Bagaimana perbandingan biaya hidup di kota Bandung dan di kota Jakarta? Mana yang lebih murah? Finansialku akan membahas mengenai biaya hidup di kota Bandung dan kota Jakarta.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ketika Anda berniat untuk tinggal di sebuah daerah atau kota, maka beragam pertimbangan tentu patut menjadi perhatian Anda sejak awal. Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang akan merantau dan tinggal terpisah dari orangtua (keluarga). Hal seperti ini sangat lazim terjadi, setidaknya setelah Anda dewasa dan melanjutkan pendidikan di luar kota atau bahkan ketika Anda mendapatkan sebuah pekerjaan yang baru di kota yang baru pula.

Apapun alasan kepindahan Anda ke sebuah kota, masalah biaya menjadi sebuah pertimbangan wajib yang harus Anda perhitungkan dengan baik sejak awal. Jangan sampai Anda tinggal di sebuah kota yang tidak Anda kenal, dimana sejumlah biaya hidupnya ternyata berada di luar jangkauan keuangan Anda. Hal ini tentu sangat merepotkan, terutama jika rencana tinggal Anda di kota tersebut telah bersifat tetap.

Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Negara Mana yang Memiliki Biaya Pendidikan Termurah?]

 

Biaya Hidup dan juga Pendapatan Rata-rata

Sebagian besar orang berpendapat bahwa, “Semakin besar sebuah kota, maka akan semakin besar pula biaya hidup di sana.” Hal seperti ini tentu wajib untuk Anda pahami dengan baik, sebelum Anda memutuskan untuk tinggal dan menetap di sebuah kota.

Pada dasarnya, beberapa kota di Indonesia memberikan banyak kemudahan bagi pendatang, dimana jumlah biaya hidup yang dibutuhkan ternyata sangat kecil dan bahkan terjangkau bagi hampir semua kalangan. Sebut saja Yogyakarta dan juga Solo, kedua kota ini tentu menjadi pilihan utama bagi banyak sekali pelajar, sebab biaya hidup di sana memang terbilang murah dan nyaman bagi kantong mahasiswa. Namun hal ini tentu dibarengi dengan sejumlah pendapatan yang terbilang rendah pula, sebab UMR di kedua wilayah tersebut hanya mencapai sekitar Rp1,4 jutaan saja. Artinya, jumlah biaya hidup tentu akan selalu sebanding dengan jumlah pendapatan rata-rata di sebuah kota, sehingga penduduk di sana dapat menyesuaikan penghasilannya dengan jumlah kebutuhannya.

 

Perbandingan Biaya Hidup di Bandung dan Jakarta

Namun jika menilik Bandung dan Jakarta, maka sudah jelas kedua kota ini termasuk ke dalam kota terbesar yang ada di Indonesia. Jadi, wajar saja jika biaya hidup di sana juga terbilang cukup tinggi. Meski keduanya termasuk kota besar, namun bagi Anda yang pernah berkunjung ke Bandung dan Jakarta, maka Anda tentu paham perbedaan keduanya. Bisa dipastikan, ibukota akan mematok sejumlah biaya hidup yang lebih tinggi dari kota Bandung.

5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan]

 

Jakarta adalah kota yang terbesar dan menjadi pusat perekonomian negara Indonesia, jadi sangat wajar jika kota ini memiliki jumlah biaya hidup yang jauh lebih besar dari beberapa kota besar lainnya, bahkan Bandung sekalipun. Hal ini tentu sangat wajar, sebab jumlah pendapatan rata-rata masyarakat di kedua kota ini bahkan sangat berbeda jauh.

Beberapa orang mungkin akan berpendapat bahwa kedua kota ini terbilang hampir memiliki biaya hidup yang sama, sebab Bandung juga memiliki kehidupan yang tak kalah maju dari Jakarta, terutama dari sisi kehidupan anak mudanya. Jika melihat hal tersebut, kedua kota ini bahkan seperti kakak-adik saja. Namun jika Anda tinggal untuk beberapa lama, maka Anda bisa melihat perbedaan biaya hidup yang cukup besar di antara keduanya.

Simak beberapa perbandingan biaya di antara kedua kota tersebut berikut ini:

 

#1 Biaya makan

Untuk tinggal di sebuah kota, biaya makan tentu akan menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda. Dalam hal ini, Bandung masih memiliki besaran biaya makan rata-rata lebih kecil sekitar 30-40% jika dibandingkan dengan Jakarta. Bahkan untuk makanan siap saji dan juga minuman dalam kemasan sekalipun.

Pelajaran Cara Hidup Sederhana dari Warren Buffet - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Cara Hidup Sederhana dari Warren Buffet]

 

#2 Makanan tambahan lainnya

Untuk berbagai makanan tambahan lainnya, seperti: susu, roti dan juga keju, Bandung menawarkan harga yang lebih murah sekitar 10% dari Jakarta. Namun untuk kebutuhan makanan lainnya seperti buah dan sayuran, perbedaan harga ini bahkan mencapai 20-40% (tergantung jenis buah dan sayuran). Sedangkan untuk air minum dalam kemasan, Bandung juga memiliki panawaran yang lebih rendah sekitar 20-40%.

 

#3 Transportasi

Untuk transportasi, Jakarta menawarkan tarif yang lebih murah untuk beberapa armada angkutan umum mereka (busway dan MRT), sehingga biayanya 15% lebih rendah dari kota Bandung. Sedangkan tarif untuk taxi dan juga bensin di kedua kota ini, hanya terdapat perbedaan di bawah 10% saja, sebab tarifnya nyaris sama.

 

#4 Tempat tinggal

Biaya tinggal (sewa apartemen) di Bandung jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, perbedaan ini bahkan mencapai antara 40-50%. Hal yang sama juga terjadi pada harga jual apartemen di kedua kota tersebut, Bandung masih menawarkan harga jual yang lebih murah, yakni sekitar 40% jika dibandingkan dengan Jakarta.

 

#5 Hiburan dan gaya hidup

Bandung yang memiliki sejumlah pusat wisata tentu akan menawarkan sejumlah hiburan yang tidak ada habisnya bagi Anda, ini juga ditunjang dengan sejumlah biaya yang cukup terjangkau. Untuk biaya tiket bioskop, fitness, atau bahkan belanja pakaian, Bandung juga menawarkan harga yang rata-rata 20-30% lebih murah jika dibandingkan Jakarta.

Kenapa Gaji Naik, Kok Tidak Lebih Sejahtera

[Baca Juga: Kenapa Gaji Naik, Tapi Hidup Tidak Lebih Sejahtera?]

 

Biaya dan Penghasilan yang Sebanding

Jika dilihat dari rata-rata kebutuhan pokok untuk tinggal di Bandung dan Jakarta, maka sudah jelas biaya hidup di Bandung lebih murah dari biaya hidup di Jakarta, angkanya bahkan melampaui 10%. Selisih ini cukup tinggi, meski keduanya termasuk kota yang besar. Hal ini tentu sangat masuk akal, mengingat rata-rata pendapatan di Jakarta juga lebih besar hampir 3 kali lipat dari pendapatan rata-rata seorang karyawan yang tinggal di kota Bandung.

 

Berdasarkan pengalaman yang pernah Anda dapatkan, biaya hidup apa yang murah di Bandung dan biaya hidup apa yang murah di Jakarta? Ayo berikan pengalaman Anda kepada pembaca lainnya, melalui kolom yang disediakan di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Numbeo. Cost of Living in Jakarta. https://goo.gl/Ad1dzh
  • Numbeo. Cost of Living in Bandung. https://goo.gl/KtZqTo

 

Sumber Gambar:

  • Gedung Sate – https://goo.gl/UX0HP4
  • Monas – https://goo.gl/jMCMeA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang