Mindset Keuangan: Tinggal menghitung hari, then 2020 akan segera diakhiri! Sudah tahu tujuan keuangan tahun 2021?

Mari kembali ke akarnya dengan memiliki mindset yang benar dalam mengatur keuangan. Selamat mengevaluasi diri dan semakin sukses di tahun 2021!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mindset Keuangan Untuk Meraih Tujuan Keuangan 2021

Pola pikir atau mindset adalah kerangka pemikiran yang membentuk jalannya pikiran kita dalam memandang dan memberi penilaian terhadap suatu hal. Baik atau buruknya ucapan, tindakan dan perilaku biasanya dipengaruhi oleh pola pikir atau mindset.

Lantas, apa itu pola pikir orang sukses? Pola pikir orang sukses adalah sekumpulan kepercayaan atau belief dan juga cara berpikir yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap atau tindakan individu dalam kehidupan sehari-hari yang mana dari segala apa yang dipikirkan dan dilakukan akan membawa seseorang pada level keberhasilan hidupnya.

Singkatnya, pola pikir orang sukses adalah kepercayaan yang membentuk pola pikir dengan keyakinan yang teguh serta pemahaman yang dalam tentang apa yang harus dilakukannya untuk bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Pola pikir orang sukses tidak hanya membantu individu untuk berpikir dan bertindak saja, namun segala pikiran dan tindakan mereka memang sudah terarah untuk menaiki tangga kesuksesan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Mindset Keuangan Agar Sukses Meraih Tujuan Keuangan 2021 02 - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Pola Pikir Seperti Pola Pikir Pengusaha SUKSES dan HEBAT]

 

Pengarahan pola pikir atau mindset yang benar akan membawa individu (atau pemiliknya) menuju jalan yang benar atau jalan tepat untuk menuju kesuksesan.

Pola pikir atau mindset yang benar dan lurus akan membentuk pribadi seseorang dalam menjadi individu yang tahu terhadap tujuan hidup mereka dengan jelas dan terarah.

Lalu, apa itu “Mengatur Keuangan”? Mengatur keuangan adalah suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan keuangan pribadi tentang bagaimana mengelola aset, pendapatan pribadi dan mengatur pengeluaran uang selama beberapa waktu yang telah ditentukan.

Ada cara sederhana yang dapat kita coba untuk mengatur pengeluaran uang setiap bulan seperti berikut ini:

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

#1 Kontrol Diri

Sudah merasa kalau kita boros? Hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengontrol diri atas keuangan. Mungkin sekarang kita belum mendapatkan sendiri.

Tetapi jika dari dini tidak bisa mengatur keuangan, bisa-bisa nanti saat sudah memiliki pendapatan setiap bulannya kita akan mengalami kesulitan bahkan mempunyai masalah keuangan.

 

#2 Tidak Perlu Meningkatkan Gaya Hidup

Sungguh memang sulit membuat aturan ini, tetapi kalau kita mempunyai niat dan kemauan hal ini pasti bisa dijalani. Jangan hanya karena orang lain bisa belanja setiap weekend, kita ingin seperti mereka padahal pendapatan belum stabil.

 

#3 Don’t Buy Everything You See

Uang di tangan membuat rasa ingin membeli apapun yang dilihat sewaktu jalan-jalan ke mall.

Sebelum mengeluarkan uang untuk membeli ini itu, pikirkan kembali apakah sesuatu yang mau kita beli benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan semata. Jangan sampai hanya lapar mata saja.

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

#4 Musuh Terbesar Anda adalah Diri Sendiri

Seleb idola bakalan manggung akhir tahun ini? Nabung atau belanja, ya? Ini yang menjadi pilihan sulit buat kita. Tetapi ingat musuh terbesar dalam hidup adalah diri sendiri.

Jadi kendalikan diri mengeluarkan uang untuk hal yang belum tentu penting, hingga membatalkan rencana awal kita untuk menabung.

 

#5 Jangan Biarkan Orang lain Mengubah Pikiran Kita

Jika kita sudah bisa mengelola keuangan dengan baik dan lebih suka menyimpan uang daripada menghabiskan, jangan biarkan orang lain mengubah pola pikir kita.

Banyak orang dewasa yang tidak memiliki pengelolaan uang dengan baik sampai ia tua. Jadi kita harus bangga dengan kebiasaan ini dan jangan biarkan orang lain mempengaruhi untuk melakukan sebuah keputusan yang buruk.

 

Pola Pikir Orang Sukses dalam Mengatur Keuangan

Apabila kamu ingin menjadi seseorang yang sukses dalam karier, yang pertama dan paling utama adalah kita harus mengontrol POLA PIKIR kita dengan sangat baik, terutama pola pikir atau mindset yang berhubungan dengan “uang”. Mengapa harus uang?

Karena salah satu tujuan kita dalam bekerja dan meraih kesuksesan pasti untuk mendapatkan sejumlah uang yang kita inginkan. Percaya atau tidak, uang menjadi salah satu faktor terkuat untuk seseorang meraih kesuksesan.

Nah kali ini, kita akan membahas tentang pola pikir orang sukses dalam mengatur keuangannya. Terutama tentang bagaimana mereka menganggap uang, apakah uang adalah sesuatu yang harus dihabiskan atau sesuatu yang harus disimpan?

Mindset Keuangan Agar Sukses Meraih Tujuan Keuangan 2021 03 - Finansialku

[Baca Juga: PASTI SUKSES! Yuk Coba 10 Pola Pikir Pengusaha Sukses Berikut!]

 

Artikel ini akan membahas pola pikir orang sukses dalam mengatur keuangan, yang mana pola pikir atau mindset tersebut telah berhasil membawa mereka menjadi orang yang sukses di dalam kariernya.

Menurut ClassyCareerGirl.com, ada 5 pola pikir orang sukses yang harus kita contoh dan terapkan dalam mengatur keuangan. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

 

#1 Berpikirlah bahwa “Saya adalah Seorang Wirausaha”

Pola pikir orang sukses yang paling pertama perlu kita miliki adalah menganggap bahwa diri kita adalah seorang wirausaha atau entrepreneur. Meskipun kenyataannya bukan, tidak masalah.

Tapi, pola pikir atau mindset seperti ini penting sekali untuk kita miliki. Mari kita bermain berandai-andai tapi benar-benar seperti melakukannya.

Supaya kita bisa meraih karier yang sukses, pandang diri kita sebagai seorang wirausaha, entrepreneur atau pengusaha. Misalnya, kamu memandang dirimu adalah seorang CEO dari sebuah perusahaan dengan memiliki satu karyawan.

Satu karyawan tersebut adalah diri KAMU SENDIRI. Sebagai seorang CEO, kita perlu bertanggung jawab atas hidup karyawan kita, yaitu diri sendiri.

Mulai dari pengeluaran uang dan pemasukan uang dari karyawan tersebut harus kita tanggung, jamin dan diatur dengan sebaik mungkin.

Ketika kita menjadi CEO untuk karier diri kita sendiri, secara otomatis kita tidak akan menjadi seorang yang bergantung dengan orang lain. Kita akan selalu berusaha untuk bekerja keras mengejar kesuksesan yang kita inginkan.

Dengan begitu, kita akan sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang pribadi, karena kita akan menganggap itu adalah uang perusahaan saya sekarang. Saya adalah CEO dari suatu perusahaan yang tidak boleh sembarangan dalam mengeluarkan uang, apalagi untuk hal-hal yang tidak penting.

 

#2 Berpikirlah bahwa “Saya Layak Mendapatkan Gaji Impian Saya”

Pola pikir orang sukses yang kedua yang sangat tidak boleh diremehkan adalah percaya dan yakin bahwa kita semua layak mendapatkan gaji impian yang kita inginkan.

Sebutkan saja di dalam hati dan pikiran kita, kira-kira berapa? Rp 5 juta? Rp 10 juta? Rp 25 juta? Atau bahkan Rp 50 juta per bulan?

Kalau itu dirasa masih sedikit, mungkin kita bisa berpikir bahwa Rp 100 juta per bulan adalah gaji impian yang akan saya dapatkan.

Jadikan langit sebagai batasnya, tidak ada yang bisa melarang impian dan pola pikir kita dalam hal ini karena pola pikir orang sukses memang tidak pernah menginginkan hal-hal yang kecil.

Setelah menetapkan nominal gaji impian kita, sekarang kita harus mencari tahu lebih dalam tentang apa yang membedakan kita dengan orang-orang yang menerima gaji impian kita. Katakanlah gaji impian saya adalah Rp 60 juta per bulan.

Saya mulai mencari tahu apa yang membuat kerabat saya memiliki gaji yang serupa setiap bulannya. Ternyata dia adalah seorang karyawan dengan memiliki dua bisnis. Satu bisnis Warteg satu lagi bisnis online.

Sekarang saya sudah tahu apa yang dia lakukan untuk mendapatkan penghasilan seperti demikian.

Sekarang, cara mengatur keuangan yang baik untuk diri saya adalah berhemat, berinvestasi lebih dan menabung lebih untuk mengumpulkan modal dan membangun dua bisnis seperti kerabat saya.

 

#3 Berpikirlah bahwa “Saya sangat Cinta Memberi kepada Sesama, Saya Peduli dengan Orang-orang yang Kurang Beruntung.”

Siapa bilang kalau menjadi kaya itu akan lupa dengan sesama? No! justru mereka yang benar-benar sukses adalah orang-orang yang kaya, sukses, namun tidak lupa untuk tetap memberi kepada sesama.

Orang yang sukses, kaya dan dermawan kepada orang lain adalah orang-orang yang sangat menakjubkan.

Pola pikir orang sukses memang akan mengajarkan kita untuk bijak dalam mengatur keuangan, namun bukan berarti kita harus bersikap pelit dalam berbagi dengan orang lain.

Coba untuk selalu alokasikankan 2,5% dari penghasilan yang kita miliki kepada orang-orang yang kurang beruntung (yang sangat membutuhkan).

Memberilah tanpa mengharap pengembalian apapun dari mereka. Percayalah bahwa dengan memberi, kesuksesan kita justru akan semakin dekat.

 

#4 Berpikirlah bahwa “Utang adalah Musuh Terbesar dalam Hidup Saya”

Pola pikir orang sukses yang keempat adalah anti-berutang. Mereka adalah orang-orang yang anti berutang, apalagi jika harus memaksakan diri berutang hanya demi membeli barang-barang yang tidak penting.

No way! Mereka tidak akan pernah melakukan hal seperti itu di dalam hidup.

Orang sukses akan mengatur keuangan mereka dengan membayar utang-utang yang dimilikinya sekarang. Tujuannya agar utang-utang yang ada tidak memiliki kendali apapun pada karier mereka.

Tanpa berutang, pendapatan yang mereka dapatkan murni menjadi pendapatan bersih yang dapat mereka pergunakan untuk berinvestasi, menabung, dan lain sebagainya.

Pendapatan yang masuk bukan untuk gali lobang tutup lobang atau untuk membayar tagihan-tagihan utang yang ada. Ya! bagi orang-orang sukses, tidak ada utang sama dengan kebahagiaan finansial.

 

#5 Berpikirlah bahwa “Semua Hal Bisa Dinegosiasikan”

Pola pikir orang sukses yang kelima adalah percaya dan yakin bahwa segala hal di dunia ini PASTI bisa dinegosiasi.

Orang-orang sukses tidak akan pernah menganggap diri mereka rendah atau tidak berkualitas. Mereka tahu bagaimana kelebihan yang mereka miliki layak untuk mendapatkan hal-hal lebih yang mereka inginkan.

Jangan takut untuk bernegosiasi, entah itu dalam hal kenaikan gaji, promosi jabatan, mengajukan proposal bisnis atau sekedar meminta diskon pada butik baju langganan kita.

Kita harus selalu berusaha untuk bernegosiasi karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita dapatkan dari hasil negosiasi tersebut.

 

Manfaatkan Teknologi di Sekitar Anda

Kecanggihan teknologi saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Segala hal berbasis teknologi bisa Anda temukan dengan mudah di manapun, dan aksesnya pun juga bisa dilakukan kapanpun Anda mau.

Salah satu cara kekinian yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pengelola finansial.

Sudah banyak aplikasi-aplikasi finansial yang berfungsi untuk mencatat dan menghitung keuangan Anda secara otomatis, tentu saja ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur finansial bulanan Anda.

Dengan memanfaatkan teknologi masa kini, Anda tidak akan kesulitan untuk mengatur kebutuhan finansial Anda, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

 

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan informasi di atas.

Tuliskan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Manfaatkan layanan konsultasi gratis dengan Perencana Keuangan Profesional Finansialku yang siap menolong Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Andreas Hartono, CFP. Mindset Keuangan Yang Sehat. Mengelolakeuangan.com – https://bit.ly/2KVsHQ0
  • Sya’bandani Maeleva. Mindset Yang Baik Dalam Mengatur Keuangan. Bebaspedia.com – https://bit.ly/2WHUPZu
  • 12 April 2018. Mindset Keuangan “Jaman Now” yang Bisa Membuat Anda Menjadi KAYA! Kspmwm.wordpress.com – https://bit.ly/3hd6J6Z
  • Studi Ilmu. 5 Pola Pikir Orang Sukses dalam Mengatur Keuangan. Studilmu.com – https://bit.ly/3pkH7rD
  • Nimas Des Aristanti. 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda. Koinworks.com – https://bit.ly/3mEatj2
  • Audirza Meitsari. 23 November 2014. Yuk Mengubah Mindset Keuangan Kita. https://bit.ly/3pjnUXf

 

Sumber Gambar:

  • Mindset Keuangan 01 – https://bit.ly/3rG9ouI
  • Mindset Keuangan 02 – https://bit.ly/38RfK1B
  • Mindset Keuangan 03 – https://bit.ly/3rAWZrU