facebook_pixel

Apakah Sebaiknya Diambil, Jika Bank Menawarkan Top Up KTA?

Apakah Anda pernah galau karena bank menawarkan top up KTA? Berikut ini pertimbangan-pertimbangan sebelum Anda memutuskan ambil atau tinggalkan tawaran top up KTA dari bank.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar

 

Apakah Sebaiknya Diambil, Jika Bank Menawarkan Top Up KTA?

Jika Anda pernah mengambil kredit tanpa agunan (KTA), mungkin saja Anda pernah ditelepon bank dan menawarkan top up KTA. Disatu sisi kita sudah mau bebas dari utang, eh tiba-tiba ada telemarketer bank menawarkan top up KTA. Lebih susah lagi, jika angka yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Apakah Sebaiknya Diambil, Jika Bank Menawarkan Top Up KTA - Finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara Menghitung Cicilan KTA?]

 

Ceritanya mau segera bebas utang, mau meningkatkan kekayaan (net worth) eh malah sekarang malah nambah jadi utang. Teman-teman yang belum pernah mengajukan KTA, mungkin agak asing dengan istilah Top Up KTA.

 

KamusTop Up KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah fasilitas penambahan utang atau kredit kepada nasabah KTA.

 

Tidak semua nasabah bisa mendapatkan fasilitas top up KTA. Hanya nasabah-nasabah yang sudah terbukti lancar pembayarannya selama beberapa periode (biasanya 6 bulan atau setengah masa pelunasan), tidak pernah nunggak, tepat waktu pembayarannya (alias kolektibilitas lancar).

Sebelum Anda menyesal mengambil keputusan ambil atau tinggalkan tawawaran top up KTA, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini:

 

#1 Apa Tujuan Top Up KTA?

Sebelum Anda memutuskan ambil atau tinggalkan, sebaiknya Anda pastikan tujuan untuk top up KTA. Kalau Anda top up investasi tentu tidak masalah, tetapi kalau top up utang, nah ini menjadi masalah besar. Terlebih yang Anda top up adalah jenis utang konsumtif.

Apakah Rugi, Sudah Bayar Asuransi Jiwa Tetapi Tidak Segera Meninggal - Finansialku

[Baca Juga: Beneran ni, Mau Pakai KTA untuk Modal Usaha?]

 

Biasanya telemarketer memiliki jurus-jurus handal yaitu penawaran terbatas hanya melalui telepon, keputusan harus hari ini juga dan lain sebagianya. Jika Anda tidak yakin dengan tujuan atau masih ragu, sebaiknya jangan ambil tawaran tersebut. Jika Anda mengambil top up KTA tanpa tujuan yang jelas, itu artinya Anda sudah melakukan keputusan finansial yang tidak bijaksana.

 

#2 Pertimbangkan Periode Tambahan

Top Up KTA artinya Anda akan menambah utang dan menambah periode pelunasan. Misal yang awalnya kurang enam bulan lagi lunas, kemudian ditambah utang yang baru. Ini artinya Anda akan menjalani rutinitas yang sama, menggunakan gaji untuk bayar cicilan. Jika Anda sudah jenuh dengan gaji yang numpang lewat saja, sudah ingin memiliki tabungan dan investasi untuk jangka panjang maka sebaiknya jangan ambil penawaran top up KTA.

Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Yuk Segera Keluar dari Jebakan Rat Race]

 

Anda perlu lebih baik dalam mengelola dan merencanakan keuangan agar Anda bisa segera keluar dari jebakan utang dan Rat Race. Kelola keuangan Anda lebih baik dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Kapan Bisa Sejahtera? Kapan Bisa Mencapai Tujuan Keuangan?

Dalam perencanaan keuangan, kami tidak mengharamkan yang namanya utang (debt). Meskipun ada beberapa ahli di Amerika yang berteriak keras agar masyarakat menjauhi utang. Kami melihat utang seperti pisau yang tajam. Utang bisa dapat menghancurkan keuangan Anda atau utang dapat membuat Anda menjadi semakin kaya.

Anda perlu membedakan jenis utang yang produktif dan utang konsumtif. Banyak orang kaya di dunia yang menjadi semakin kaya karena mereka menggunakan utang produktif. Tidak sedikit juga orang-orang yang menjadi miskin dan bangkrut karena tenggelam dalam utang konsumtif.

Infografis 4 Batasi Utang Konsumtif dan Optimalkan Utang Produktif - Finansialku

[Lihat Infografis: Batasi Utang Konsumtif dan Optimalkan Utang Produktif]

 

Jika Anda sudah terlanjur punya beberapa utang, Anda dapat menggunakan flowchart berikut ini untuk membantu Anda menyelesaikan utang-utang tersebut.

Cara Melunasi Hutang, Kredit dan Cicilan [Flowchart] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Panduan untuk Melunasi Utang. Cicilan dan Tagihan]

 

Buatlah Keputusan Finansial yang Bijak

Jadi, jika bank menawarkan top up KTA Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan ambil atau tidak. Jangan gegabah dengan utang, karena KTA pada dasarnya termasuk dalam utang konsumtif. Seseorang tidak akan bisa menjadi sejahtera dan bebas keuangan (financial freedom) jika masih memiliki banyak utang konsumtif.

Kami di Finansialku sering kali menangani klien yang datang dalam kondisi minus. Artinya mereka datang dalam kondisi utang, bahkan ada juga keluarga-keluarga yang tenggelam dalam utang. Secara keuangan mereka bisa dikategorikan bangkrut, karena seluruh aset yang dimiliki jika dijual sudah tidak menutup utang.

Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan Jika Masih Ada Utang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan jika Masih Banyak Utang?]

 

Biasanya kami membantu klien yang dalam kondisi minus dengan mulai menata utangnya kembali, setidaknya dari minus menjadi posisi nol. Baru melangkah untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan lainnya. Jika saat ini Anda tidak dalam kondisi minus, sebaiknya pertahankan posisi tersebut.

 

Referensi artikel:

  • Adi Rijek. 1 September 2016. Apa yang Harus Dilakukan Jika Bank Menawarkan Top Up KTA? Duitpintar.com – http://goo.gl/zZQ9XE

Sumber gambar:

  • People Worried – http://goo.gl/Sth3JE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang
By | 2016-11-01T10:08:03+00:00 September 3rd, 2016|Categories: Kredit Tanpa Agunan, Utang|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment