Masalah dengan bangun pagi atau sering terlambat bekerja? Ternyata ada lho pekerjaan di malam hari yang bisa Anda pertimbangkan.

Sekali lagi, banyak pilihan pekerjaan lainnya yang memungkinkan Anda untuk bekerja di malam hari.

Artikel Finansialku ini akan memberikan 10 contoh pekerjaan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Pekerjaan di Malam Hari

Jika Anda memiliki masalah bangun pagi, maka beberapa pilihan pekerjaan di bawah ini mungkin akan sesuai untuk Anda.

 

#1 Freelance

Nyamannya bekerja freelance adalah Anda tidak perlu mengikuti jam kerja pegawai kantor. Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan batas waktu yang diminta.

Kerugiannya adalah penghasilan yang Anda terima tidak tetap dan bergantung pada jumlah proyek yang Anda terima. Sudah banyak situs yang menjadi platform pertemuan antara freelancer dan perusahaan yang membutuhkan tenaga freelancer.

Jika Anda susah mengikuti jadwal kerja pada umumnya, mungkin pekerjaan freelance dapat menjadi alternatif lainnya. Tenaga freelance pun dibutuhkan di berbagai bidang dan sesuaikan dengan keahlian dan minat Anda.

Jika Anda senang fotografi, maka jadilah seorang fotografer freelance. Jika Anda senang menulis, maka jadilah seorang penulis freelance.

Karena pilihannya yang beragam, banyak yang berpindah jalur dari pegawai menjadi pekerja freelance.

 

#2 Ojek Online

Berkembangnya teknologi semakin memudahkan transportasi, seperti pada perkembangan ojek online.

Selain memudahkan transportasi para penumpang, ojek online pun membuka banyak peluang usaha. Menjadi ojek online memungkinkan Anda untuk bekerja kapanpun, bahkan di malam hari.

Kredit-Motor-untuk-Ojek-Online-02-Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kredit Motor untuk Ojek Online?]

 

Untuk melakukan aplikasi, Anda hanya membutuhkan kendaraan motor, SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih berlaku dan surat lengkap bukti kepemilikan kendaraan.

Dengan cara yang cukup mudah ini, Anda sudah dapat mencari pekerjaan di malam hari, baik sebagai sumber penghasilan utama atau tambahan.

 

#3 Guru Les Privat

Walaupun judulnya guru, tetapi guru les privat tidak memiliki jam kerja yang sama dengan guru sekolah.

Guru les privat biasanya mulai bekerja di sore hari setelah para murid pulang sekolah. Waktu kerja guru privat pun sangat fleksibel, ada yang bekerja di akhir pekan, ada pula yang bekerja di awal pekan.

Anda pun dapat mengerjakan kesibukan Anda di pagi dan siang hari kemudian bekerja setelahnya.

Salah satu kerugian menjadi guru les privat adalah terkadang Anda harus mengajar hingga larut malam sampai murid Anda menguasai mata pelajaran tersebut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Wartawan

Tidak sembarang orang dapat menjadi wartawan, Anda harus memiliki kualifikasi khusus di bidang jurnalisme. Tetapi, mata pencaharian ini dapat mengatasi masalah susah bangun pagi Anda.

Walaupun tidak perlu bangun pagi, jika menjadi wartawan, Anda harus siap bekerja tengah malam dan lebih lama dari 8 jam. Anda harus siap kapanpun narasumber dapat ditemui.

 

#5 Standup Comedian

Jika Anda memiliki hobi dan minat di dunia hiburan serta humoris dan memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi, maka menjadi standup comedian adalah salah satu pekerjaan yang dapat Anda coba.

Standup comedian biasanya mulai bekerja di malam hari selepas jam kantor untuk menghibur para penontonnya. Biasanya mereka bekerja di café atau restoran yang buka hingga malam hari.

Pekerjaan Di Malam Hari 02 Standup Comedian - Finansialku

[Baca Juga: Contoh Soal PPh 21: Menghitung Pajak Penghasilan Artis]

 

Walaupun dulu standup comedian masih jarang di Indonesia, tetapi belakangan ini, profesi standup comedian mulai diminati karena penghasilannya yang cukup tinggi.

Bayaran untuk seorang standup comedian dihitung setiap jamnya, jika Anda sudah terkenal, mendapatkan puluhan juta setiap jam adalah hal yang biasa.

Untuk menjadi standup comedian yang terkenal, Anda harus memperdalam materi dan meningkatkan jam terbang.

 

#6 DJ atau Bartender

Pintar mengolah musik dan memiliki kesulitan bangun pagi?

DJ atau Disc Jockey adalah profesi yang cocok untuk Anda. Walaupun DJ sering dihubungkan dengan dunia malam, sebenarnya menjadi DJ tidak selalu harus di klub.

Anda dapat menjadi DJ di restoran atau pesta pernikahan. Bayarannya pun dihitung sesuai dengan lamanya Anda bermain.

Selain DJ, Anda pun dapat menjadi bartender, apalagi jika Anda gemar mencampur minuman dan berkreasi dengan rasa-rasa yang unik.

Layaknya DJ, menjadi bartender tidak melulu harus bekerja di klub malam. Anda dapat bekerja di restoran atau di kafe. Anda pun mempunyai jam kerja yang fleksibel.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#7 Reseller atau Dropshipper Toko Online

Menjalankan usaha sendiri memang terbilang nyaman karena Anda tidak perlu mengikuti waktu kerja pegawai kantoran, apalagi dengan adanya toko online di mana Anda dapat mengaturnya dari mana saja dan kapan saja.

Berkembangnya situs online seperti bukalapak.com, tokopedia.com, lazada.co.id, dan lain sebagainya sangat memberikan dampak positif bagi para pengusaha pemula.

Jika Anda tidak memiliki banyak modal, Anda dapat mencoba untuk menjadi reseller atau dropshipper. Anda dapat menjual sebuah produk tanpa perlu memasok stok barang tersebut.

Cara ini tergolong mudah dan banyak diminati oleh para pekerja yang ingin mencari uang tambahan.

 

#8 Pelayan Restoran

Restoran pasti buka sampai malam, apalagi restoran cepat saji yang buka 24 jam.

Jika Anda sulit bangun pagi, mungkin menjadi pelayan restoran dapat menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Pelayan restoran biasanya bekerja dengan sistem shift. Ambillah shift sore atau malam untuk mengatasi masalah bangun pagi Anda.

Pekerjaan Di Malam Hari 03 Pelayan Restoran - Finansialku

[Baca Juga: Mudah dan Cepat! 10 Cara Mencari Uang Tambahan Tanpa Keluar Rumah]

 

#9 Petugas Kesehatan

Masalah kesehatan tidak mengenal waktu dan tidak dapat diundur. Oleh karena itu, petugas kesehatan dibutuhkan untuk siap selama 24 jam.

Tentu sistemnya bergilir, dan masing-masing petugas kesehatan baik dokter maupun perawat mendapatkan giliran yang berbeda. Menjadi petugas kesehatan tidak boleh sembarangan.

Anda harus menghabiskan uang kuliah yang lumayan besar dan waktu yang lama untuk menjadi seorang dokter. Untuk menjadi perawat pun, Anda harus lulus kuliah di jurusan keperawatan.

Tetapi semua itu akan terbalas dengan kebanggaan dan penghasilan yang cukup tinggi ketika Anda menjadi petugas kesehatan.

 

#10 Petugas Call Center

Call center 24 jam dibutuhkan banyak perusahaan terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Perusahaan tersebut harus siap melayani para konsumen dan menjawab pertanyaan seputar keluhan mereka, misalnya perusahaan penerbangan, perbankan, agen travel online dan masih banyak lagi.

Biasanya, pegawai call center ini bekerja dengan sistem shift; dibagi 2 menjadi pagi atau malam atau dibagi 3 menjadi pagi, sore dan malam.

Sistem shift ini dapat membantu Anda yang memiliki kesulitan bangun pagi atau sebagai mata penghasilan tambahan di malam hari.

Untuk besar kecilnya gaji yang didapatkan, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Tetapi, semakin banyak shift yang Anda ambil, semakin besar jumlah yang Anda dapatkan.

 

Pilihan Di Tangan Anda

Pekerjaan di malam hari mana yang cocok dengan Anda? Ada begitu banyak pekerjaan malam lainnya yang bisa Anda lakukan, selain yang sudah dijelaskan.

Pilihannya sesuai dengan masing-masing pribadi. Yang pasti, sesuaikan dengan kebutuhan dan kapabilitas Anda yang akan bekerja.

 

Apakah Anda memiliki masalah bangun pagi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika Anda masih mengalami masalah bangun pagi, maka beberapa pilihan pekerjaan di atas dapat menjadi alternatif untuk Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Maret 2017. 5 Kerja Sambilan Malam Hari Ini Cocok untuk Mahasiswa. Kudo.co.id – https://goo.gl/ymm6qk
  • Helda. 11 April 2018. 8 Pekerjaan Buat Kamu yang Suka Bangun Siang. Moneysmart.id – https://goo.gl/Hk26UN

 

Sumber Gambar:

  • Pekerjaan di Malam Hari – https://goo.gl/j52QQP
  • Standup Comedian – https://goo.gl/Dnz2nG
  • Pelayan Restoran – https://goo.gl/KNSLjh
Summary
Masalah Bangun Pagi? Ini 10 Pekerjaan Di Malam Hari yang Cocok Untuk Anda
Article Name
Masalah Bangun Pagi? Ini 10 Pekerjaan Di Malam Hari yang Cocok Untuk Anda
Description
Masalah dengan bangun pagi atau sering terlambat bekerja? Ternyata ada lho pekerjaan di malam hari yang bisa Anda pertimbangkan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo