facebook_pixel

Jangan Takut Dulu! Ini Penyelesaian dan Solusi Jika Tidak Bisa Bayar Hutang

“Saya memiliki hutang yang terus bertambah hingga puluhan juta rupiah, dan saya tidak bisa bayar hutang tersebut. Apa yang harus saya lakukan?” Jika Anda tidak melakukan perhitungan dan analisa yang tepat, maka sangatlah mudah untuk terjerumus dalam tumpukan hutang. Jika Anda juga mengalami hal yang serupa, jangan takut dulu! Mari kita lihat penyelesaian dan solusi berikut jika tidak bisa bayar hutang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Jika Tidak Bisa Bayar Hutang?

Setiap orang berhak mengajukan pinjaman, selama sudah melakukan perhitungan dan analisis yang matang. Dengan kata lain, perlu sikap tanggung jawab untuk mengajukan pinjaman sehingga tidak terjerat hutang. Tetapi kerap kali, debitur tidak memikirkan risiko jangka panjang dari sebuah pinjaman, yakni jeratan hutang yang bertumpuk.

Jangan Takut Dulu! Ini Penyelesaian dan Solusi Jika Tidak Bisa Bayar Hutang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini? Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3]

 

Lalu bagaimanakah jika Anda melakukan kesalahan yang sama? Solusinya bukanlah dengan depresi dan bunuh diri, karena setiap hutang bisa diselesaikan dengan cara yang tepat. Caranya mudah, Anda harus lebih bertanggung jawab akan pinjaman yang Anda ajukan.

Dengan meminjam uang, maka harus ada komitmen untuk mengembalikannya seberat apapun itu. Untuk lebih jelasnya, Finansialku mengajak Anda melihat penyelesaian dan solusi jika tidak bisa bayar hutang.

 

Masalah Keuangan Serius akibat Hutang

Hutang merupakan sebuah keputusan yang mempengaruhi seluruh kondisi keuangan Anda. Dengan memutuskan untuk mengajukan pinjaman, maka secara otomatis muncul pengeluaran atau kewajiban baru yakni cicilan hutang.

Sayangnya banyak yang mengajukan pinjaman bukan di balik pertimbangan yang matang, melainkan karena situasi yang mendesak. Akibatnya debitur tidak mempertimbangkan kemampuan finansialnya yang berujung pada gagal bayar.

Gagal bayar dapat mengakibatkan dampak negatif bagi debitur, baik dari segi finansial maupun emosional. Debitur bisa saja menjadi stres, depresi, bahkan putus asa.

Praktikkan Sekarang Juga! 29 Cara Melunasi Hutang Seperti Saran Dave Ramsey 01 - Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan Sekarang Juga! 29 Cara Melunasi Hutang Seperti Saran Dave Ramsey]

 

Selain efek buruk bagi kejiwaan, beberapa dampak negatif dari tumpukan hutang adalah sebagai berikut:

  1. Adanya tambahan biaya berupa denda
  2. Adanya tambahan biaya berupa bunga yang semakin menumpuk
  3. Adanya tunggakan hutang yang tercatat pada Sistem Informasi Debitur (SID) mengakibatkan rusaknya riwayat kredit Anda
  4. Gangguan aktivitas karena munculnya penagihan oleh pihak kreditur yang berulang-ulang
  5. Hutang yang semakin tinggi akibat banyaknya tambahan biaya yang muncul
  6. Munculnya risiko akan penyitaan aset berharga pada jenis produk pinjaman tertentu

 

Intinya adalah hutang tidak akan berujung baik bagi Anda. Namun bukan berarti tidak ada penyelesaiannya. Oleh karena itu, jangan takut dulu jika Anda mengalami hal yang serupa, berikut solusi jika tidak bisa bayar hutang versi Finansialku.

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#1 Utamakan Masalah Hutang

Jika Anda memiliki hutang yang sudah sangat banyak, besar kemungkinan Anda menjadi putus asa dan berhenti memikirkannya. Namun dengan mengabaikannya, hutang tidak akan selesai. Anda perlu mengutamakannya dan mencari cara lain untuk menyelesaikannya.

Selalu hadapi masalah hutang dengan penuh tanggung jawab, dan jangan pernah mengabaikannya. Dengan bertanggung jawab, Anda perlu merencanakan dan melakukan sebuah tindakan untuk menyelesaikannya.

Buatlah sebuah langkah penyelesaian yang aktif untuk menyelesaikan hutang dalam periode tertentu. Berdiam diri tidak akan pernah menyelesaikan masalah lho.

 

#2 Menenangkan Diri dan Berpikir Jernih

Saat menghadapi masalah, memang sewajarnya seseorang merasa stres dan depresi. Namun meratapi nasib dan stres berlebihan juga tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah.

Anda perlu menenangkan diri dan pikiran sehingga bisa berpikir dengan jernih. Hanya dengan pikiran jernih Anda bisa mencari solusi yang tepat dalam mengatasi tumpukan hutang tersebut.

 

#3 Evaluasi Kondisi Keuangan

Saat kondisi keuangan Anda terkena dampak hutang, maka kondisinya akan semakin memburuk. Di tengah keterpurukan itu, lakukanlah evaluasi keuangan untuk mengetahui letak kesalahannya.

Slide Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah Coba Praktikkan Cara Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah? Coba Praktikkan Cara Ini]

 

Selain menemukan kesalahan, Anda juga bisa menemukan celah keuangan yang sebenarnya bisa diperbaiki dan memperbaiki kondisi keuangan Anda sedikit demi sedikit.

 

#4 Berhemat dan Mencari Pemasukan Lebih

Seperti telah disebutkan sebelumnya, menyelesaikan masalah baru dapat terwujud jika disertai tindakan yang berarti. Salah satu cara aktif dalam melunasi hutang adalah dengan berhemat.

Anda bisa mencicil hutang lebih cepat jika memiliki uang lebih. Namun bagaimana jika semua cara penghematan sudah dicoba dan hutang tetap menumpuk?

Itulah pertanda Anda perlu mencari solusi lain, yakni memperoleh pemasukan lebih. Caranya bisa dengan mencari pekerjaan sampingan, bisnis online, menyalurkan hobi atau keahlian, menjadi freelance, dan sebagainya.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#5 Memperbaiki Anggaran Keuangan

Jika Anda terus menerus terjebak dalam tumpukan hutang, bisa jadi ada yang salah dengan anggaran keuangan Anda. Perhitungan yang salah mengakibatkan kurangnya uang untuk memenuhi kebutuhan, sehingga Anda terpaksa berhutang.

Untuk terbebas dari hutang, Anda perlu berhenti melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Cobalah untuk memperbaiki anggaran keuangan Anda.

Bagaimana Cara Melunasi Hutang Numpuk Setelah Lebaran Simak agar Anda Tetap Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Numpuk Setelah Lebaran? Simak agar Anda Tetap Sejahtera]

 

Kunci untuk membuat anggaran keuangan adalah anggaran harus dapat terlaksana dan terwujud, dengan kata lain hindari perencanaan di luar kemampuan finansial Anda. Sebagai contoh, jangan mengajukan cicilan mobil jika memang sejak awal Anda tidak yakin mampu membayar cicilannya.

Seperti pepatah orang tua kita, “Jangan pernah besar pasak daripada tiang” yang artinya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Pepatah yang sederhana tetapi sangatlah masuk akal dalam menghindari hutang.

 

#6 Melakukan Mediasi Perbankan

Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 8/5/PBI/2006 mengungkapkan bahwa Mediasi Perbankan dapat dilakukan untuk penyelesaian hutang atau kredit akibat kasus gagal bayar.

Jika Anda gagal berdiskusi dengan pihak pemberi pinjaman, maka sengketa dapat dibantu penyelesaiannya dengan menempatkan Bank Indonesia sebagai pihak netral yang akan menjadi penengah antara kreditur dan debitur.

Penyelesaian ini terpaksa dilakukan jika tidak ada kesepakatan yang diperoleh antara pihak kreditur dan debitur. Mediasi perbankan akan menjadi solusi akhir bagi kedua belah pihak. Namun mediasi perbankan tidak melulu bisa dilakukan lho.

Definisi Bank Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Pernikahan Masih Kurang, Terus Pakai KTA Saja. MIKIR!]

 

Mediasi tersebut baru bisa dilakukan jika memenuhi kriteria sebagai berikut ini:

  1. Nasabah (debitur) tidak puas dengan solusi hutang yang ditawarkan oleh bank (kreditur).
  2. Nilai yang disengketakan tidak melebihi Rp500.000.000.
  3. Belum pernah melakukan mediasi perbankan sebelumnya.
  4. Belum mencapai kesepakatan oleh proses mediasi lainnya, misalnya oleh Pusat Mediasi Nasional (PMN), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), dan lainnya.
  5. Masa pengaduan sengketa masih kurang dari 60 hari sejak disampaikan bank kepada nasabah (belum kadaluarsa).

 

Mengenal Mediasi Perbankan oleh Bank Indonesia Lebih Dalam

Jika Anda memenuhi beberapa kriteria yang telah disebutkan di atas, maka Anda bisa mencoba proses mediasi perbankan oleh Bank Indonesia. Pihak Bank Indonesia sebagai penengah yang netral sehingga akan memotivasi dan mengarahkan kedua belah pihak (kreditur dan debitur) untuk mencari penyelesaian.

Jika kesepakatan juga tidak tercapai, pihak Bank Indonesia akan memberi rekomendasi penyelesaian dan mengambil keputusan yang terbaik bagi kedua pihak yang bersengketa. Dengan kata lain, dicari keputusan yang bersifat win-win solution.

Berikut merupakan beberapa langkah yang biasanya ditempuh dalam mencapai keputusan terbaik bagi kedua belah pihak:

  1. Rescheduling: perubahan syarat atau perjanjian pinjaman seperti penjadwalan ulang jatuh tempo pelunasan kredit.
  2. Reconditioning: perubahan sebagian atau seluruh syarat dan ketentuan kredit yang tidak terkait dengan perubahan maksimal saldo kredit.
  3. Restructuring: proses penyelamatan kredit yang terpaksa dilakukan pihak kreditur dengan mengubah komposisi pembiayaan yang mendasari pemberian kredit.

 

Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

 

Apakah Anda tertarik melakukan proses mediasi perbankan ini? Jika iya, sebaiknya pahami dahulu prosedur pengajuannya agar tidak dirugikan nantinya. Adapun prosedur pengajuan sengketa untuk mediasi perbankan adalah sebagai berikut:

  1. Cek terlebih dahulu apakah sengketa memenuhi persyaratan yang telah disebutkan pada poin 6
  2. Mengajukan permohonan tertulis ke Departemen Investigasi dan Mediasi Perbankan sesuai format yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.
  3. Lengkapi dan sertakan dokumen pendukung, seperti:
    • Salinan surat hasil penyelesaian pengaduan yang diberikan pihak bank kepada Anda selaku nasabah
    • Salinan identitas diri
    • Surat Pernyataan bahwa sengketa belum pernah diproses di lembaga arbitrasi maupun pengadilan yang disahkan dengan meterai
  4. Mengikuti seluruh proses mediasi
  5. Mematuhi hasil keputusan mediasi

 

Namun benarkah proses ini memberi dampak yang baik bagi pihak debitur dan kreditur? Tentunya iya, cara mediasi perbankan ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Tidak dikenakan biaya alias gratis
  2. Dibutuhkan jangka waktu paling lama 60 hari sejak penandatanganan perjanjian meditasi
  3. Proses bersifat informal dan fleksibel

 

Perbaiki dan Hindari Lilitan Hutang di Masa Depan

Daripada terus meratapi nasib jika sudah terlanjur terjerat hutang, lebih baik Anda langsung aplikasikan 6 langkah menyelesaikan hutang tersebut. Jika Anda berhasil menyelesaikan hutang, jangan sampai deh terlilit hutang baru di masa depan.

Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Anda sudah pernah merasakannya, jangan sampai jatuh ke lubang yang sama berkali-kali. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Untuk mencegah lilitan hutang di masa depan, cobalah memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Hindari berhutang lebih dari 30% pendapatan
  2. Usahakan masa tenor pinjaman tidak terlalu panjang agar bunga yang dikenakan tidak semakin besar
  3. Cek seluruh biaya-biaya yang mungkin muncul (misal: biaya administrasi, biaya provisi, dan lain-lain)
  4. Cek dan ingatlah waktu pembayaran cicilan setiap bulan untuk menghindari telat bayar
  5. Pertimbangkan penggunaan asuransi untuk mengantisipasi risiko hutang jika Anda meninggal dunia
  6. Pikir kembali jika ingin mengajukan banyak kredit sekaligus
  7. Pertimbangkan penalti jika ingin melunasi kredit lebih cepat dari seharusnya
  8. Hindari melunasi hutang dengan mengajukan hutang baru alias gali lubang tutup lubang

 

Demikian solusi penyelesaian dan pencegahan hutang dari Finansialku. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai penyelesaian dan solusi jika tidak bisa bayar hutang lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Duit Pintar. 17 Februari 2015. Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya. Duitpintar.com – https://goo.gl/QXn1vK
  • Rizki Abadi. 11 Juli 2016. Tips Keuangan: 9 Strategi Jika Tak Bisa Membayar Utang. Cermati.com – https://goo.gl/mHeQVN

 

Sumber Gambar:

  • Tidak Bisa Bayar Hutang – https://goo.gl/7xvp7M
  • Terlilit Hutang – https://goo.gl/3V6Hg3

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-08-07T09:11:03+00:00 August 4th, 2017|Categories: Utang|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment