Apakah Anda memiliki asuransi kartu kredit? Memang ada ya? Apa gunanya asuransi kartu kredit? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai asuransi kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kartu Kredit

Anda yang memiliki kartu kredit pasti pernah mengalami di telepon dengan penawaran proteksi ini. Di pasaran, namanya terkenal dengan Credit Guard, Credit Shield, Credit Protection dan lain sebagainya.

Apakah Anda perlu membeli asuransi kartu kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa klien, terlihat bahwa beberapa orang sudah memiliki asuransi kartu kredit. Sayangnya mereka belum memiliki asuransi jiwa lainnya ataupun kesehatan. Herannya hampir semua tidak ingat besaran persentase premi yang dibayarkan, apalagi persyaratan ketentuan polis.

Beberapa klien mengatakan bahwa mereka mendapatkan penawaran via telepon dari telemarketer. Prosesnya juga relatif mudah, semudah mengatakan “iya” dan verifikasi data, bulan depan sudah bisa muncul di tagihan kartu kredit.  

Kebanyakan beranggapan, asuransi kartu kredit perlu karena mereka tidak mau membebani keluarga dengan tagihan kartu kredit apabila terjadi resiko pada diri mereka. Hmm.. kemajuan kesadaran yang cukup bagus meski belum tentu semuanya efektif dan benar. Yuk kita bahas ya.

 

Berapa ya besaran preminya?

Biasanya rentang antara 0,5-0,9% dari tagihan per bulan.

Misalnya mari kita ambil rata-rata 0,7%. Tagihan rata-rata per bulan adalah 10 juta rupiah. Berarti premi yang harus dibayarkan adalah 0,7% x Rp 10 juta = Rp 70.000. Ternyata asuransi kartu kredit, preminya cukup terjangkau ya? Harus diingat, semakin besar tagihan berarti semakin besar pula premi yang harus dibayarkan bulan tersebut. 

 

Apakah asuransi kartu kredit ada dasar hukumnya?

Ada dong, kita bisa lihat melalui link dibawah ini Peraturan Menteri Keuangan Nomor 124/PMK.010/2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship Pasal 1 ayat 2:

 

Asuransi Kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit.

 

Utang setelah Seseorang Meninggal

Apabila seseorang yang memiliki utang (debitur) meninggal dunia, menurut hukum waris, ahli warisnya juga harus mewarisi hutang orang tersebut lho! Terutama utang kartu kredit yang bunganya selangit. Jadi hal ini cukup mendukung perlu atau tidaknya punya asuransi kartu kredit,ya.

Apakah Anda perlu membeli asuransi kartu kredit - Credit Guide - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Penting ga ya Asuransi Kartu Kredit?]

 

Kalau aset atau warisan yang ditinggalkan lebih besar sih tidak ada masalah, yang bermasalah dan merepotkan adalah apabila orang tersebut ternyata malah lebih banyak utangnya (meskipun ada cara yang bisa digunakan untuk hal ini yang dapat team Finansialku bahas di artikel yang lain).

Apakah Anda memerlukan asuransi kartu kredit? Jawabannya tergantung pada jumlah utang serta kondisi keuangan Anda. Apabila rata-rata tagihan seseorang tidak terlalu besar, (ratusan ribu sampai beberapa juta rupiah), sudah memiliki asuransi jiwa (dengan nilai pertanggungannya cukup untuk membayar utang) atau memiliki aset liquid atau tabungan yang jauh lebih besar dari nilai utang kartu kredit, sebenarnya tidak perlu asuransi kartu kredit.

Apabila budget beli asuransi terpisah belum ada dan pemakaian kartu kredit tidak rutin, bisa jadi pertimbangan yang baik (hanya sementara loh,ya!).

 

5 Hal penting yang harus diperhatikan adalah: 

  1. Biasanya bagian card center dan collection kartu kredit adalah bagian yang berbeda, jadi proses claim akan tidak semudah meng-iyakan tambahan asuransi kartu kredit melalui telepon. 
  2. Pastikan mengetahui ketentuan polis/pengecualian. Jadi pahami benar polis dan peraturannya.
  3. Apakah rata-rata tagihan untuk premi asuransi kartu kredit ini bisa diganti dengan asuransi jiwa term yang bisa dibeli terpisah dengan premi sebanding/lebih murah juga?
  4. Pelajari teknis cara claim-nya.
  5. Pastikan ada anggota keluarga yang mengetahui bila anda berminat mengambil asuransi kartu kredit ini. Ini perlu supaya keluarga mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi risiko.

 

Apa benar premi asuransi kartu kredit murah? 

Mari kita coba buat perbandingannya dari jumlah premi yang dibayarkan. Amir, berumur 30 tahun, punya rata-rata tagihan kartu kredit untuk kepentingan bisnisnya mencapai 100 juta rupiah perbulannya. Berarti Amir harus membayar premi asuransi kartu kredit Rp 100 juta x 0,7%= Rp 700 ribu. Disini premi yang dibayarkan hangus dan manfaat yang diterima apabila terjadi resiko (uang pertanggungan) hanya Rp 100 juta.

Kami mencoba membandingkan dengan salah satu produk asuransi term murni yang dibayar bulanan, dengan iuran pasti selama periode tertentu (katakanlah 15 tahun) dengan manfaat akhir maturity (akhir pembayaran premi) bulat sebesar yang telah di setor. Tanpa hasil pengembangan investasi, karena bukan unit link.

Uang pertanggungan minimum yang dapat dibeli Rp 100 juta, dengan premi sebesar Rp 200 ribuan. Ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan pengembalian premi yang telah dibayarkan dulu, jika tidak ada klaim. Dalam kasus ini Rp 200 ribu x 15 tahun = Rp 36 juta (tanpa potongan pajak).

 Ternyata ada perbedaan jumlah premi yang dibayarkan Rp 700ribu (asuransi kartu kredit) dan Rp 200 ribu-an (asuransi term life) untuk nilai pertanggungan uang sama.

 Jadi apa keuntungannya asuransi kartu kredit? Berdasarkan perbandingan di atas, ternyata asuransi kartu kredit tidak murah. Asuransi kartu kredit dapat digunakan dalam waktu pendek. Penulis sendiri lebih suka apabila terpisah, karena proses claim jadi lebih mudah dan sudah bisa mengatur berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan. Semoga pembahasan asuransi kartu kredit cukup jelas dan berguna.

 

Jadi apakah Anda memerlukan asuransi kartu kredit?

 

Image Credit:

  • Credit Card – https://goo.gl/Vv5qHB
  • Asuransi Kartu Kredit – http://goo.gl/fW52QH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang