Sudah memiliki resolusi keuangan 2020? Apakah menambah penghasilan adalah salah satu resolusi keuangan kamu di tahun 2020 ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Resolusi Keuangan 2020

Dalam menghadapi tahun baru, kerap sekali kita ditanya orang “Resolusi kamu apa?”. Sering kali saat ditanya pertanyaan tersebut, kita pun bingung bagaimana cara menjawabnya.

Pada kenyataannya, banyak sekali resolusi-resolusi keuangan yang hanya menjadi wacana. Ingin rasanya memiliki resolusi yang bisa menjadi kenyataan bukan hanya wacana belaka.

Jadi, tahun 2020 ini apakah kamu sudah siap untuk mewujudkan semua resolusi kamu?

Punya Resolusi Keuangan Menambah Penghasilan_ Gini Caranya! 02

[Baca Juga: 7 Tips Menikah Supaya Pernikahanmu Jauh Dari Utang]

 

Ayo kita mulai menuliskan apa saja resolusi tahun 2020 kamu yang ingin dicapai.

Ada baiknya juga kamu mulai menuliskan rencana bagaimana kamu akan mewujudkannya, karena banyak orang yang memiliki resolusi tapi tidak ada rencananya sama sekali.

Misalnya, resolusi kamu adalah pergi berlibur, maka kamu tuliskan berapa budget untuk liburan kamu lalu bagaimana kamu akan menganggarkan budget tersebut; apakah dengan menabung atau berinvestasi untuk mewujudkannya.

Dalam perencanaan keuangan, kamu bisa loh mulai membuat resolusi 2020 sebagai tujuan keuangan kamu.

Jadi, sampai sini, apakah kamu sudah mulai memiliki resolusi keuangan tahun 2020 ini? kalau belum, tujuan keuangan berikut ini bisa jadi salah satu resolusi 2020 kamu.

  1. Memenuhi Dana Darurat
  2. Melunasi semua utang yang dimiliki
  3. Stop penggunaan kartu kredit jika tidak sesuai dengan anggaran
  4. Liburan di akhir tahun atau liburan setahun sekali
  5. Membeli kendaraan atau rumah baru
  6. Menambah sumber penghasilan yang baru

 

Dari keenam tujuan keuangan tersebut, adakah salah satu resolusi 2020 kamu? Kalau ada, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya.

Buat kamu yang resolusi tahun 2020 menambah penghasilan, kamu harus tahu caranya dengan membaca artikel ini.

 

Tips Menambah Penghasilan Ala Perencana Keuangan

Jika menambah penghasilan adalah resolusi keuangan 2020 kamu, maka kamu harus tahu bagaimana caranya menambah penghasilan, selain dari penghasilan pekerjaan utama kamu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menambah penghasilan ala perencana keuangan.

 

Tips #1 Turn Your Hobby Into Money

Pada era digital ini, banyak pekerjaan yang mungkin tidak kita pikirkan bisa menjadi pekerjaan yang bisa menghasilkan uang.

Apalagi sekarang banyak sekali orang yang memanfaatkan hobinya untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Jika kamu memiliki hobi fotografi, kamu bisa menjadi fotografer saat weekend. Karena sekarang banyak online shop yang membutuhkan jasa fotografer untuk foto produknya.

Bahkan, kamu juga bisa bekerja sebagai fotografer untuk acara pernikahan atau menawarkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen liburan orang lain.

Banyak contoh untuk menambah penghasilan selain dari pendapatan utama. Kalau kamu memanfaatkan kemajuan teknologi dan kamu punya hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis lepas di beberapa website.

Mengatur Penghasilan Harian Tidak Tetap 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan Anak, Wujudkan Cita-cita Mereka]

 

Untuk kamu yang aktif di sosial media, kamu bisa menggunakan sosial media untuk menambah penghasilan.

Misalnya, kamu membangun sosial media hingga menarik dan mengundang perusahaan untuk memberikan endorsement ke kamu.

Jadi, menambah penghasilan ini bisa berasal dari hobi yang kamu ubah menjadi uang tambahan. Tapi jangan lupa, menambah penghasilan bisa berarti kamu menambah jam kerja kamu.

 

Tips #2 Tambah Sumber Pendapatan

Kalau kamu tidak punya waktu lebih  namun tetap ingin penghasilan tambahan, kamu bisa menambah sumber pendapatan lainnya. Bagaimana caranya?

Dalam perencanaan keuangan, sumber pendapatan ini dibagi menjadi tiga.

  • Sumber pendapatan pertama merupakan pendapatan aktif, dimana kamu menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan perasaan untuk ditukarkan dengan uang atau biasa kita sebut dengan gaji bulanan.
  • Sumber pendapatan kedua adalah pendapatan investasi, pendapatan ini kamu mendapatkan uang dari investasi yang kamu lakukan, seperti investasi deposito, reksa dana, saham, obligasi dan investasi paper asset
  • Sumber pendapatan ketiga adalah pendapatan pasif, pendapatan ini kamu dapatkan dari aset yang kamu miliki dan bisa mendapatkan uang, kamu tidak perlu menukarkan perasaan, pikiran, tenaga dan waktu untuk kamu tukarkan dengan uang.

 

Jadi, kalau selama ini kamu masih mengandalkan dari pendapatan aktif, maka sudah saatnya kamu mengandalkan dari sumber pendapatan lainnya. Terutama jika kamu tidak bisa menambah jam kerja.

Paling simpel, kamu bisa menambahkan sumber pendapatan dari investasi. Kamu bisa mulai berinvestasi di beberapa instrumen investasi yang ada di Indonesia.

Nah, sebelum berinvestasi, ada baiknya kamu mulai belajar mengenai investasi. Tapi jangan khawatir, di zaman sekarang ini banyak sekali portal untuk belajar tentang investasi.

Kamu bisa belajar investasi melalui Instagram, youtube atau pun dari podcast yang bisa menambah wawasan untuk kamu. Kamu pun bisa belajar berinvestasi melalui e-book di bawah ini.

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Investasi Reksa Dana Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Investasi Emas Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Investasi Saham Sekarang

 

Tips #3 Upgrade Ilmu

Menyambut 2020, kamu bisa meng-upgrade ilmu yang belum kamu miliki atau kamu ingin menambahkan ilmu tersebut, mengingat teknologi yang semakin maju dan menunjang kamu untuk menambah penghasilan.

Dengan kamu meng-upgrade ilmu kamu akan memiliki nilai yang lebih. Ini bisa jadi modal untuk membuka bisnis baru atau naik jabatan di kantor. Jadi, kamu bisa mendapatkan tambahan juga dari pendapatan aktif kamu.

Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending 02 - Finansialku

[Baca Juga: Resolusi 2020: Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatur Uang?]

 

Kamu juga bisa menyiasati dengan menambahkan pendapatan investasi kamu seiring dengan bertambahnya pendapatanmu.

Jangan lupa untuk selalu membuat anggaran keuangan bulanan supaya kamu tahu akan digunakan untuk apa saja uang yang kamu miliki selama sebulan.

 

Sudah Saatnya, Resolusi Kamu Menjadi Kenyataan

Mari kita sambut 2020 dengan resolusi yang bukan hanya sekedar rencana. Sudah saatnya kamu mulai merencanakan semua resolusi 2020 kamu, supaya tahun ini bisa menjadi tahunnya kamu.

Jika kamu masih ada pertanyaan mengenai resolusi 2020 kamu, maka kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Jika kamu membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk bertanya pada ahlinya. Mau tahu informasi lebih lagi mengenai cara menambah penghasilan, kamu bisa tonton video Finansialku berikut ini.

Jangan lupa subscribe channel youtube Finansialku untuk informasi menarik lainnya.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara menambah penghasilan kamu di tahun 2020.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara menambah penghasilan kamu di tahun 2020. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Menambah penghasilan 01 – http://bit.ly/2uzoRDP
  • Menambah penghasilan 02 – http://bit.ly/2uGZ2C0