Bagaimana cara mengatur keuangan untuk driver ojek online dan driver taksi online? Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara mengatur keuangan untuk driver ojek online dan driver taksi online.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengatur Keuangan Freelance

Saat ini profesi driver ojek online dan driver taksi online adalah salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Profesi ini menjanjikan pendapatan per hari. Hal ini tentu terasa sangat menyenangkan karena Anda tidak perlu menunggu akhir bulan untuk mendapatkan uang tunai. Hanya saja jika tidak dikelola dengan baik, uang yang didapatkan dapat ‘hilang’ tanpa jejak. Karena itu kali ini Finansialku akan membahas cara mengatur keuangan untuk para driver ojek online dan driver taksi online.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan adalah Sebuah Kesalahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tidak Memiliki Rencana Keuangan adalah Kesalahan!]

 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan driver ojek online dan driver taksi online:

 

#1 Tetapkan Tujuan Keuangan

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Menetapkan tujuan keuangan merupakan prioritas utama baik bagi karyawan, pengusaha atau freelancer seperti Anda. Sebelum mulai mengatur keuangan, Anda harus tahu terlebih dahulu kemana tujuan keuangan Anda. Setelah mengetahui tujuan tersebut barulah dapat diatur cara yang tepat untuk mengelola keuangan agar tujuan terpenuhi.

Mulailah menetapkan hal-hal apa saja yang ingin Anda miliki dalam jangka waktu pendek, menengah dan panjang. Misalnya ingin menikah, memiliki mobil baru, rumah baru dan lain-lain. Tetapkan tujuan-tujuan tersebut beserta jangka waktu yang ditargetkan. Dengan memiliki tujuan, Anda akan termotivasi untuk memenuhinya sehingga semakin mudah pula mengatur keuangan setiap hari.

 

#2 Hentikan Mindset Uang Harian

Dalam profesi ini, Anda memiliki peluang penghasilan setiap hari, bukan berarti uang tersebut harus dihabiskan pada hari itu juga. Secara psikologis uang yang didapatkan setiap hari terasa seperti ‘uang panas’ yang ‘pantang’ didiamkan. Akibatnya uang yang didapatkan habis pada hari itu juga dan tidak ada yang bertahan secara jangka panjang. Jika mindset ini terus Anda tanamkan pada pola hidup, tujuan keuangan yang telah ditetapkan tidak akan pernah tercapai. Ingatlah bahwa Anda tetap memiliki kebutuhan yang sama seperti orang lain pada umumnya yang mendapatkan gaji per minggu atau per bulan. Perbedaannya hanya terletak pada frekuensi mendapatkan uang tunai tersebut.

Cara Mengatur Keuangan untuk Pengemudi Ojek Online dan Pengemudi Taxi Online 1 - Finansialku

[Baca Juga: Perencana Keuangan Solusi Masalah Keuangan Anda]

 

#3 Buat Anggaran Mingguan

Periode anggaran yang kami sarankan adalah per minggu. Berbeda dengan karyawan yang umumnya mendapat gaji bulanan, Anda mendapatkan pendapatan rutin setiap hari. Jika ada bonus yang turun per minggu atau per bulan, dapat Anda tambahkan ke dalam anggaran tersebut. Pendapatan per hari memang menyenangkan karena tidak perlu menunggu akhir bulan untuk menikmati hasil kerja keras. Hanya saja jika tidak dikelola dengan tepat, tujuan keuangan yang telah Anda tetapkan tidak akan pernah tercapai.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, sebaiknya buatlah anggaran per minggu terlebih dahulu. Mulailah dengan menghitung seluruh kebutuhan Anda per minggu. Kemudian tetapkan berapa besar uang yang akan digunakan untuk masing-masing kebutuhan tersebut. Masing-masing pos kebutuhan dapat memiliki anggaran yang berbeda.

Agar anggaran tidak dilupakan, Anda harus menuliskannya baik di kertas maupun di gadget Anda. Jika merasa kesulitan untuk menuliskannya secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi keuangan yang dapat membantu. Sebagai seorang driver transportasi online, Anda pasti sudah tidak asing dengan teknologi. Saat ini sudah banyak aplikasi keuangan yang mudah digunakan dan dapat berfungsi di gadget Anda. Dengan begitu tidak ada alasan untuk merasa kesulitan menuliskan anggaran per minggu.

Cara Mengatur Keuangan untuk Pengemudi Ojek Online dan Pengemudi Taxi Online 2 - Finansialku

 [Baca Juga: 10 Tips Membuat Rencana Keuangan Dalam Satu Halaman]

 

Setelah memiliki anggaran per minggu, cobalah memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran Anda per bulan kemudian per tahun. Dengan begitu akan semakin mudah untuk memetakan pola pendapatan Anda. Hal ini akan membantu Anda merencanakan berapa besar uang yang harus diinvestasikan untuk mencapai tujuan keuangan.

