Sedang mencari aplikasi edit video? Berikut ini daftar aplikasi edit video yang gampang digunakan sehingga cocok untuk pemula, baik untuk PC maupun untuk Android.

Simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Aplikasi Edit Video untuk Android

Terdapat banyak aplikasi edit yang bisa digunakan pada smartphone Android dan cara menggunakannya juga cenderung lebih mudah jika dibanding dengan aplikasi edit video pada PC.

Berikut ini beberapa aplikasi edit video Android yang direkomendasikan untuk kamu gunakan.

 

#1 KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi edit video yang banyak digunakan oleh pengguna Android, sebab memiliki banyak fitur-fitur yang menarik.

Salah satu dari fitur tersebut ialah chroma key yang bisa digunakan untuk mengedit video green screen dan biasanya banyak digunakan untuk membuat video gaming.

KineMaster juga bisa digunakan secara gratis, meskipun untuk beberapa fitur premium pengguna perlu membayar.

Untuk layanan gratis, watermark tidak dapat dihilangkan, tetapi apabila kamu menggunakan layanan premium maka kamu bisa menghilangkannya.

Aplikasi edit video dari KineMaster Corporation ini memiliki ukuran 74MB dan untuk menggunakannya kamu setidaknya menggunakan Android versi 4.1.

 

#2 Filmora Go

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Filmora yang sudah sering digunakan pada PC. Nah… sekarang Wondershare juga mengembangkan aplikasi edit  untuk Android yang dinamai Filmora Go.

Filmora Go ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit video dalam berbagai aspect video, serta bisa diandalkan untuk beberapa perintah dasar seperti me-render dan memotong.

Daftar Aplikasi Edit Video yang Cocok Untuk Pemula 01

[Baca Juga: Gak Repot, Ini Daftar Aplikasi Konversi Mata Uang yang Bisa Anda Instal!]

 

Filmora Go juga memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya sebesar 35MB.

Terdapat juga beberapa fitur menarik yang bisa digunakan secara gratis, seperti menamahkan musik, transisi serta fitur slow-motion. Namun untuk menikmati semua fitur keren yang ada pada Filmora Go, kamu perlu membeli layanan premium alias berbayar.

 

#3 Adobe Premiere Clip

Aplikasi selanjutnya datang dari developer ternama yakni Adobe, yang menghadirkan aplikasi versi mobile dengan fitur yang mirip seperti pada PC atau laptop.

Aplikasi ini memiliki ukuran 59MB dan dapat digunakan pada Android versi 4.4 keatas.

Dengan menggunakan aplikasi edit ini, kamu sudah bisa melakukan editing dasar seperti transisi, mengatur pencahayaan serta memberi efek slow motion.

Aplikasi ini juga dapat dapat disinkronkan dengan aplikasi Adobe Premiere Pro.

 

Aplikasi Edit Video untuk PC/Laptop

Selain aplikasi edit video untuk Android, berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan pada PC ataupun laptop.

 

#1 Corel Video Studio X7

Corel Video Studio X7 merupakan aplikasi edit yang dikembangkan oleh perusahaan Corel, dengan kapasitas yang cukup ringan namun dengan fitur yang tidak kalah keren dengan aplikasi lainnya.

Hal ini yang menjadikan Corel Video Studio X7 menjadi aplikasi edi video yang cocok buat pemula.

Daftar Aplikasi Edit Video yang Cocok Untuk Pemula 03

[Baca Juga: 4 Aplikasi Meeting Gratis Biar Bisa #ProduktifDiRumah]

 

Untuk menggunakan aplikasi ini, setidaknya perangkat yang kamu gunakan memenuhi standar spesifikasi yang ditentukan, yaitu processor setidaknya Inte Core Duo 1.83GHz atau ADM Dual Core 2.0GHz.

RAM dari perangkat tersebut juga setidaknya 2GB dan penyimpanan 3GB.

 

#2 Sony Vegas Pro

Lagi-lagi aplikasi ini dari developer ternama, yaitu Sony Vegas Pro yang tentunya dikembangkan oleh Sony.

Hal yang spesial dari aplikasi ini ialah tampilannya serta fitur-fitur yang sekelas dengan aplikasi edit video profesional.

Namun meski demikian, Sony Vegas Pro menawarkan kemudahan dalam pengoperasian, sehingga akan sangat memudahkan bagi yang masih pemula dalam hal mengedit video.

Daftar Aplikasi Edit Video yang Cocok Untuk Pemula 04

[Baca Juga: Selain Canva, Ini Aplikasi Pembuat CV Anti-Ribet Buat Kamu!]

 

Tetapi tidak hanya untuk pemula, aplikasi ini lebih tepatnya bisa digunakan untuk semua kalangan, termasuk yang profesional.

Untuk menggunakan aplikasi edit video ini, PC atau laptop yang kamu gunakan setidaknya memakai OS Windows 7, dengan processeor @2.5GHz quad-core processor. Kapasitas dari aplikasi ini ialah sebesar 1.5GB.

 

#3 AVS Video Editor

Aplikasi edit video untuk PC dan laptop yang satu ini bisa kamu unduh secara gratis lho… tentu saja fitur-fitur yang ada didalamnya juga cukup lengkap meskipun tidak berbayar.

Hal yang membuatnya cocok untuk pemula ialah tampilannya yang lebih mudah dimengerti sehingga akan memudahkan proses editing video.

Aplikasi dengan ukuran file yang kecil ini juga menggunakan teknologi yang dikenal sebagai video cache, yang membuat proses penyuntingan video yang fullHD bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Tetapi untuk yang sudah profesional, aplikasi ini sepertinya tidak direkomendasikan.

Untuk kamu yang masih pemula, kamu akan lebih nyaman saat mengedit video sebab aplikasi ini menyediakan opsi timeline.

Lebih kerennya lagi, aplikasi  ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis PC dengan spesifikasi rendah.

 

Buat Videomu Menjadi Lebih Menarik

Aplikasi-aplikasi diatas dapat kamu gunakan untuk membuat videomu menjadi lebih menarik.

Nah… kalau menurut kamu, aplikasi edit video apalagi yang cocok digunakan oleh pemula? Tinggalkan tanggapanmu dalam kolom komentar.

Yuk baca artikel teknologi lainnya melalui aplikasi Finansialku yang bisa di-download di Google Play dan App Store.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Daniel Cahyadi. 26 Juli 2019. 20 AplikasiEdit Video Terbaik di 2020 untuk PC Windows & HP Android. Jalantikus.com – https://bit.ly/3aV7mxQ
  • Arif Gunawan. 31 Desember 2019. 7 AplikasiEdit Video Terbaik untuk Android di 2019. Idntimes.com – https://bit.ly/2Qbuik6

 

Sumber Gambar:

  • Video 01 – https://bit.ly/2vOHdll
  • Video 02 – https://bit.ly/2xmc09q
  • Video 03 – https://bit.ly/2UA7njV
  • Video 04 – https://bit.ly/33OGehE