Apakah financial technology dapat membantu masyarakat Indonesia? Finansialku.com ingin membahas lebih detil mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh fintech untuk Anda, masyarakat Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Manfaatkan Financial Technology untuk Masa Depan Keuangan yang Lebih Baik

Beberapa tahun belakangan ini di Indonesia sedang booming dengan industri tech start up (perusahaan baru di bidang teknologi), khususnya di bidang teknologi keuangan (financial technology). Mulai dari perusahaan pembayaran digital, perbandingan produk-produk keuangan, perusahaan pemberi pinjaman, perusahaan untuk investasi dan juga perencanaan keuangan (money management). Jika Anda mau tahu lebih banyak mengenai industri fintech di Indonesia, silakan cek daftarnya di sini.

ini-negara-yang-akan-menjadi-markas-fintech-asia-1-finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Financial Technology – Fintech di Indonesia?]

 

Apa sajakah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan perusahaan financial technology di Indonesia?

  1. Mempermudah bayar belanja, bayar tagihan dan bayar apapun dengan menggunakan layanan fintech di industri pembayaran.
  2. Jika Anda ingin meminjam uang, untuk kebutuhan “kepepet”, pinjaman untuk bisnis Anda dapat mengajukan pinjaman di P2P Lending. Memang bunga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan bunga bank. Keuntungannya persyaratan peminjaman yang tidak terlalu ribet seperti bank. Beberapa perusahaan P2P lending menerima jaminan (kolateral) sebuah tagihan.
  3. Anda juga dapat membandingkan produk-produk kartu kredit, KTA, Kredit mobil, kredit sepeda motor tanpa harus datang satu-persatu bank. Anda cukup buka website financial aggregator. Di dalam website tersebut ada perbandingan dan penjelasan produk-produk keuangan.
  4. Membandingkan produk asuransi juga lagi bukan masalah besar, dengan bantuan website financial aggregator atau insurtech. Kita sebagai nasabah sudah dapat membeli asuransi melalui online.
  5. Berinvestasi juga bukanlah hal yang mahal dan sulit, karena sekarang ada beberapa perusahaan financial technology yang berfokus pada investasi, seperti reksa dana Bareksa.  Iklan Bareksa 1 - 728x250 - Cara Investasi Reksadana Online
  6. Tentu saja financial technology di bidang investasi harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk reksa dana, maka perusahaan financial technology harus mengantongi izin APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana).
  7. Selain itu ada juga industri atau tech start up yang menjual produk emas, bitcoin dan lain sebagainya.

 

Masyarakat Mendapat Disodori Banyak Produk Keuangan, Sebaiknya Mulai Darimana?

Seperti halnya industri keuangan tradisional yang menawarkan banyak produk. Sebaiknya konsumen atau masyarakat mulai darimana?

Finansialku.com menyarankan mulailah dengan mengenali kebutuhan keuangan Anda. Produk keuangan yang satu mungkin cocok untuk teman Anda, tetapi belum tentu cocok untuk Anda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Finansialku.com sebagai salah satu perusahaan financial technology di Indonesia, menekankan pada:

  1. Peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai keuangan. Ketahui apa yang Anda butuhkan sebagai konsumen. Jika Anda tidak tahu apa yang dibutuhkan, maka Anda bisa jadi salah memilih jawabannya. Finansialku.com menyediakan banyak sekali informasi dan tips keuangan untuk Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, karyawan, pekerja professional, entrepreneur, freelance dan mahasiswa untuk mulai mengatur keuangan dengan lebih baik.
  2. Finansialku.com juga dijalankan oleh orang-orang yang berprofesi sebagai independent financial planner yang bersertifikat CFP – Certified Financial Planner. Saran dan tulisan kami disesuaikan dengan informasi yang benar dan berimbang. Anda sebagai masyarakat tidak hanya disodori informasi yang sifatnya hanya iklan atau menjual produk.
  3. Anda juga dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang lebih mudah. Silakan coba Aplikasi Finansialku Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pertama Ketahui Kebutuhan Anda, Kedua Cari Solusi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda.

Sebelum memilih produk keuangan atau solusi keuangan, pertama-tama ketahui kebutuhan Anda. Jika Anda salah menentukan kebutuhan atau Anda belum tahu apa yang dibutuhkan, maka bisa jadi Anda membeli layanan yang kurang tepat. Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, baru cari solusinya.

 

Jangan lupa share informasi ini kepada kakak adik dan pasangan Anda, agar mereka juga lebih tahu lagi mengenai industri financial technology.

 

Apakah Anda pernah menggunakan solusi yang ditawarkan oleh perusahaan financial technology? Menurut Anda, apakah solusi tersebut memberikan kemudahan atau keuntungan untuk Anda? Silahkan share jawaban Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang