Aplikasi pendeteksi gempa ini dapat menjadi langkah antisipasi Anda dan keluarga, apakah Anda sudah memilikinya dalam genggaman Anda?

Bencana memang kehendak Tuhan. Tetapi sebagai langkah antisipasi, mendeteksi harus dilakukan. Kali ini Finansialku akan membahas aplikasi pendeteksi gempa untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terbaik 2020

Indonesia adalah negara kemaritiman yang dilewati oleh dua lempeng dunia. Sehingga negara kita sangat rawan akan bencana alam. Dimulai dari gunung meletus, gempa bumi, dan juga tsunami.

Sudah banyak sekali korban yang berjatuhan akibat bencana-bencana yang mematikan ini.

Dan salah satu penyebab utamanya adalah, pengetahuan masyarakat Indonesia akan mitigasi yang masih minim.

Tidak hanya itu, potensi bencana tersebut tidak terdeteksi dengan maksimal. Sehingga langkah antisipasi pun urung dilakukan. Akibatnya korban yang berjatuhan hampir tak terhitung jumlahnya.

Aplikasi Pendeteksi 2

[Baca Juga: 3+ Aplikasi Download Youtube Untuk Android Secara Gratis!!]

 

Kini semakin berkembangnya teknologi, membuat langkah mitigasi bencana pun semakin berkembang. Salah satu implemetasinya adalah adanya aplikasi pada smartphone. Aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan oleh siapapun pada digenggamnya.

Sehingga langkah antispatif dan mitigasi bencana dapat dilakukan secara komprehensif dan menyentuh semua lapisan masyarakat Indonesia.

Nah kali ini Finansialku akan membahas kepada Anda aplikasi tersebut.

 

#1 MAGMA Indonesia

Pertama adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh developer PNS dari Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementrian ESDM yang bernama MAGMA Indonesia.

Ada beberapa Informasi yang disajikan dalam aplikasi ini dimulai dari aktivitas gunung berapi, informasi dan tanggapan gempa bumi serta tsunami, dan masih banyak lagi. MAGMA Indonesia pun telah mendapatkan dua penghargaan antara lain;

  • Kementrian ESDM innovation Award #1 Best Application (2016)
  • Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (2017)

 

#2 WRS BMKG

Kedua adalah aplikasi yang dikembangkan oleh BMKG, yakni WRS BMKG. Selaku pihak yang paling krusial peranannya dalam mendeteksi bencana alam. Lembaga ini juga ikut meluncurkan aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan yakni 30 kejadian terakhir tsunami dan gempa bumi, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, dan banyak lagi.

Aplikasi Pendeteksi 3

[Baca Juga: Cara Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik]

 

#3 MyShake

Aplikasi ketiga yakni MyShake. Aplikasi ini digadang-gadang sebagai yang pertama dalam memberikan peringatan dini adanya gempa dan tsunami diseluruh negara bagian.

Cara kerja aplikasi ini adalah, dengan mengumpulkan seluruh data seismograf dari sensor yang terdapat di smartphone Anda.

Data tersebut akan dihimpun dalam suatu sistem yang nantinya bisa dijadikan sebagai peringatan dini apabila gempa terjadi. Aplikas MyShake dikembangkan oleh developer UC Berkeley Seismological Laboratory.

 

#4 Volcanoes & Earthquakes

Aplikasi selanjutnya adalah Volcanoes & Earthquakes, sebuah aplikasi yang dapat menampilkan informasi gempa bumi terkini yang terjadi diseluruh dunia.

Tidak hanya gempa bumi, aplikasi ini juga dapat menyajikan informasi lain seperti gunung Merapi yang sedang erupsi.

Aplikasi yang dikembangkan oleh VolcanoDiscovery ini bisa dikatakan cukup akurat karena dapat menghimpun informasi gempa berdasarkan data dari badan geologi setiap negara.

 

#5 Info Gempa Indonesia

Kelima adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer RedcirccleApps yakni Info Gempa Indonesia. Aplikasi ini sangat bisa diandalkan mengingat mereka menghimpun data yang bersumber dari BMKG.

Ada beberapa fitur yang dapat Anda maksimalkan antara lain, fitur seperti daftar 30 kejadian terakhir tsunami dan gempa bumi, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, dan banyak lagi.

 

#6 Earthquakes

Aplikasi keenam yakni Earthquakes, yang dikembangkan oleh developer Topstcn.com. Aplikasi ini memiliki 22 sumber data gempa dari beberapa negara diseluruh dunia.

Namun cukup disayangkan karena Earthquakes hanya mendeteksi gempa, tidak dilengkapi dengan fitur pendeteksi tsunami.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

#7 Earthquake Alert

Aplikasi yang ketujuh adalah Earthquake Alert. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Josh Clem ini sangatlah direkomendasikan untuk dimiliki. Karena review yang cukup positif dari para pengguna dan jutaan download melalui Google PlayStore.

Selain dapat menyajikan informasi gempa bumi yang lengkap dari seluruh dunia, Aplikasi Earthquake Alert juga memiliki beberapa fitur menarik yang bisa digunakan.

Salah satunya adalah fitur Tab News. Anda bisa membaca berita terkini mengenai gempa yang terjadi di berbagai lokasi.

 

#8 Pelacak Gempa Bumi

Aplikasi yang kedelapan adalah Pelacak Gempa Bumi. Aplikasi yang dikembangkan Trinitytech.com.tr ini memiliki satu kelebihan yakni memberitahukan pengguna saat gempa sedang terjadi.  

Disisi lain sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Pelacak Gempa Bumi juga dapat memberikan informasi lengkap dan komprehensif mengenai informasi gempa bumi diseluruh dunia.

Ada beberapa fitur yang tersemat dalam aplikasi ini antara lain, fitur filter berdasarkan jarak maupun ukuran gempa, dan fitur dark mode.

 

#9 inaRISK Personal

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga tak ketinggalan dalam menciptakan aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami. Aplikasi tersebut bernama inaRISK Personal.

Aplikasi ini juga menyajikan berbagai fitur yang sangat komplit. Selain informasi gempa dan tsunami Anda dapat mengakses informasi mengenai tanah longsor, banjir, hingga letusan gunung berapi.

 

#10 EQ Info

Yang terakhir EQ Info yang dikembangkan oleh developer gempa GmbH. Aplikasi ini mampu menyajikan informasi gempa bumi dari seluruh dunia.

Selain itu terdapat fitur yang dapat memfilter informasi berdasarkan wilayah, besarnya magnitudo, hingga agensi. Selain itu EQ Info menyediakan fasilitas feedback dari Anda selaku pengguna berupa mengirimkan laporan “Apakah Anda merasakannya” langsung dari smartphone.


 

Download Aplikasinya Sebagai Antisipasi

Kemunculan beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan diatas haruslah diapresiasi. Mengingat hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk melakukan antisipasi dan juga mitigasi bencana.

Langkah pencegahan bencana alam semakin mudah dan efektif dengan menggunakan aplikasi tersebut. Download melalui smartphone, maka Anda sudah melakukan satu langkah antisipasi yang penting untuk keselamatan Anda juga orang-orang di sekitar Anda.

Upaya antisipasi keadaan bencana alam sangat penting dengan aplikasi yang sudah diurai di atas. Tetapi Anda juga harus tahu antisipasi untuk bencana finansial tidak kalah penting. Memang ada aplikasinya?

Tentu saja ada, yakni aplikasi Finansialku. Download aplikasinya melalui PlayStore maupun AppStore, maka Anda sudah melakukan tindakan nyata untuk menyelamatkan diri dari bencana finansial.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Nah itulah beberapa aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami terbaik 2020 yang kami rekomendasikan. Aplikasi mana yang akan menjadi pilihan Anda? Kami undang Anda untuk menuliskan aplikasi pilihan Anda pada kolom komentar.

Satu lagi Jangan lupa share artikel ini demi keselamatan kita bersama. Tetap waspada dan terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Daniel Cahyadi. 18 Januari 2020. 10 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terakurat 2020, Tetap Waspada!. Jalantikus.com – https://tinyurl.com/wqo63lu

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi Pendeteksi Gempa – http://bit.ly/3a83ysA
  • Aplikasi Pendeteksi Gempa – http://bit.ly/2T1Hn1o
  • Aplikasi Pendeteksi Gempa – http://bit.ly/32qGmmK
  • Aplikasi Pendeteksi Gempa – http://bit.ly/3968ONa