Tabungan pendidikan anak apakah bisa membantu biaya pendidikan yang semakin meningkat setiap tahunnya? Banyak orangtua mencari cara untuk menyiapkan dana pendidikan bagi sang buah hati. Mayoritas orangtua memilih tabungan pendidikan sebagai jalan keluar untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya. Tapi apakah itu merupakan solusi untuk membiayai pendidikan anak?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tabungan Pendidikan Anak Apakah Solusi?

Tabungan pendidikan anak adalah salah satu jenis tabungan berjangka yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank. Dalam tabungan, Anda menabung secara rutin dengan mengharapkan hasil yang akan cair pada waktu tertentu, yang umumnya disesuaikan dengan kebutuhan biaya pendidikan dan waktu pada saat sang anak masuk sekolah nanti.

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak - Finansialku 01

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya?]

 

Jika dibandingkan dengan suku bunga deposito, bunganya masih cukup bersaing. Namun, fleksibilitas untuk bisa ditarik dan persyaratan jumlah minimum investasi yang tidak setinggi deposito, membuat tabungan pendidikan menjadi menarik. Anda sudah dapat memulai tabungan pendidikan anak dengan simpanan rutin sebesar Rp100 ribu sebulan. Beberapa tabungan sudah menyediakan fasilitas proteksi untuk anak, yaitu asuransi, yang akan meneruskan pembayaran simpanan setiap bulannya apabila yang menyetor tabungan tersebut meninggal dunia.

Perlu dicatat bahwa tabungan pendidikan anak biasanya mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap bank. Ada yang menamakannya tabungan berjangka, tabungan rencana, tabungan investasi dan lain-lain. Anda tidak perlu bingung karena esensi dari produk ini sama saja, yaitu tabungan untuk mempersiapkan sekolah anak-anak nantinya. Jangan terpaku oleh namanya, tetapi lihat karakteristiknya.

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Apakah Tabungan Pendidikan Anak Solusi untuk Biaya Pendidikan Anak?

Apa yang menjadi fokus orangtua ketika mereka ditawarkan tabungan pendidikan anak? Jawabannya tentu saja bunga atau tingkat pengembalian hasilnya yang lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Tetapi ternyata tingkat pengembalian hasil dari tabungan pendidikan anak tersebut masih belum dapat secara maksimal membiayai pendidikan anak. Mengapa demikian?

Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual]

 

Ada 2 alasan mengapa tabungan pendidikan anak belum dapat secara maksimal untuk membiayai pendidikan anak, antara lain:

  1. Bunga yang ditawarkan oleh tabungan pendidikan anak berkisar antara 4% – 6% setiap tahunnya. Memang bunga ini lebih tinggi daripada bunga rekening tabungan biasa. Tetapi ternyata bunga ini sangat tipis bedanya jika dibandingkan dengan inflasi tahunan yang terjadi di negara kita. Inflasi tahunan negara kita beberapa tahun terakhir berkisar antara 3% – 7% setiap tahunnya. Untuk mengalahkan kenaikan harga secara umum saja, keuntungan dari tabungan pendidikan anak hanya sekitar 0,5% – 1% diatas inflasi, jika inflasinya di angka 5%.
  2. Kita tahu bahwa kenaikan biaya pendidikan di Indonesia bahkan berada di atas angka kenaikan rata-rata barang pada umumnya. Artinya, inflasi biaya pendidikan di Indonesia berada di atas inflasi barang pada umumnya. Dapat dipastikan bahwa bunga atau tingkat pengembalian hasil yang ditawarkan oleh tabungan pendidikan ada di bawah dari kenaikan biaya sekolah setiap tahunnya.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Kenaikan biaya sekolah menurut beberapa perencana keuangan independen adalah:

  • Prita Ghozie dalam bukunya, mengutip survei Zap Finance, menyebutkan kenaikan biaya pendidikan TK – SD adalah 15 – 20% per tahun.
  • Riset QM Finansial, lembaga perencana keuangan milik Ligwina Hananto, menyebut kenaikan biaya pendidikan sekitar 15% per tahun.

 

Dari sini, kita dapat melihat bahwa bunga tabungan pendidikan yang berkisar antara 4% – 6%  jika dibandingkan naiknya biaya sekolah yang 15% – 20% setahun, tidak dapat mengejar kenaikan biaya sekolah tersebut.

Tetapi pada kenyataannya, tabungan pendidikan anak memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya tetap menjadi pilihan terbaik di mata sebagian besar orangtua. Ada sejumlah alasan yang mendasarinya, diantaranya:

  1. Membuka tabungan, prosesnya sangat sederhana. Tinggal datang ke bank, semuanya akan langsung dilayani. Setoran dapat dilakukan dengan fasilitas auto-debit secara rutin setiap bulan dan tidak perlu harus datang ke kantor cabang lagi. Cukup dengan menyediakan dananya di tabungan, kemudian setiap bulan bank otomatis akan memotong tabungan tersebut dan menyetorkannya ke rekening pendidikan.

Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Belum lagi, beberapa bank menawarkan tabungan pendidikan dengan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan untuk pendidikan anak. Ketika pemegang tabungan meninggal dunia, asuransi jiwa akan menyediakan uang pertanggungan, sehingga setoran tabungan masih bisa dilanjutkan. Perlindungan ini membuat produk tabungan pendidikan ini menarik bagi banyak orang. Bahkan ada bank tertentu yang memberikan fasilitas premi gratis untuk asuransi jiwa ini. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk mendapatkan perlindungan.

 

  1. Tabungan ini menawarkan ketenangan karena risikonya boleh dikatakan sangat kecil. Tabungan masuk dalam kategori simpanan yang dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), artinya simpanan Anda lebih aman daripada investasi lainnya. Karena begitu pentingnya uang sekolah anak, banyak orangtua justru tidak berani mengambil risiko. Itulah kenapa, meskipun bunganya tidak efektif mengalahkan inflasi, tabungan pendidikan tetap saja jadi pilihan.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-2-finansialku

[Baca Juga: Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, untuk Biaya Pendidikan Anak?]

 

Tabungan Pendidikan Anak Dapat Menjadi Salah Satu Alternatif

Oleh karena itu, tabungan pendidikan dapat menjadi salah satu alternatif untuk biaya pendidikan anak tetapi bukanlah yang terbaik karena hasil atau tingkat pengembalian bunganya masih dibawah inflasi. Dan bukan berarti kita tidak boleh menabung di tabungan pendidikan anak, tabungan pendidikan anak masih jauh lebih baik daripada jika Anda hanya menabung di rekening atau bahkan tidak menabung sama sekali. Tabungan pendidikan anak memiliki kelebihannya sendiri. Jika tujuannya lebih kepada ketenangan hati, tidak was-was, dan yang penting bisa menabung secara rutin, pilihan tabungan pendidikan anak adalah yang terbaik. Tidak ada yang paling tahu soal kebutuhan Anda selain Anda sendiri. Jadi kembali lagi, pilihan ada di tangan Anda sendiri untuk menentukan apakah tabungan pendidikan yang terbaik untuk Anda atau bukan.

 

Bagikan pengalaman dan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin 30 Desember 2013. Mengapa Tabungan Pendidikan Anak Bukan Pilihan Terbaik? Duwitmu.com – https://goo.gl/jza8ph
  • Admin. 9 Oktober 2014. Fakta: Tabungan Pendidikan Bukan Solusi Biayai Pendidikan Anak. Aturduit.com – https://goo.gl/hAF3Z3

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan anak – https://goo.gl/GpaGi7
  • Anak – https://goo.gl/THtVVD

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana