Ga mau repot memilih produk keuangan, cek website financial aggregator? Salah satu permasalahan kita sebagai nasabah produk-produk perbankan adalah repot harus ke bank, memilih dan membandingkan kartu kredit, KTA, KPR, tabungan dan deposito. Sekarang sudah ada solusinya yaitu website financial aggregator.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa yang Dimaksud dengan Website Financial Aggregator? Dan Apa Manfaatnya untuk Saya?

Rino adalah seorang karyawan kantoran di Jakarta. Hari-harinya padat sekali dengan meeting, ketemu klien, presentasi ide dan lain sebagainya. Suatu ketika Rino ingin sekali mengajukan KTA (kredit tanpa agunan) untuk keperluan memperbaiki rumah. Rino ingin sekali membandingkan produk KTA yang ditawarkan beberapa bank di Indonesia. Karena keterbatasan waktu yang dimiliki, tentu Rino hanya bisa pasrah datang ke satu bank, yaitu bank tempat Rino menabung. Padahal ada penawaran KTA dari bank lain, yang bunganya lebih bersahabat.

Tentunya Anda setuju kan, bunga kredit yang tinggi dapat merusak kondisi keuangan. Oleh sebab itu Rino, Anda dan kita semua perlu membandingkan produk keuangan sebelum membelinya (atau mengajukan aplikasinya).

5 Seni Memulai Bisnis Menurut Guy Kawasaki - Get Doing - Finansialku

[Baca Juga : Awas, 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang dapat Merusak Keuangan]

 

Apakah Anda pernah memiliki masalah seperti Rino, yang tidak ada waktu untuk membandingkan produk-produk keuangan, seperti Kartu Kredit, KPR, KTA dan lain sebagainya? Sekarang ini, di era digital sudah ada perusahaan teknologi keuangan (financial technology) yang memberikan solusi perbandingan produk-produk keuangan. Perusahaan tersebut dinamakan website comparison atau financial aggregator site.

 

Apakah Perlu Membandingkan Produk-Produk Keuangan?

Jawabannya sangat perlu, karena sebagai nasabah kita perlu selektif dalam memilih produk keuangan. Sama-sama produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) ada yang menawarkan bunga (interest) 8% an per tahun, ada juga yang menawarkan bunga mencapai 36% per tahun. Coba kita lakukan pengujian perhitungan bunga dengan website pembanding.

 

Melanjutkan contoh Pak Roni, ingin mengajukan KTA sebesar Rp 20.000.000 untuk renovasi rumah.

para-karyawan-website-financial-aggregator-bantu-anda-membandingkan-produk-keuangan-2-finansialku

sumber gambar : DuitPintar.com

 

Dengan menggunakan fitur perbandingan seperti di atas, Pak Roni dapat membandingkan :

  1. Bunga tahunan masing-masing bank.
  2. Cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan.
  3. Jumlah total yang harus dibayarkan (total pokok dan bunga).
  4. Lama proses pengajuan
  5. Jumlah gaji minimum
  6. Biaya administrasi dan percepatan pelunasan
  7. Denda keterlambatan dan provisi
  8. Cakupan daerah / kota
  9. Dan informasi lainnya

 

Pada dasarnya membandingkan produk keuangan, sama saat Anda membeli produk-produk elektronik, fashion dan lain sebagainya. Dengan melakukan perbandingan sebelum membeli, tentu Anda akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan manfaat yang lebih banyak.

Apakah Sebaiknya Diambil, Jika Bank Menawarkan Top Up KTA - Finansialku

[Baca Juga : Apakah Sebaiknya Diambil, Jika Bank Menawarkan Top Up KTA?]

 

Berita baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perbandingan produk-produk keuangan tersebut. Website financial aggregator akan menghasilkan pemasukan dari marketing fee yang dibayarkan oleh bank atau lembaga keuangan. 

 

6 Website Financial Aggregator di Indonesia, yang Perlu Kamu Coba Kunjungi Jika Ingin Membandingkan Produk

Finansialku.com telah mendata 6 website financial aggregator yang dapat membantu Anda. Yuk kita bahas satu per satu (diurutkan berdasarkan abjad).

 

#1 AturDuit.Com

Aturduit.com adalah website dan portal perbandingan finansial yang dikelola oleh PT Atur Duit Indonesia. Website ini membandingkan produk-produk kartu kredit, kta (kredit tanpa aguna), kredit multi guna (kredit dengan agunan), kredit kepemilikan rumah (kpr), kredit kendaraan, simpanan deposito dan asuransi (kendaraan).

para-karyawan-website-financial-aggregator-atur-duit-finansialku

Sumber : www.AturDuit.com

 

Website aturduit.com ini memiliki banyak jenis produk, mulai dari produk simpanan deposito, asuransi hingga berbagai jenis kredit. Sayangnya masing-masing produk belum tertalu lengkap.

 

#2 CekAja.com

CekAja.com adalah portal layanan informasi dan perbandingan yang netral dan terpercaya untuk membantu masyarakat Indonesia membuat keputusan finansial yang cerdas. CekAja.com dikelola oleh PT Puncak Finansial Utama. Website CekAja.com merupakan salah satu pionir industry website financial aggregator di Indonesia. Berikut ini salah satu tampilan perbandingan produk di CekAja.com

para-karyawan-website-financial-aggregator-cekaja-finansialku

Sumber : www.CekAja.com

 

Cekaja.com menawarkan banyak produk keuangan, seperti : kartu kredit, KTA (kredit tanpa agunan), KPR (kredit pemilikan rumah), kredit kendaraan, kredit dengan agunan, asuransi, investasi dan solusi untuk UKM (pinjaman UKM, asuransi UKM dan asuransi mikro).

 

#3 Cermati.com

Website Financial Aggregator selanjutnya adalah Cermati.com. Website ini fokus membandingkan produk simpanan dan deposito (konvensional dan syariah), dan pinjaman. Website Cermati.com dikelola oleh PT. Dwi Cermat Indonesia. Produk pinjaman yang ditawarkan juga termasuk komplit, seperti : kredit tanpa agunan, kredit multiguna, kredit mobil baru, kredit mobil bekas, kredit motor dan kredit pemilikan rumah (KPR).

para-karyawan-website-financial-aggregator-cermati-finansialku

 Sumber : www.Cermati.com

 

#4 DuitPintar.com

DuitPintar.com, adalah website financial aggregator yang menawarkan pinjaman, kartu kredit, asuransi dan tabungan. Website DuitPintar.com dikelola oleh PT. Loangarage Indonesia.

para-karyawan-website-financial-aggregator-duitpintar-finansialku

Sumber : www.DuitPintar.com

 

Anda dapat membandingkan produk-produk dengan lebih detil. Salah satu contohnya adalah perbandingan produk kartu kredit. Anda dapat memilih berdasarkan gaji atau manfaat kartu kredit.

 

#5 HaloMoney.co.id

Halomoney.co.id adalah website financial aggregator yang dikelola oleh PT. Moneyguru Indonesia. Website ini dimiliki oleh Compare Asia, yang memiliki cabang di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Taiwan dan Hongkong. HaloMoney.co.id fokus pada pinjaman KTA dan kartu kredit. Berikut ini tampilan website dari HaloMoney.co.id

para-karyawan-website-financial-aggregator-hallomoney-finansialku

Sumber : HaloMoney.co.id

 

#6 SikatAbis.com

Website SikatAbis.com adalah website financial aggregator yang fokus pada produk kartu kredit dan KPR. Website ini dikelola oleh PT Sikatabis Media. Di website SikatAbis.com ini juga melayani KPR konvensional, KPR Syariah dan KPR take over. Berikut ini tampilan website SikatAbis.com

para-karyawan-website-financial-aggregator-sikatabis-finansialku

Sumber : SikatAbis.com

 

Jadi Konsumen yang Cermat, Pandai dan Bukan Pelit

Membandingkan produk keuangan bukan berarti Anda menjadi orang yang pelit. Dengan membandingkan produk keuangan, kita menjadi lebih cermat dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kita. 

Apa Itu Industri Financial Technology atau Fintech Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga :  Apa Itu Industri Financial Technology (FinTech Indonesia)]

 

Setelah Anda memilih produk yang tepat, Anda akan diminta mengisi data-data pribadi. Kemudian tim operasional dari perusahaan website financial aggregator akan melakukan follow up untuk proses pengajuan kredit.

 

Apakah Anda pernah mencoba menggunakan website financial aggregator sebelumnya? Silakan share dan berikan komentar pengalaman Anda menggunakan website financial aggregator. Terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • People Finding Things – https://goo.gl/Jk3KPi

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang