Investasi bitcoin mungkin saja terdengar baru dan asing ditelinga Kita. Finansialku akan mengulas mengenai fenomena investasi bitcoin yang sedang tenar di negeri Paman Sam. Topik utamanya adalah apakah bijak jika Kita bergabung dalam investasi bitcoin?

Apakah Bijak Investasi Bitcoin The Silk Road Founder financially linked to Bitcoin Creator Satoshi Nakamoto

 

Apa itu Investasi Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital yang didesain oleh seorang bernama Satoshi Nakamoto. Bitcoin dibuat berdasarkan platform terbuka (open source peer-to-peer electronic money). Bitcoin dikenalkan oleh pengembang bernama pseudonymous. Menurut Wikipedia Bitcoind diresmikan pada 3 Januari 2009, dengan total 21 juta bitcoins.

 

Apakah penggunaan mata uang digital atau bitcoin ini aman? Menurut Wikipedia bitcoin menggunakan suatu pengaman bernama cryptocurrency. Rate atau harga bitcoin sangat dipengaruhi oleh harga penambangan “mining”.

 

Bagaimana cara kerja sebuah bitcoin?

Apakah Bijak Investasi Bitcoin EPSON T13 T22E Series Manual

 

Apakah Manfaat dari Investasi Bitcoin?

Seperti penjelasan sebelumnya Bitcoin adalah mata uang digital, maka fungsi utamanya sebagai alat tukar menukar barang atau jasa online. Beberapa merchant yang menerima pembayaran dengan menggunakan bitcoin adalah:

 Apakah Bijak Investasi Bitcoin - BitCoinShopdotUS

Website ini menjual barang-barang seperti kecantikan, peralatan rumah tangga dan lainnya. Website Bitcoinshop.US adalah website shopping online.

Apakah Bijak Investasi Bitcoin - BitRoad

Website ini adalah online shopping yang menjual barang-barang elektronik.

Apakah Bijak Investasi Bitcoin - NiceNiceApartment

Website ini menawarkan penjualan apartemen di Perancis.

Nah Kita langsung saja lanjut ke bagian terpenting apakah oke jika Kita mencoba investasi Bitcoin.

 

Apakah Bijak Investasi Bitcoin

Selanjutnya adalah apakah bijak kalau Kita berinvestasi di Bitcoin?  Ternyata Bitcoin memiliki pasar tersendiri, berikut ini adalah pergerakan harga Bitcoin dengan US Dollar.

 Apakah Bijak Investasi Bitcoin - bitcoinchart

Apakah Bijak Investasi Bitcoin - Volume Trading

Kira-kira berapa Rupiah sebuah bitcoin? Berdasarkan website coinmill.com didapat harga 1 bitcoin (pada tanggal 6 Desember 2013) adalah Rp 12.244.800. Angka yang cukup fantastis, karena nilai kurang lebih setara dengan emas logam mulia 25 gram.

bitcoin to IDR Apakah Bijak Investasi Bitcoin

logammulia Apakah Bijak Investasi Bitcoin

Bijak atau tidak pada dasarnya bergantung pada kondisi keuangan. Beberapa ahli keuangan salah satunya Prof John Quiggin dari universitas Queensland menyatakan bahwa investasi bitcoin bisa buble, karena bitcoin tidak memiliki nilai intrinsic (nilai asset sebenarnya).

Sebelum melakukan investasi apapun, termasuk investasi bitcoin kenali terlebih dahulua risiko dan keuntungannya. Beberapa risiko investasi bitcoin adalah adanya volatilitas harga, keamanan teknologi informasi dan perhitungan pajak.

 

Kesimpulan

Investasi bitcoin atau investasi apapun memiliki risiko dan imbal hasilnya. Jika Anda mampu memahami penjelasan dari agen penjual sebuah investasi maka Anda boleh mempertimbangkan investasi tersebut. Pertimbangkan artinya pelajari (tingkatkan edukasi) dan pengalaman.

 

 

Kami akan sangat senang jika Anda mau berbagi pengalaman Anda mengenai investasi bitcoin. Semoga Kami semua dapat belajar dari pengalaman Anda. Terima kasih.

 

Artikel-artikel Finansialku terkait dengan investasi:

finansialkuStrategi Investasi Reksadana Dollar Cost AveragingBaca
finansialkuApa itu Aturan 72 dalam Investasi?Baca
finansialku5 Tips Memilih ReksadanaBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuInvestasi Saham OnlineBaca
finansialkuCara Bagi Hasil Bisnis PatunganBaca
finansialku4 Tips Membeli Mobil BekasBaca