Ternyata begini cara mengatur keuangan di masa sulit buat para freelancer yang penghasilan tiap bulannya beda-beda!

Apa saja? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit untuk Freelancer?

Buat para freelancer, setiap bulan rasanya serupa naik permainan roller-coaster, karena perasaan dibuat tak menentu akibat jumlah ‘gaji’ yang didapatkan setiap bulan.

Ada kalanya para freelancer dapat penghasilan lebih banyak, ada juga ketika pendapatan freelancer bahkan tidak bisa menutupi kebutuhan bulanan.

Saya rasa, ini menjadi masalah mendasar bagi para freelancer, oleh karena itu, di artikel kali ini, saya bermaksud untuk memberikan cara mengatur keuangan di masa sulit untuk freelancer. Ini dia caranya!

Freelancer, Ini Cara Mengatur Keuangan di Masa Sulit. Sudah Tahu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pandai Mengatur Keuangan Biar Freelancer Bisa Bertahan Hidup]

 

#1 Menyesuaikan Dengan Pengeluaran Bulanan

Cara mengatur keuangan untuk para freelancer yang pertama adalah, menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran bulanan.

Apa maksudnya?

Sobat Finansialku bisa mengusahakan untuk mendapatkan pendapatan setidaknya sesuai dengan pengeluaran per bulan.

Misalnya, pengeluaran per bulan Sobat Finansialku adalah Rp 5 juta. Maka, usahakanlah untuk setidaknya bekerja sampai pemasukan mencapai angka Rp 5 juta, agar tidak kesulitan dalam memenuhi kewajiban bulanan.

Kalau misalnya dalam satu bulan, teman-teman bisa menghasilkan lebih dari Rp 5 juta, maka segera simpan di investasi atau jadikan uang tambahan untuk dana darurat

Karena, kebanyakan dari kita justru malah meningkatkan jumlah pengeluaran saat punya penghasilan yang lebih tinggi dari biasanya.

Ini yang sebenarnya harus kita waspadai, karena bisa membuat kita lupa diri dan kesulitan untuk memenuhi kewajiban di bulan-bulan selanjutnya, manakala sedang tidak ada banyak proyek yang datang.

 

#2 Akselerasi Sumber Pendapatan Lain

Jika di bulan tersebut permintaan proyek sedang surut, Sobat Finansialku juga bisa mempertimbangkan untuk mengakselerasi sumber pendapatan lain.

Pendapatan lain ini misalnya bisnis sampingan, return investasi, atau pendapatan pasif lainnya.

 

#3 Jangan Lupakan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan di masa sulit yang terakhir adalah siapkan dana darurat. Tidak bosan saya mengingatkan Sobat Finansialku untuk mulai mengumpulkan dana darurat, karena punya andil yang penting ketika nantinya dihadapkan pada keadaan-keadaan darurat.

Sebagaimana kita ketahui, tidak semua orang punya keberuntungan yang sama dalam berbisnis. Saya yakin ada punya beberapa freelancer yang bergantung pada satu pekerjaan saja.

Jika berada dalam keadaan darurat, di mana penghasilan sedang menurun, maka satu-satunya yang bisa menyelamatkan kita dari kebangkrutan adalah dana darurat.

Bukan cuma menyelamatkan dari kebangkrutan, dana darurat juga menyelamatkan kita dari jebakan utang yang sangat membahayakan.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Bijak Sikapi Uang

Bijak menyikapi uang adalah kuncinya. Ini bukan hanya berlaku buat para freelancer saja, tapi juga untuk semua orang.

Karena, percuma saja kalau kita punya penghasilan yang besar tapi tidak bisa menyikapi uang dengan bijak, setuju?Oleh karena itu, mulailah untuk membenahi kebiasaan keuangan yang buruk.

Kalau dirasa tidak tahu harus mulai dari mana, Sobat Finansialku bisa mulai melakukan Financial Check Up untuk mengetahui kondisi keuangan teman-teman yang sebenarnya lewat aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Setelah mendapatkan hasilnya, teman-teman bisa melakukan konsultasi langsung bersama saya di mana pun dan kapan pun secara EKSKLUSIF lewat fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi yang sama, lho!

Untuk bisa menikmati fitur ini, teman-teman hanya perlu berlangganan akun premium Rp 350 ribu untuk 365 hari alias SATU TAHUN PENUH! Ini sama dengan Sobat Finansialku membayar seribu per hari. Murah, ‘kan? Jadi, yuk, unduh aplikasinya dan konsultasi bersama saya sekarang!

 

Itu dia beberapa cara mengatur keuangan di masa sulit untuk para Freelancer. Apakah teman-teman freelancer lainnya punya tips atau pengalaman yang bisa dibagikan? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan juga informasi ini kepada teman-teman atau saudaramu lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini agar mereka juga tahu, ya!

 

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer 1 – http://bit.ly/3jdRoE7
  • Freelancer 2 – http://bit.ly/3oGaCDt