Kamu punya bisnis yang anggarannya gak membaik? Coba cek anggaran keuangan pribadi kamu, udah baik belum? Atau bahkan gak ada?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memiliki Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri menjadi cita-cita dari kebanyakan orang, terlebih lagi oleh generasi-generasi milenial. Semakin banyaknya start up yang bermunculan memicu generasi ini untuk memiliki bisnis sendiri.

Saat memiliki bisnis sendiri, tentu kita melakukan segala sesuatunya sendirian, mulai dari menyusun strategi bisnis, keuangan bahkan sampai membersihkan kantor pun ditangani oleh diri sendiri.

Maklum, namanya juga masih memulai bisnis, masih harus menghemat sana-sini supaya bisnis tetap berjalan. Berjalannya waktu, bisnis kamu pun pasti akan semakin maju, saat itu terjadi, tugas kamu sudah tidak lagi sebanyak dulu.

Karena kamu adalah pemilik usaha, kamu pasti ingin mengelola keuanganmu sendiri, agar lebih mudah dalam pengaturan usaha kamu.

Oleh karena itu, kamu akan belajar bagaimana caranya mengelola keuangan bisnismu.

Meskipun tidak memiliki background keuangan, kamu akan mencari tahu bagaimana caranya dari berbagai sumber, seperti e-book Finansialku yang bisa diunduh secara gratis satu ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Ketika kamu mulai mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan yang baik untuk bisnis, kamu pun mulai membenahi keuangan bisnis kamu. Tetapi seiring berjalannya waktu, keuangan bisnis kamu bisa saja tidak membaik.

Banyak pebisnis di luar sana yang heran, meskipun mereka sudah mengikuti berbagai training keuangan, tetap saja keuangan bisnis mereka belum membaik. Ternyata, ada suatu hal yang terlewati oleh para pebisnis tersebut yaitu anggaran keuangan pribadi yang belum baik.

Karena merasa keuangan pribadi tidak akan mempengaruhi keuangan bisnis, maka banyak pebisnis yang melewatkan perbaikan anggaran keuangan pribadi mereka.

 

Apa yang Harus Saya Lakukan Pertama Kali?

Ketika tahu bahwa kamu harus mulai memperbaiki anggaran keuangan pribadi kamu, kemudian pertanyaan “Langkah apa yang harus saya lakukan pertama kali?” akan muncul di pikiran kamu.

Sama halnya dengan keuangan bisnis, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah membuat anggaran keuangan personal kamu sendiri. Perlu kamu ketahui, untuk membuat anggaran keuangan ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Maka pilihlah waktu dimana kamu merasa santai, supaya kamu bisa membuatnya semaksimal mungkin, sehingga perencanaan keuangan personal kamu pun tentu lebih baik.

 

Tips Membuat Anggaran Untuk Kamu

Bagaimana caranya untuk membuat anggaran keuangan kamu? Caranya cukup mudah, kamu bisa menggunakan buku, laptop atau bahkan menggunakan smartphone kamu, dengan menggunakan cara ini.

Untuk mengikuti tips ini, kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Finansialku. Kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store atau klik banner di bawah ini.

 

Tips #1 Mulai Urutkan Kebutuhan Kamu

Langkah awal dalam membuat anggaran keuangan adalah mulai dari kebutuhan kamu. Apa saja kebutuhan utama kamu, apa saja tagihan-tagihan kamu?

Untuk membantu, saya biasanya membagi pengeluaran menjadi dua. Ada pengeluaran yang produktif, yaitu pengeluaran yang saya keluarkan hari ini tapi saya mendapat manfaatnya di kemudian hari.

Kalau kamu menggunakan aplikasi Finansialku, akan sangat mudah untuk membagi pengeluaran kamu. Kamu tinggal ke menu anggaran, dan nanti kamu akan menemukan tampilan anggaran seperti ini.

Menu Anggaran di Aplikasi Finansialku

Menu Anggaran di Aplikasi Finansialku

 

Jadi, pengeluaran produktif adalah pengeluaran yang ada di urutan atas. Pengeluaran produktif terdiri dari: Pajak (kita tidak bisa menghindari Pajak), sedekah dan donasi, tabungan dan investasi, premi asuransi, cicilan dan utang.

Saat kamu membuat anggaran, ada baiknya kamu menganggarkan pengeluaran produktif terlebih dahulu. Jika memang sebaiknya dipisah langsung dari gaji kamu, maka pisahkanlah.

