Tahukah Anda, apa yang terjadi jika uang ngopi untuk investasi? Seberapa besar hasilnya jika uang ngopi untuk investasi?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ini Akibatnya Jika Uang Ngopi – Ngopi untuk Investasi !

Salah satu gaya hidup masyarakat ibu kota dan kota-kota besar adalah minum kopi. Coba kira-kira berapa sih uang yang Anda keluarkan untuk ngopi? Apakah cukup uang Rp 100.000 untung ngopi sebulan? Tinggalkan jawaban Anda di kolom komentar di bawah ya.

Apa yang Terjadi Jika Uang Ngopi untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Perlu Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan?]

 

Nah sekarang saatnya mengeluarkan kalkulator Anda. Anggap saja sekali ngopi Anda mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000. Kurang lebih Anda tiga kali dalam seminggu ngopi di luar. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk ngopi dalam satu bulan adalah 4 x 3 x 30.000 = 360.000. Nah misal kita pangkas 50% uang ngopi untuk investasi, kira-kira apa akibatnya?

Misal Pak Ronald ingin mengubah uang ngopi untuk investasi reksa dana. Beliau berinvestasi sebesar Rp 180.000 per bulan atau 2.160.000 per tahun. Pak Ronald berinvestasi di reksa dana campuran dengan hasil investasi 10% per tahun. Maka berapa jumlah uang yang dimiliki Pak Ronald setelah 10 tahun? 

Apa yang Terjadi Jika Uang Ngopi untuk Investasi - Simulasi Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga:  Mama Sudah Investasi Autodebet Reksa Dana, Biar Ga Repot]

 

Grafik di atas menunjukkan gambar hasil investasi, dengan asumsi investasi sebesar Rp 180.000 per bulan dengan estimasi hasil investasi 10% per tahun. Pada tahun ke 5, Pak Ronald dapat memiliki keuntungan Rp 15 juta.

 

Iklan Bareksa 2 - 728x250 - Jangan Menunda Investasi Reksadana Online

 

Bagaimana dengan Anda? Kenapa tidak mencoba untuk mengubah uang ngopi untuk investasi? Sayang kan uang segitu cuma untuk ngopi dan ngobrol-ngobrol. Biasanya orang yang sering ngopi adalah orang yang sibuk dengan pekerjaan. Mana ada waktu untuk mikirin datang ke bank, antri beli reksa dana?

 

Investasi Reksa Dana Sudah Menjadi Lebih Mudah

Berita baik untuk Anda yang ingin berinvestasi reksa dana, karena sekarang investasi reksa dana bisa melalui online. Ya betul melalui online, tidak perlu lagi harus ngantri. Semua transaksi dapat dilakukan melalui layar smartphone. Nah jadi kenapa tidak mulai investasi sekarang juga?

 

Berapa budget yang Anda siapkan untuk minum kopi? Kira-kira berapa banyak uang ngopi yang mau diinvestasikan? Kami akan bantu hitung berapa uang yang Anda dapatkan jika Anda ubah uang ngopi untuk investasi.

 

Sumber Gambar

  • Coffee – http://goo.gl/OetwPR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang