Yuk merencanakan dana pendidikan anak sejak dini agar cita-cita mereka dapat terwujud di masa depan nanti.

Ketahui cara merencanakan dana pendidikan anak melalui artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memiliki Anak

Memiliki anak merupakan impian setiap pasangan yang sudah menikah. Kehadiran anak akan menambah kehangatan dalam keluarga dengan tingkah laku yang menggemaskan maupun pertumbuhan mereka.

Tetapi, di balik kebahagiaan tersebut, orang tua sering ditakutkan oleh hal berikut

“Bagaimana kalau saya tidak bisa mewujudkan cita-cita anak saya?”

 

Tentu saja, semua orang tua pasti ingin memastikan anak-anaknya kelak dapat menjadi mandiri yang bermanfaat untuk sekitar, hingga anaknya bisa lepas dari orang tuanya.

Tentunya, orang tua juga selalu memastikan anaknya mendapatkan yang terbaik. Tetapi, untuk mendapatkan hal yang terbaik, tidak jarang juga orang tua mengambil langkah yang salah.

Merencanakan Dana Pendidikan Anak, Wujudkan Cita-cita Mereka 02

[Baca Juga: Apa Ide Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga?]

 

Seperti yang kita tahu, dana pendidikan di Indonesia ini bisa dibilang mahal. Terlebih lagi ada pepatah “Banyak Anak, Banyak Rejeki”, membuat orang berbondong-bondong memiliki banyak anak.

Memang tidak salah memiliki banyak anak, tetapi apakah hal tersebut diiringi dengan perencanaan dana pendidikan yang tepat juga?

 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Merencanakan Dana Pendidikan Anak?

Saat memiliki anak, tentunya orang tua menemukan beberapa tantangan, mulai dari mengurus keseharian hingga pendidikannya.

Tak jarang orang tua baru biasanya kaget dengan biaya yang harus dihadapi ketika buah hati hadir di tengah mereka.

Awalnya kaget dengan biaya popok, susu dan suplemen bayi, kemudian mereka lebih kaget lagi saat tahu bahwa biaya dana pendidikan anak lebih mahal daripada keperluan bayi mereka.

Banyak orang tua yang bingung, kapan sih waktu yang tepat untuk merencanakan dana pendidikan anak?

Waktu yang tepat adalah ketika orang tua mulai merencanakan memiliki anak.

Mengapa? Karena Anda akan memiliki waktu untuk mempersiapkannya dan usaha untuk menabung atau berinvestasi pun menjadi lebih ringan.

Berikut ini adalah contoh jika Anda menyiapkan dana pendidikan anak setahun sebelum anak masuk sekolah.

 

Ketika Anda hanya punya waktu 1 tahun untuk mempersiapkan dana pendidikan anak untuk masuk TK, Anda harus mengalokasikan uang untuk investasi persiapan dana pendidikan sebesar Rp2,4 juta per bulannya.

Lalu, bagaimana jika Anda mulai merencanakan dana pendidikan TK anak sebelum lahir atau bahkan saat sedang merencanakan anak? Berikut adalah hasil perhitungannya.

 

Dengan memakai asumsi yang sama, Anda cukup berinvestasi per bulan sebesar Rp600 ribu. Jauh berbeda bukan? Jadi, waktu yang tepat untuk merencanakan pendidikan anak adalah saat Anda masih merencanakannya.

Hasil perhitungan ini bisa anda dapatkan dengan download aplikasi Finansialku.

Anda bisa pilih menu Rencana Keuangan dan memilih Dana Pendidikan untuk mengetahui berapa banyak Anda harus berinvestasi per bulannya.

 

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Merencanakan Dana Pendidikan Anak?

Setelah tahu kapan waktu yang tepat untuk merencanakan dana pendidikan anak, sekarang saatnya mengetahui langkah-langkah untuk merencanakan dana pendidikan mereka.

 

Langkah #1 Tentukan Sekolah yang Ingin Anda Tuju

Langkah pertama adalah menentukan sekolah yang ingin dituju. Biaya yang dibutuhkan akan sangat bervariasi sesuai dengan sekolah dan jenjang yang Anda pilih dan persiapkan.

Melakukan survei sejak dini akan memberikan Anda gambaran biaya yang Anda butuhkan nantinya.

Pastikan Anda mempersiapkan dana pendidikan anak sebaik mungkin. Walaupun sekarang banyak beasiswa, tapi tidak semua anak bisa mendapatkannya. It’s better to prepare for the worst, right?

Lakukanlah survei dan juga catat hal berikut saat merencanakan dana pendidikan anak:

  1. Catat Biaya Pangkal dari sekolah tersebut
  2. Catat SPP per bulan
  3. Catat Biaya lainnya yang mungkin ada
  4. Jika butuh bimbel atau les, anggarkan Biaya bimbel atau les untuk anak anda

 

Dengan mengetahui berapa biaya sekolah yang harus dicapai, akan lebih mudah juga untuk menghitung biaya investasi per bulan.

Apakah Anda sudah mulai melakukan survei? Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan fitur Konsultasi Keuangan dari aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan.

Download di Google Play Store gratis!

 

Langkah #2 Tentukan Jangka Waktu Sekolah Anak Anda

Selanjutnya, tentukan jangka waktu sekolah anak. Dengan mengetahui jangka waktu, maka Anda akan tahu kapan akan selesai berinvestasi untuk dana pendidikan anak.

Ketika tahu kapan selesai berinvestasi untuk dana pendidikan anak, Anda bisa memulai untuk investasi lainnya.

Checklist Dana Pendidikan_ Uangnya Udah Siap Belum_ 02

[Baca Juga: Intip Rincian Biaya Hidup Rumah Tangga Ala Perencana Keuangan]

 

Setiap cita-cita pasti memiliki jenjang waktu yang berbeda. Ada yang hanya perlu sekolah sampai S1, ada juga yang harus sekolah lanjutan supaya bisa bekerja sesuai dengan cita-citanya.

Diperlukan tujuan yang sangat spesifik dalam merencanakan dana pendidikan anak.

 

Langkah #3 Jangan Lupakan Inflasi

Biaya pendidikan di Indonesia memiliki inflasi yang cukup tinggi. Anda sebaiknya jangan melupakan inflasi dalam pendidikan anak.

Maka dari itu, Anda perlu survei biaya setahun sebelumnya dan biaya saat ini. Sehingga, Anda bisa menentukan inflasi dari setiap jenjang pendidikan. Rata-rata inflasi yang terjadi bisa berada di angka 10% hingga 15% per tahun.

Anda bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk menghitungnya.

 

Langkah #4 Investasikan Pada Produk yang Sesuai

Saat mulai merencanakan dana pendidikan anak, ada baiknya Anda mulai terbuka mengenai investasi yang ada di Indonesia.

Terlebih lagi, dana pendidikan anak ini memiliki jangka waktu yang berbeda-beda sehingga investasinya pun akan beragam.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat berinvestasi adalah mempelajari terlebih dahulu produk investasi yang ada di Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan investasi reksa dana, Anda bisa mempelajari tentang investasi reksa dana dengan baca e-book gratis yang bisa Anda dapatkan di sini.

Jika Anda lebih tertarik dengan investasi saham, Anda bisa mempelajari investasi saham dengan baca e-book gratis yang bisa Anda dapatkan di sini.

Jika Anda lebih tertarik belajar secara visual, kami pun memiliki kelas online untuk berinvestasi. Anda bisa mengikuti webinar investasi secara langsung. Hubungi IG Finansialku di @Finansialku_com atau WhatsApp ke 0819-1151-6119 untuk informasi dan daftar.

Lebih lengkap mengenai mempersiapkan dana pendidikan anak Anda, Anda bisa download e-book gratis berikut ini.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Amankan Cita-Cita Anak Anda, Sekarang !

Cita-cita anak kita memang sudah seharusnya kita jaga, cara menjaganya adalah memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan yang layak dan juga cukup.

Akan lebih menenangkan bagi kita sebagai orang tua, ketika anak kita sudah bisa dilepaskan ke masyarakat dengan proses yang baik.

Rencanakan dana pendidikan anak dengan pengaturan yang tepat waktu dan juga tepat jumlah.

 

Dalam merencanakan dana pendidikan anak, ada hal yang harus dihindari lho! Simak video Finansialku berikut ini untuk tahu selengkapnya.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana caranya menyelamatkan cita-cita anak anda, sebelum terlambat.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana caranya menyelamatkan cita-cita anak anda, sebelum terlambat. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Merencanakan Dana Pendidikan Anak 01 – http://bit.ly/2RaABWa
  • Merencanakan Dana Pendidikan Anak 02 – http://bit.ly/3aqzmd7