kondisi sehat ketika sedang berlibur, ya.

 

Ke manakah kamu berencana liburan berikutnya? Pastikan untuk memilih destinasi terbaik, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Virdita Ratriani. 20 Januari 2022. Apa Itu Staycation? Ini Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan Serta Keuntungannya. lifestyle.kontan.co.id – https://bit.ly/3EwbKSK