Quiz 4 Jenis Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana 03 Atur Keuangan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Resolusi Keuangan Menambah Penghasilan? Gini Caranya!]

 

Ada baiknya, kamu menyelesaikan pengeluaran produktif kamu terlebih dahulu, sebelum pengeluaran yang lainnya. Jadi, dalam kasus ini, tidak ada salahnya kamu memiliki beberapa rekening asalkan ada tujuan dan kamu tahu fungsinya.

Untuk mengeditnya, kamu tinggal klik tanda pena di kiri atas, lalu tinggal kamu ganti sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Tips #2 Pengeluaran Konsumtif

Setelah kamu SELALU mendahulukan kewajiban atau pengeluaran produktif kamu, selanjutnya kamu ke pengeluaran konsumtif. Pengeluaran ini adalah pengeluaran yang kamu konsumsi sehari-hari.

Dalam gambar sebelumnya, daftar pengeluaran selain pengeluaran produktif pada poin sebelumnya adalah pengeluaran konsumtif.

Pengeluaran konsumtif bisa merupakan; pengeluaran untuk anak (bisa jajan, Biaya Pendidikan, Biaya les), belanja bulanan rumah tangga, utilitas (tagihan listrik, air, internet, TV kabel dan telepon).

Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan pengeluaran lainnya yang sering kamu keluarkan. Tips dari saya adalah tuliskan pengeluaran sejelas mungkin.

Jika kamu yang hobi ngopi, maka buatlah anggaran ngopi bulanan. Buat kamu yang memiliki hobi olahraga (lari, dance, bersepeda, dll), tulislah anggaran hobi kamu mau berapa per bulannya.

Buat para cewek atau wanita, jangan lupa ya bikin anggaran skincare dan make up, soalnya lumayan loh anggaran ini. Intinya, kamu jangan lupa untuk membuat anggaran selengkapnya,sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

 

Tips #3 Anggaran adalah Pedoman

Anggaran keuangan ini merupakan pedoman kamu dalam mengeluarkan uang per bulannya. Jadi, kamu jangan lupa untuk selalu cek anggaran keuangan kamu untuk setiap pengeluaran yang kamu keluarkan.

Jangan sampai anggaran ini hanyalah anggaran yang tidak ada manfaatnya.

Malah anggaran ini adalah baby steps for you to learn about financial planning. Jadi, jangan lupa untuk selalu stick to your budgeting ya.

Kamu bisa mengetahui pattern kamu dalam sebulan, jadi challenge yourself! Buatlah anggaran keuangan dalam sebulan, dan lihat bagaimana anggaran akan mengubah kebiasaan kamu dalam menghabiskan uang kamu per bulannya!

 

Tips #4 Eits, Masih Ada Pe-er Lanjutan

Akan lebih mantap lagi kalau kamu membuat catatan keuangan harian juga. Ya, ini pe-er tambahan kamu ya. Selain kamu membuat anggaran keuangan bulanan, kamu juga harus membuat catatan keuangan harian.

Catatan keuangan harian ini berapa saja uang yang masuk atau keluar baik dari dompet atau rekening kamu. Pastikan kamu selalu mencatatnya. Anggaran keuangan bulanan dan catatan keuangan harian ini adalah duet yang sempurna.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan Anak, Wujudkan Cita-cita Mereka]

 

Karena, akan memudahkan kamu untuk mengetahui pos mana saja yang sering bikin kamu boncooooooossssss, selain itu juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk anggaran keuangan bulan berikutnya.

Kamu bisa mencatat keuangan harian kamu dari aplikasi Finansialku. Jangan khawatir, kami akan membantu kamu untuk lebih hemat, ketika pengeluaran harian kamu sudah melebihi anggaran bulanan kamu, akan kami ingatkan.

Jadi, tunggu apalagi, masih ingin menunda untuk memperbaiki keuangan kamu? Yuk download dulu aplikasi Finansialku di google play store atau kamu juga bisa klik banner di bawah ini.

 

Jadi, Mau Kapan Kamu Memperbaiki Keuangan Kamu ?

Jadi, mau sampai kapan kamu menunda untuk membuat anggaran keuangan kamu nih? Dengan segala macam kemudahan teknologi, kamu bisa membuatnya hanya dengan bermodalkan smartphone kamu.

Jika kamu ingin dibantu lebih lengkap mengenai perencanaan keuangan, kamu bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20an di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Kalau kamu bingung mengenai keuangan kamu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Anggaran Pribadi – http://bit.ly/2O89SaL