Ini dia cara belajar bahasa Inggris yang efektif.

Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional, dimana dengan menguasai bahasa Inggris, Anda dapat berkomunikasi dengan orang asing serta mempelajari kebudayaan asing.

Bahasa Inggris juga penting untuk para karyawan karena salah satu persyaratan yang harus dipenuhi di era globalisasi sekarang ini adalah kemampuan bahasa.

Artikel Finansialku ini akan membantu Anda mempelajari bahasa Inggris dengan cepat dan efektif walaupun Anda memiliki jadwal yang sibuk.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Belajar Inggris yang Efektif

Di bawah ini adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris yang tidak hanya efektif, tapi Anda juga dapat mengerjakannya di sela kesibukan Anda.

 

#1 Belajar Tidak Harus dari Buku

Mempelajari sebuah bahasa tidak harus selalu dari buku pelajaran. Sebenarnya, tanpa Anda sadari, mempelajari bahasa melalui film, lagu dan novel juga terbukti sangat efektif.

Banyak manfaat yang dapat Anda terima melalui media belajar ini, salah satunya adalah penambahan kosakata dan penguatan aksen bahasa Inggris yang benar.

Di sela kesibukan Anda, Anda dapat menyelipkan 3-5 menit waktu istirahat Anda untuk mendengarkan lagu sambil menyantap makan siang atau Anda juga dapat melihat video singkat di YouTube dengan atau tanpa terjemahan.

Menyelipkan waktu untuk mendengarkan percakapan atau kata-kata dalam bahasa Inggris akan membuat Anda belajar lebih cepat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

#2 Ajukan Program Bahasa Inggris Kepada Perusahaan

Semakin berkualitas pegawai di dalam sebuah perusahaan, maka semakin cepat berkembang pula perusahaan tersebut.

Salah satu kebutuhan yang utama adalah bahasa asing, yaitu bahasa Inggris.

Tidak ada salahnya Anda mengajukan sebuah program untuk meningkatkan keterampilan bahasa asing kepada perusahaan Anda guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan bahasa para pegawainya.

Salah satu contohnya adalah “English Day” di mana pada hari itu, bahasa yang boleh digunakan hanya bahasa Inggris. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan kelas bahasa Inggris kepada perusahaan.

Hal seperti ini pastinya akan disambut baik oleh atasan Anda, apalagi tujuannya adalah untuk meningkatkan manfaat bagi perusahaan.

 

#3 Selipkan Bahasa Inggris di Pekerjaan Anda

Anda tidak perlu malu menggunakan bahasa Inggris pada saat Anda melakukan pekerjaan. Gunakan bahasa Inggris pada tugas/pekerjaan Anda, misalnya pada saat presentasi.

Dengan menggunakan bahasa Inggris pada saat presentasi, Anda dapat belajar menggunakan bahasa Inggris secara formal.

Selain itu, rekan kerja Anda pun akan lebih tertarik untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan Anda, mengingat keinginan Anda untuk belajar.

Baru Memulai Bisnis Simak Cara Pengadaan Tenaga Kerja dimulai dari Analisis Jabatannya! 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Masalah Bangun Pagi? Ini 10 Pekerjaan Di Malam Hari yang Cocok Untuk Anda]

 

Selain presentasi, Anda juga dapat menyelipkan bahasa Inggris pada saat mengirim email pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat belajar kosakata Inggris dalam percakapan dan tertulis.

 

#4 Gunakan Bahasa Inggris Sehari-hari

Sering mempraktikkan bahasa Inggris akan membuat Anda lebih cepat menguasai bahasa tersebut. Gunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari Anda, mulailah dari lingkungan pekerjaan karena sebagian besar waktu Anda, akan Anda habiskan untuk bekerja.

Bercakaplah menggunakan bahasa Inggris dengan rekan kerja Anda, carilah teman yang suportif agar Anda dan teman Anda dapat saling belajar.

Anda pun dapat menggunakan bahasa Inggris untuk menulis catatan harian atau bahkan catatan keuangan Anda.

 

#5 Bergabung dalam Komunitas Bahasa Inggris

Kemajuan teknologi telah memungkinkan Anda untuk mencari suatu kelompok dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama, salah satunya adalah komunitas belajar bahasa.

Cara Belajar Bahasa Inggris 02 Komunitas - Finansialku

[Baca Juga: Kata Kata Motivasi Howard Schultz yang Menambah Semangat Bisnis]

 

Tidak hanya dari media sosial, Anda pun dapat menemukan komunitas bahasa Inggris dari aplikasi pesan, di mana setiap orang yang bergabung di dalam komunitas tersebut harus menggunakan bahasa Inggris untuk saling berkomunikasi.

Dengan cara ini, Anda dapat menambah pergaulan dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Dengan adanya komunitas ini pun, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan native speaker atau penutur asli. Tidak ada ruginya, bukan?

 

#6 Mencari Situs Belajar Online

Tidak seperti zaman dahulu di mana pendidikan adalah sebuah kemewahan,  dengan era teknologi seperti sekarang ini, Anda sudah dapat mempelajari sesuatu dengan mudah dan cepat, dan gratis.

Anda pun dapat mencari situs belajar bahasa Inggris secara gratis, sehingga Anda dapat mempelajarinya di rumah atau di sela kesibukan Anda.

Beberapa situs yang cukup terkenal adalah British Council, ESLabout, VOAnews, English Central, News in Level, dan Tips Belajar Bahasa Inggris. Seluruh materi yang Anda butuhkan sudah ada di dalam situs ini dengan lengkap.

Di dalam situs tersebut juga tersedia materi pelajaran baik dalam bentuk tulisan, suara atau gambar. Bahkan seluruh materinya dapat Anda download dan Anda simpan untuk dipelajari di waktu lain.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Situs belajar online ini menawarkan pelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan yang berbeda, ada yang melalui lelucon lucu, ada yang melalui berita, ada juga yang melalui percakapan.

Pastinya, Anda dijamin tidak akan bosan belajar bahasa Inggris.

 

#7 Menyenangi Adalah Kunci Sukses

Menyenangi bahasa Inggris adalah salah satu motivasi terkuat Anda untuk dapat terus berlatih. Jika Anda senang dengan sesuatu, pastinya Anda akan menyelipkan hal-hal tersebut kapanpun Anda bisa.

Untuk menemukan apa yang menarik dari bahasa Inggris, Anda harus menemukan tujuannya terlebih dahulu. Selain itu, Anda pun dapat mempelajari budaya dari negara Inggris hingga kebiasaan-kebiasaan.

Terkadang, dengan mempelajari budaya, Anda akan lebih tertarik untuk mempelajari bahasanya. Semakin tertarik Anda dengan bahasa Inggris, semakin cepat pula Anda akan menguasai bahasa tersebut.

 

#8 Mencari Orang yang Mahir

Perhatikan rekan kerja Anda, apakah ada di antara mereka yang memang memiliki kemampuan berbahasa Inggris lebih baik dari Anda? Jika iya, maka Anda dapat menanyakan beberapa persoalan bahasa Inggris kepada mereka.

Ajaklah mereka untuk berdiskusi ringan serta berbagi pengetahuan mereka mengenai bahasa Inggris.

Semakin banyak rekan kerja yang dapat Anda kumpulkan, maka semakin bersemangat pula pastinya Anda untuk belajar bahasa Inggris di lingkungan kerja.

Hal ini dapat Anda terapkan di mana saja, di lingkungan keluarga, pertemanan atau komunitas lainnya.

 

#9 Tetap Luangkan Waktu untuk Berlatih di Rumah

Walaupun sebagian besar waktu Anda akan Anda habiskan di tempat kerja, bukan berarti setelah Anda tidak bekerja lagi, Anda berhenti belajar bahasa.

Efektivitas belajar Anda sangat bergantung pada konsistensi belajar Anda. Semakin sering dan semakin konsisten Anda belajar, maka Anda dapat dengan mudah menguasai bahasa tersebut.

Ketika Anda pulang ke rumah, gunakan bahasa Inggris ketika bercakap dengan anggota keluarga. Anda pun dapat memutar lagu bahasa Inggris sembari mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda dapat belajar bahasa Inggris secara online atau alternatif lainnya yaitu dengan menonton film berbahasa Inggris.

 

Tekun dan Terus Berlatih

Menguasai sebuah bahasa bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan instan. Layaknya balita yang ingin belajar berbicara, pastinya dibutuhkan proses.

Setiap proses ini harus Anda nikmati agar Anda tidak terbebani dengan proses belajar tersebut.

 

Apakah Anda sedang mempelajari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Apa yang Anda lakukan untuk dapat terus berlatih di sela kesibukan pekerjaan Anda?

Bagikan tips Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Made Ira Yuliati. 12 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Karyawan Sibuk. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/7Wkc8i

 

Referensi Gambar:

  • Bahasa Inggris – https://goo.gl/Crzs7F
  • Rekan Kerja – https://goo.gl/qskRbs