Apakah Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang sedang mencari ide peluang bisnis dan inspirasi usaha?

Jika Anda belum tahu bisnis apa yang kini tengah memiliki peluang bisnis yang menarik, maka Anda wajib menyimak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi Ibu Rumah Tangga atau Wanita Karier?

Seorang wanita akan dihadapkan pada dua pilihan saat ia sudah beranjak dewasa, apakah akan menjadi wanita karier atau menjadi ibu rumah tangga.

Tidak ada yang salah maupun yang betul, karena kedua pilihan itu memiliki kelebihan dan risiko yang harus dipertimbangan dengan baik-baik.

Apabila Anda menjadi wanita karier, Anda mengemban tanggung jawab di kantor. Anda adalah seorang karyawan yang memiliki tanggung jawab atas pekerjaan Anda.

Sisi positifnya, Anda memiliki penghasilan sendiri yang bisa membantu keuangan keluarga, Anda juga memiliki wawasan yang luas terhadap dunia.

Ide Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga 2 Finansialku

[Baca Juga: Jenis Investasi yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Investor Pemula]

 

Sedangkan bila Anda menjadi ibu rumah tangga, Anda berkewajiban mengurus keluarga, baik suami dan anak-anak Anda, mengatur keuangan keluarga bahkan juga mengerjakan pekerjaan rumah.

Banyak yang berpendapat bahwa ibu rumah tangga bisa memiliki hubungan yang lebih akrab dengan anak-anak Anda, Anda pun dapat mendidik anak dengan metode yang Anda inginkan.

Meskipun hanya bertanggung jawab pada keluarganya sendiri, bukan berarti tugas ibu rumah tangga tidak sebesar wanita karier.

Tugas ibu rumah tangga juga banyak dan berat, mulai memperhatikan kebutuhan anak-anaknya, mengurus keuangan keluarga, memasak, membereskan rumah.

Dan mungkin baru bisa beristirahat siang hari, sebelum anak-anaknya pulang dan ibu rumah tangga mulai bekerja kembali.

Keuntungannya, ibu rumah tangga memiliki waktu yang banyak dengan keluarga, bisa mendidik anak-anaknya langsung.

Namun, salah satu yang biasa dikeluhkan seorang ibu rumah tangga adalah keinginan untuk membantu keuangan keluarga. Lalu, apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk bisa membantu keuangan keluarga?

Salah satu sumber pemasukan yang dapat dijajaki ibu rumah tangga adalah dengan memulai sebuah bisnis.

Dengan memiliki bisnis, selain bisa membantu keuangan keluarga, para ibu rumah tangga pun bisa keluar dari kejenuhannya karena menghabiskan banyak waktu di rumah.

Bagaimana dengan modalnya? Tenang saja, berikut ini saya akan memberikan sebuah peluang bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal yang kecil!

Sebelum kita lanjut ke pembahasan berikutnya, sudahkah Anda memahami pengaturan keuangan dalam berbisnis?

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus bisa mengatur keuangan pribadi dan bisnis sehingga usaha Anda berjalan dengan lancar.

Dapatkan panduannya melalui ebook Finansialku di bawah ini!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Ide Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Beberapa ide peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu inspirasi usaha yang mungkin selama ini Anda masih ragu untuk memulainya.

Tenang saja, karena modalnya kecil Anda tidak perlu khawatir harus kehilangan uang besar bila merugi.

 

#1 Menjadi Reseller Online

Bisnis ini masih menjadi favorit bagi para ibu rumah tangga karena tidak membutuhkan modal yang besar tetapi bisa berjualan dan tidak menghabiskan waktu yang banyak.

Anda bisa menjadi reseller baju, hijab, kosmetik, skincare, sepatu dan lain sebagainya.

Cara kerjanya pun cukup mudah, Anda tidak perlu menyiapkan modal. Anda cukup menghubungi salah satu toko yang menjual barang yang ingin Anda jual, dan bilang bahwa Anda tertarik untuk menjadi reseller.

Tips Sederhana Dalam Memulai Usaha Modal Kecil 3 Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lakukan 5 Gaya Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Jepang Demi Kesejahteraan Keuangan]

 

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penjualan lewat media sosial dan e-commerce. Kemudian, Anda hanya tinggal menunggu konsumen Anda mentransfer uang dari membeli barang yang akan Anda beli.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyampaikan pesanan ke toko yang menjualnya dan Anda pun tidak perlu repot membungkusnya karena biasanya akan dibungkus oleh penjualnya.

Biasanya reseller mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga retail, dari situlah Anda mendapatkan keuntungan.

 

#2 Membuka Jasa Titip

Ide peluang bisnis ini sekarang menjadi tren di kalangan ibu rumah tangga, apalagi jika Anda senang berjalan-jalan ke mall.

Anda bisa memulai bisnis jasa titip barang-barang yang ada di mall. Biasanya para pebisnis jasa titip ini menjual jasa titip akan barang yang dijual di mall dan biasanya sedang sale.

Anda hanya perlu men-charge harga jasa titip dengan kisaran Rp5.000 hingga Rp25.000.

Dengan begini, hobi Anda yang suka jalan jalan di mall pun menjadi hobi yang bisa mendatangkan pemasukan tambahan. Menarik bukan?

 

 

#3 Membuka Kantin/Warung/Katering

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang gemar memasak, Anda bisa memulai membuka warung, kantin atau katering.

Terlebih lagi, jika rumah Anda dekat dengan sekolah atau perkantoran, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk ide usaha.

Usaha kuliner tidak pernah mati karena makanan adalah kebutuhan primer.

Memang, memulai bisnis warung, kantin atau katering membutuhkan modal yang lebih besar daripada jualan online. Tetapi Anda masih bisa memiliki waktu di rumah dan Anda masih bisa mengurus keluarga Anda.

 

#4 Menjadi Penulis Lepas

Beda halnya jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, Anda bisa menjadi penulis lepas. Anda bisa bekerja content writer di berbagai blog atau situs.

Jangan salah, profesi ini bisa menawarkan penghasilan yang menjanjikan, lho.

Terdapat beberapa media online yang membutuhkan penulis artikel secara konsisten.

Inilah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pendapatan dengan menyalurkan hobi Anda sebagai penulis.

 

#5 Menjadi Penerjemah

Masih berhubungan dengan menulis, jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari kemampuan Anda sebagai penerjemah.

Cara Investasi untuk Freelance agar Dapat Mewujudkan Tujuan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Perbedaan Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karier Terutama Pada Mengatur Keuangan?]

 

Akan lebih menguntungkan jika Anda menguasai bahasa yang jarang dikuasai orang banyak, misalnya bahasa Spanyol, Rusia, Korea, dan lain sebagainya.

Anda bisa memasarkan jasa penerjemah Anda di media sosial atau berbagai marketplace online yang ramai.

 

#6 Membuka Les Privat

Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang baik, Anda bisa mencoba bisnis ini, yaitu membuka les privat.

Apalagi jika di daerah perumahan Anda terdapat anak-anak yang masih membutuhkan les privat, bisnis ini tentu akan menguntungkan.

Bila ternyata banyak yang berminat, tidak ada salahnya Anda memperbesar usaha Anda dengan cara merekrut tenaga pengajar yang kompeten dan juga profesional.

 

Jika Tidak Dicoba, Tidak Ada yang Tahu

Keenam ide peluang bisnis yang sudah saya paparkan di atas ini dapat Anda coba tanpa harus takut merugi. Jika Anda tidak mencobanya, Anda tidak akan pernah tahu apakah bisnis tersebut akan berjalan atau tidak.

Anda cukup memulainya dan pastikan Anda juga sudah mengerti dengan kerugian yang mungkin akan anda alami di lapangan.

Jika Anda masih bingung untuk menghitung modal usaha, Anda bisa merencanakan modal usaha dengan Aplikasi Finansialku.

 

Alih-alih perhitungan kasar, Anda akan mendapat perhitungan modal usaha yang lebih akurat. Anda juga akan mendapat informasi, berapa uang yang harus dikumpulkan tiap bulan untuk merealisasikan rencana usaha Anda.

Sudah punya aplikasinya? Jika belum, segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini.

Nikmati setiap fitur lainnya, seperti kemudahan dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui peluang bisnis dan inspirasi usaha untuk ibu rumah tangga.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui apa saja yang bisa menjadi ide peluang bisnis dan inspirasi usaha untuk ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 9 November 2017. 8 Ide Bisnis Rumahan Unik Untuk Ibu Rumah Tangga. Liputan6.com https://goo.gl/BL4PV7

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Ibu Rumah Tangga – https://goo.gl/DnrqTi
  • Bisnis Ibu Rumah Tangga 2 – https://goo.gl/Btpeyv