 

#4 Miliki Asuransi

Sudahkah Anda memiliki asuransi? Jika belum, segera beli asuransi. Sebagai seorang driver, rutinitas Anda sangat terekspos dengan risiko kecelakaan yang tinggi. Seringkali seorang driver ojek atau taksi online mengasuransikan kendaraan yang digunakan tetapi lupa membeli asuransi untuk dirinya sendiri. Anda mungkin berpikir bahwa membeli asuransi adalah pengeluaran yang sia-sia. Memang pengeluaran tersebut akan terasa seolah-olah percuma jika belum terjadi kerugian. Tetapi ketika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan Anda baru berharap memiliki asuransi. Daripada menyesal di kemudian hari dan harus membayar mahal jika terjadi kecelakaan, mengapa tidak melindungi diri dari sekarang?

Ada beberapa macam asuransi yang dapat Anda pilih mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan diri. Mari kita bahas satu per satu kegunaan asuransi tersebut bagi driver transportasi online. Asuransi kesehatan adalah sebuah kebutuhan yang mendasar. Setiap orang pasti memiliki risiko jatuh sakit setiap hari, jika tidak memiliki perlindungan Anda harus membayar sangat mahal untuk pengobatan. Jika merasa keberatan untuk membayar premi asuransi kesehatan swasta, Anda dapat menggunakan layanan BPJS yang harganya relatif terjangkau.

Cara Mengatur Keuangan untuk Pengemudi Ojek Online dan Pengemudi Taxi Online 3 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Umum atau General Insurance?]

 

Jika sudah menikah dan memiliki anak, Anda membutuhkan asuransi jiwa. Asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan jika Anda meninggal dunia. Baik dalam kecelakaan kerja maupun karena sakit. Hanya saja, asuransi jiwa tidak akan memberikan uang pertanggungan apapun jika mengalami kecelakaan dan tidak meninggal. Inilah mengapa Anda membutuhkan asuransi kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan baik meninggal atau tidak, asuransi akan memberikan uang pertanggungan.

Tetapi jika sudah memiliki tanggungan, Anda tidak dapat hanya mengandalkan uang pertanggungan dari asuransi kecelakaan diri untuk tanggungan. Uang pertanggungan yang diberikan asuransi kecelakaan diri umumnya tidak sebesar uang pertanggungan dari asuransi jiwa. Karena itu sebagai driver, sebaiknya Anda memiliki kedua asuransi tersebut dilengkapi dengan asuransi kesehatan yang wajib dimiliki setiap orang.

 

 

#5 Mulai Berinvestasi

Berinvestasi mungkin terasa mustahil bagi Anda. Padahal paradigma seperti itu kurang tepat. Saat ini industri keuangan sudah semakin berkembang dan dapat mencakup setiap kalangan. Anda tidak perlu lagi berpikir “Saya tidak punya uang untuk berinvestasi”. Saat ini ada banyak produk investasi yang dapat dibeli dengan modal awal yang sangat kecil. Misalnya saja emas dan reksa dana. Jika merasa kesulitan untuk mengumpulkan banyak uang secara sekaligus untuk berinvestasi saham, mulailah dengan reksa dana yang murah. Anda dapat mulai berinvestasi reksa dana dengan modal Rp100.000. Bahkan tahukah Anda bahwa saat ini sudah ada produk reksa dana baru yang dapat dibeli dengan modal minimum Rp10.000? Karena itu, Anda tidak perlu khawatir tidak sanggup berinvestasi.

Anda dapat mengumpulkan dana yang akan diinvestasikan setiap hari. Walaupun jumlahnya tidak banyak, jika dikumpulkan setiap hari akhirnya akan menjadi besar juga. Dengan begitu tanpa terasa investasi Anda sudah menumpuk dan akan semakin mudah untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda.

10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Begini Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom]

 

Cara yang Sama, Frekuensi yang Berbeda

Walaupun memiliki penghasilan per hari, Anda tetap memiliki kebutuhan yang sama dengan orang lain yang memiliki pendapatan bulanan. Penting untuk menanamkan mindset tersebut dalam mengantisipasi keuangan Anda. Jika terus berpemikiran dapat menghabiskan uang pada hari itu juga, keuangan hanya akan ‘mandek’. Tujuan keuangan jangka panjang tidak akan pernah tercapai. Jangankan tujuan keuangan, Anda bahkan akan kesulitan ketika ada kebutuhan yang mendadak lebih besar dari hari biasa. Karena itu kelola keuangan Anda dengan bijaksana, miliki proteksi dan segeralah mulai berinvestasi.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat mengatur keuangan. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Menurut pendapat Anda, Apakah Anda setuju bahwa kelima langkah tersebut merupakan solusi dari pengaturan keuangan Anda? Silakan berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini! Berikan wawasan yang Anda kepada rekan kerja Anda agar mereka pun mendapatkan manfaatnya sama seperti Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Gojek – https://goo.gl/SzOHZ9
  • Uber – https://goo.gl/xkOezR
  • Grab – https://goo.gl/sakZcp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang