Punya budget pesta pernikahan yang berlebih? Daripada Anda habiskan untuk pesta pernikahan mewah, coba pertimbangkan hal-hal berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch 

Gunakan Budget Pernikahan yang Berlebih, dengan Cara Bijak

  • Berapa budget atau anggaran yang wajar untuk sebuah pernikahan?
  • Apa yang sebaiknya dilakukan jika seseorang memiliki budget berlebih untuk pernikahan?

 

Banyak orang tua, yang merasa bangga dan senang jika pesta perkawinan anaknya berlangsung mewah, diadakan di hotel berbintang dan mengundang banyak tamu. Tidak sedikit orang Indonesia yang melangsungkan perkawinan mewah dengan budget ratusan juta hingga miliaran Rupiah. Berita buruknya tidak sedikit juga, pasangan yang menggunakan dana pinjaman untuk melangsungkan pernikahan.

punya-budget-pesta-pernikahan-pertimbangkan-hal-ini-finansialku

[Baca Juga: Jangan Asal Gede Gengsi, Nikah Pakai KTA]

 

Sebenarnya jika Anda memiliki budget besar untuk pernikahan, alih-alih digunakan untuk pesta pernikahan mewah, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk:

 

#1 Memberikan Donasi atau Sumbangan

Pernahkah Anda terpikir menggunakan uang pesta perkawinan yang besar untuk disumbangkan atau didonasikan kepada orang yang lebih membutuhkan? Melansir dari sumber Shanghaiist, terdapat sepasang kekasih bernama Zhan Yihao (pengantin pria) dan Chen Youjia (pengantian wanita) yang menggunakan uang pernikahannya sebesar 1,8 Juta Yuan (sekitar Rp 376 juta) untuk dibagikan kepada 450 ibu single parent di kota Guang Dong. Masing-masing ibu menerima uang sekitar 4.000 Yuan. Tentunya tindakan pasangan ini mendapat respon positif dari masyarkat sekitar. Mereka rela melakukan pesta pernikahan yang lebih sederhana dengan budget lebih sedikit.

bagaimana-cara-investasi-yang-tepat-untuk-keluarga-baru-finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengatur Keuangan yang Harus Anda Lakukan Setelah Menikah]

 

#2 Liburan Honey Moon

Setelah menikah, sepasang kekasih biasanya akan melakukan perjalanan liburan yang disebut honey moon.  Tidak ada salahnya Anda membagi budget pernikahan mewah untuk jalan-jalan bersama kekasih Anda. Mungkin Anda dapat melakukan perjalanan romantis berkeliling Indonesia dan bahkan ke luar negeri.  Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana pernikahan dan dana liburan Anda.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Modal Kerja dan Buka Usaha

Selain untuk disumbangkan dan liburan honey moon, budget pernikahan mewah juga dapat digunakan sebagai modal kerja atau buka usaha. Pasangan Anda dapat membuka rumah makan, jasa laundry atau bisnis rumahan (home business) untuk meningkatkan pemasukan bulanan. Lumayan kan, daripada uang dihabiskan untuk pesta mewah dalam satu malam, lebih baik gunakan uang tersebut menjadi lebih produktif.

5 Manfaat jika  Anda & Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat Jika Anda dan Pasangan Kompak Mengelola Keuangan Keluarga]

 

#4 Bayar Uang Muka Rumah atau Membeli Rumah

Dimana Anda dan pasangan akan tinggal setelah menikah? Sebelum Anda melakukan pernikahan mewah, berpikirlah terlebih dahulu dimana Anda akan tinggal setelah menikah? Sangat tidak bijaksana, jika Anda bisa melangsungkan pernikahan mewah tetapi bingung mau tinggal dimana setelah menikah. Jika Anda memiliki dana yang cukup besar, tidak ada salahnya Anda menambahkan uang muka pembelian rumah atau bahkan membeli cash rumah Anda.

Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif untuk Pasangan Muda, Setelah Menikah]

 

#5 Rencana Keuangan Masa Depan

Anda dapat menggunakan budget pernikahan mewah, untuk diinvestasikan. Masih ada banyak sekali pengeluaran besar yang harus Anda bayarkan, seperti persiapan untuk kelahiran, membeli rumah, membeli kendaraan, persiapan biaya pendidikan anak sampai dana hari tua. Coba bandingkan manfaat yang Anda dapat, antara mengadakan pesta pernikahan mewah atau merencanakan keuangan masa depan.

 

Prioritaskan Logika, Bukan Emosi dan Gengsi saat Menentukan Budget Pernikahan

Berapa budget pernikahan yang akan dikeluarkan biasanya dibicarakan oleh pasangan dan orang tua yang bersangkutan. Memang masing-masing pihak memiliki kepentingan masing-masing. Komunikasikan kepentingan masing-masing pihak dengan cara yang dewasa dan bijak. Kedepankan logika, jangan emosi dan gengsi saat menentukan budget pernikahan.

Pesta pernikahan mewah adalah keinginan (wants), bukan kebutuhan (needs). Setelah menikah, sepasang kekasih masih perlu mengeluarkan banyak uang. Mulai dari membeli rumah, kendaraan, persiapan kelahiran anak, dana pendidikan dan lain sebagainya.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai pasangan-pasangan yang melakukan pesta pernikahan mewah, dan menanggung utang besar setelahnya?

 

Sumber Berita:

  • Febuari 2016. Newlywed couple donates 1.8 million yuan to impoverished moms, rather than blowing it on lavish wedding. Shanghaiist.com – https://goo.gl/DbA1mA

 

Sumber Gambar:

  • Wedding – https://goo.gl/6lF2vY

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang