Sudahkah melunasi utang Anda? Bagaimana dengan kebutuhan hari raya Anda?

Menjelang hari raya, THR menjadi hal yang paling dinantikan. Besaran dana yang didapatkan akan dialokasikan sesuai kebutuhan Anda, mulai dari kebutuhan hari raya hingga membayar utang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Alokasi Dana THR

Sudah menjadi tradisi umum jika perusahaan akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawannya menjelang hari raya. Besaran THR ini pada umumnya sebesar satu kali gaji untuk karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun atau lebih. Sedangkan, untuk yang bekerja kurang dari satu tahun, besaran THR disesuaikan dengan masa kerja yang sudah dijalankan.

Besaran THR menjadi suntikan dana bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan. Terdapat beberapa hal yang umum dipenuhi dengan menggunakan dana THR, di antaranya:

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

#1 Keperluan Hari Raya

Sesuai dengan namanya, dana THR memang diperuntukkan untuk pemenuhan keperluan hari raya, mulai dari baju lebaran, angpau, sembako, hingga kue khas lebaran.

Keperluan lebaran ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sementara, gaji bulanan biasanya telah dialokasikan untuk kebutuhan rutin dan biaya hidup bulanan. Itulah yang membuat THR digunakan untuk memenuhi keperluan tersebut.

Apakah Bijak Jika THR Digunakan Membayar Utang 2 Finansialku

[Baca Juga: Begini Lho Cara Memaksimalkan Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2018]

 

#2 Dana Mudik Lebaran

Momen pulang kampung untuk kumpul keluarga menjadi tradisi wajib bagi masyarakat Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Inilah yang membuat dana THR sering dialokasikan untuk membeli tiket transportasi untuk dan selama mudik.

 

#3 Berlibur

Tidak semua orang memiliki kampung halaman. Biasanya, mereka memanfaatkan momen libur lebaran ini sebagai waktu berlibur bersama keluarga. Dana THR pun biasanya digunakan untuk kebutuhan liburan ini.

 

#4 Investasi

Selain digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, Anda bisa memanfaatkan dana THR untuk investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti tabungan, deposito, reksa dana, saham, atau investasi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#5 Membayar Utang

Besaran dana THR kadang kala dijadikan sebagai jaminan saat berutang, misalnya perjanjian pelunasan utang setelah THR cair. Padahal, dana THR memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

Jika Anda menjadikan dana tersebut sebagai jaminan, maka hal ini akan menyulitkan Anda karena banyaknya keperluan hari raya yang perlu dipenuhi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Bijak Jika Dana THR Digunakan untuk Membayar Utang?

Pelunasan utang tentu akan membuat Anda merasa tenang, walaupun dengan dana THR yang baru didapatkan.

Sebenarnya sah saja apabila dana tersebut digunakan untuk melunasi utang yang ada, karena kepemilikan dan hak penggunaan sudah menjadi milik Anda. Akan tetapi, jangan sampai hal tersebut malah mengganggu alokasi dana Anda yang lainnya, khususnya untuk biaya keperluan hari raya.

8-Poin-yang-Wajib-Kamu-Ketahui-Sebelum-Menerima-THR-1-Finansialku

[Baca Juga: 8 Poin yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menerima THR!]

 

Tips Menggunakan THR Untuk Membayar Utang

Jika Anda berencana menggunakan dana THR untuk membayar utang, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar dana THR tetap aman, yaitu:

 

 

#1 Tidak Lebih dari 30 Persen

Jangan lupa bahwa menjelang dan selama hari raya Anda memiliki banyak kebutuhan. Karena itu, jika Anda terpaksa harus membayar utang dengan menggunakan dana THR, pastikan Anda tidak menggunakan lebih dari 30 persennya. Dengan cara ini, Anda tidak perlu kebingungan dan kembali berutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan hari raya.

 

#2 Ambil dari Alokasi Dana Liburan

Biasanya, hampir 50 persen dana THR dialokasikan untuk liburan. Sedangkan 50 persen lainnya dialokasikan untuk kebutuhan wajib, seperti THR untuk pembantu atau supir, transportasi, dan angpau untuk anggota keluarga lain. Kebutuhan wajib ini akan sulit untuk Anda ubah, sehingga disarankan bagi Anda untuk mengambil alokasi pembayaran utang dengan mengurangi pos liburan yang lebih fleksibel.

 

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Hitung Risiko

Selain untuk pemenuhan keperluan hari raya, dana THR juga seringkali digunakan untuk investasi. Bahkan ada pula yang menggunakannya untuk membayar utang seperti kartu kredit, cicilan rumah, atau cicilan mobil. Anda bisa mengurangi beban utang dan bunga di masa depan sehingga selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk menambah investasi.

 

Risiko Lain yang Harus Dipertimbangkan

Sebelum melunasi utang Anda, ada baiknya jika menghitung terlebih dahulu risiko lain yang mungkin terjadi. Salah satunya dengan membandingkan antara biaya utang yang harus Anda bayar dengan perkiraan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi. Beberapa ketetapan pertimbangan tersebut di antaranya:

 

  • Keuntungan > Utang

Jika perkiraan keuntungan dari investasi lebih tinggi dari biaya utang, maka sebaiknya Anda mendahulukan investasi. Artinya, akan lebih bijak jika Anda mengalokasikan sebagian dana THR untuk melakukan investasi.

 

  • Keuntungan < Utang

Jika perkiraan keuntungan dari investasi lebih rendah dari biaya utang, maka bayar utang Anda terlebih dahulu. Dengan begitu, beban utang akan berkurang dan di tahun selanjutnya Anda bisa melakukan alokasi ulang dana THR dengan memperbanyak investasi.

 

  • Keuntungan = Utang

Jika perkiraan keuntungan dari investasi ternyata sama besarnya dengan biaya utang, maka Anda perlu mengutamakan pembayaran utang sebagai pilihan yang rasional.

Selain itu, terdapat hal lain yang masih berkaitan, seperti:

  • Ada atau tidak biaya tambahan yang dikenakan jika Anda membayar lunas tagihan sebelum waktu pelunasan utang, dan
  • Beban utang mana yang paling tinggi dan paling mungkin untuk Anda lunasi.

 

 

Pertimbangan Dana THR Harus Dilakukan Sebaik Mungkin

Utang merupakan hal yang seharusnya dihindari. Langkah awal yang harus dilakukan untuk menghindarinya ialah dengan alokasi dana sebaik mungkin.

Dana THR yang didapatkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, bahkan berinvestasi untuk masa depan. Namun, jika Anda sudah memiliki utang, segeralah untuk melunasi utang tersebut agar penggunaan dana THR tidak mengganggu alokasi dana yang lainnya.

 

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan ketika merasa bingung akan pelunasan utang menggunakan dana THR.

Jika Anda memiliki tips lain, silakan bagikan tips Anda melalui kolom komentar serta bagikan artikel ini kepada teman dan lainnya agar dapat menginspirasi mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Ariyani Na. 30 Juni 2015. Digunakan Untuk Apa Uang THR Anda? Kompasiana.com – https://goo.gl/hMWn6Y
  • Faras Farich. 8 Juni 2017. THR Untuk Investasi atau Bayar Utang? Catatankeluargamuda.com – https://goo.gl/1JreAo
  • Dewi Rachmat Kusuma. 8 Juli 2015. Bolehkah Uang THR Dipakai Buat Bayar Utang? Detikfinancehttps://goo.gl/2dczY4

 

Sumber Gambar:

  • THR untuk Utang- https://goo.gl/Yf3sp3
  • THR untuk Utang 2 – https://goo.gl/dSxkzN

 

Summary
Apakah Bijak Jika THR Digunakan Membayar Utang?
Article Name
Apakah Bijak Jika THR Digunakan Membayar Utang?
Description
Sudahkah melunasi utang Anda? Bagaimana dengan kebutuhan hari raya Anda? Menjelang hari raya, THR menjadi hal yang paling dinantikan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo