Yuk, simak cara memiliki aplikasi kasir terbaik berikut ini. Dijamin, aplikasi kasir bisa membuat praktis transaksi bisnis Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Aplikasi Kasir?

Aplikasi kasir merupakan program kasir yang berbasis cloud untuk membantu proses transaksi penjualan bisnis Anda. Kehadiran aplikasi kasir tentunya menggantikan posisi mesin kasir konvensional.

Fungsi utama dari aplikasi kasir dapat membantu proses pembayaran menjadi terintegrasi. Artinya, Anda dapat mengawasi transaksi penjualan tanpa harus berada di belakang mesin kasir. Canggih, bukan?

 

Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Tertarik untuk menggunakan aplikasi kasir? Untuk membantu Anda, ketahui dulu cara memilih aplikasi kasir berikut ini.

 

#1 Ketahui Dulu Apa yang Jadi Kebutuhan Anda

Aplikasi kasir memiliki beberapa fitur. Beda aplikasi, beda juga fitur-fiturnya. Jadi, sebelum memilih aplikasi kasir terbaik untuk bisnis, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Cara Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik 01

[Baca Juga: Cash Flow Trap: 5 Cara Mengelola Gaji Bulanan untuk Milenial]

 

Buatlah daftar berisi hal apa saja yang Anda harapkan dari aplikasi tersebut. Tujuannya supaya Anda tidak bingung dengan promosi-promosi aplikasi kasir terbaik di luar sana.

Dalam menyusun daftar tersebut, sebaiknya diurutkan berdasarkan prioritas. Anda harus memilih aplikasi yang memiliki kriteria wajib tersebut.

 

#2 Memiliki Fitur-fitur Penting untuk Bisnis

Ada banyak sekali aplikasi kasir yang menawarkan berbagai fitur. Namun, jangan sembarang pilih. Ada beberapa fitur wajib yang harus Anda pertimbangkan betul-betul. Salah satunya adalah fitur pencatatan yang baik.

Pencatatan ini harus bisa men-track transaksi masuk, transaksi keluar, stok barang, hingga rekap data penjualan.

 

#3 Pilih Aplikasi yang Terhubung ke Cloud

Teknologi cloud memungkinkan aplikasi kasir Anda untuk mengunggah data transaksi ke server tersendiri. Ini artinya, Anda dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun. Jadi, Anda bisa memantau bisnis Anda kapanpun Anda mau.

 

#4 Pilih yang Paling Mudah untuk Digunakan (User Friendly)

Pilihlah aplikasi kasir yang mudah digunakan. Anda dapat menggunakan semua fiturnya tanpa ribet. Aplikasi itu pun harus cukup cepat dalam merespon perintah dari Anda.

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah layanan dukungan aplikasi tersebut responsif dan bisa membantu Anda ketika terjadi masalah atau tidak.

Ditambah lagi, aplikasi kasir harus mendukung pengguna lebih dari satu. Pasalnya, siapa tahu di masa depan nanti usaha Anda bisa memiliki lebih dari satu outlet saja.

 

#5 Memiliki Fitur Keamanan Terbaik

Ketika Anda memakai aplikasi kasir, tentunya Anda memasukkan data-data yang hanya perusahaan saja yang tahu. Ini tidak bisa diakses oleh semua orang.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih aplikasi kasir yang bisa memberikan jaminan keamanan data. Jangan sampai data perusahaan dan data pelanggan bocor ke pihak yang tak bertanggung jawab.

 

#6 Semakin Mendekatkan Diri ke Pelanggan

Dengan menggunakan aplikasi, Anda bisa melihat data pembeli, seberapa sering ia berbelanja di tempat Anda, dan produk apa saja yang sering ia beli. Data-data ini bisa Anda gunakan untuk membuat promo yang lebih personalized.

 

#7 Reputasi yang Sudah Dimiliki

Langkah selanjutnya, Anda harus memperhatikan bagaimana reputasi dari masing-masing aplikasi. Anda dapat melihat testimoni dari para pengguna aplikasi tersebut, juga rating yang diberikan. Biasanya hal tersebut tidak pernah bohong.

Cara Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik 02

[Baca Juga: Canggih!! Inilah Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik]

 

Reputasi aplikasi tersebut dapat menjadi acuan Anda dalam memilih aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

 

#8 Harga Sesuai Budget

Pastikan harga dari aplikasi tersebut cocok dengan budget Anda.

Banyak orang yang bilang bahwa harga menentukan kualitas. Jika harganya murah, layanan dan fiturnya kurang. Jika mahal, semuanya juara.

Cara Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik 03

[Baca Juga: Anggaran Bisnis Punya, Anggaran Keuangan Pribadi Punya Gak?]

 

Jangan dulu terjebak dengan anggapan ini. Anda perlu kembali lagi ke daftar kebutuhan Anda. Pilihlah mana yang lebih banyak memenuhi kebutuhan usaha Anda.

 

Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis Anda

Teknologi semakin canggih. Anda pun harus mengikuti zaman. Jangan sampai seperti perusahaan Nokia yang tidak bisa mengikuti permintaan dan perkembangan zaman sehingga akhirnya harus gulung tikar. Anda tidak mau hal yang sama terjadi juga pada usaha Anda, kan?

Banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir. Dengan menggunakan aplikasi kasir ini, usaha Anda bisa lebih terarah dan responsif.

Oya, Anda juga bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu.

Aplikasi Finansialku bisa kamu download melaluiĀ  Google Play Store dan App Store, selamat mencoba.

 

Selamat memilih aplikasi kasir terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda! Jangan sampai salah pilih, ya.

Akan lebih baik kalau Anda dapat share artikel ini. Siapa tahu ada rekan atau keluarga Anda yang sedang merintis usaha dan membutuhkan informasi ini.

 

Sumber Referensi:

  • Jordhi Farhansyah. 4 Oktober 2019. Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/2OsSuxK

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi Kasir 01 – https://bit.ly/3bd9UYY
  • Aplikasi Kasir 02 – https://bit.ly/39a5d0i
  • Aplikasi Kasir 03 – https://bit.ly/3be6Cor
  • Aplikasi Kasir 04 – https://bit.ly/2Hd8lwv