Biaya kuliah kedokteran adalah salah satu hal yang paling sering menjadi halangan bagi seorang anak untuk mendapatkan kuliah kedokteran. Kurangnya perencanaan dan persiapan dalam keuangan serta semakin mahalnya biaya kuliah kedokteran, membuat orangtua jadi sulit untuk mengkuliahkan anaknya yang ingin masuk kuliah kedokteran.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas, berapakah biaya kuliah kedokteran sekarang dan berapa yang harus dipersiapkan agar anak bisa masuk kuliah kedokteran?

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Biaya Kuliah Kedokteran

Ketika Anda sebagai orangtua ingin mengkuliahkan anak Anda di program kuliah kedokteran, biasanya yang menjadi pilihan pertama adalah Fakultas Kedokteran dari Universitas Indonesia (UI). Oleh karena ini, saya akan memberi contoh untuk biaya kuliah kedokteran di Universitas Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengkuliahkan anak Anda di Fakultas Kedokteran UI, ternyata biaya kuliahnya tidak semahal yang Anda bayangkan, karena semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sejak tahun ajaran 2013/2014.

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Yang menjadi ciri khas Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah:

  • Calon mahasiswa sudah tidak lagi membayar Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) di semua jurusan PTN di Indonesia.
  • Sistem pembayaran ditetapkan besarannya per semester oleh jurusan masing-masing, jadi pembayaran Sistem Kredit Semester (SKS) sudah tidak berlaku lagi.
  • UKT diberlakukan oleh PTN karena KEMENDIKBUD memberikan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) melalui DIKTI.

 

Beberapa pilihan program yang ada di Fakultas Kedokteran UI yaitu Sarjana (S1), Profesi Dokter (dr.), Dokter Spesialis 1 (Sp-1), Dokter Spesialis 2 (Sp-2 / konsultan). Magister (S2), dan Doktor (S3).

Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan]

 

Berikut uang kuliah kedokteran di Universitas Indonesia.

#1 Sarjana Reguler

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 03a - Finansialku

 

#2 Sarjana Non Reguler

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 04a - Finansialku

Keterangan:

  • BOP = Biaya Operasional Pendidikan
  • BOP-B = Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan
  • TF = Tuition Fee
  • AF = Admission Fee
  • DP = Dana Pengembangan
  • DPP = Dana Penunjang Pendidikan

Untuk biaya kuliah dan informasi tentang program Magister, Doktor dan Spesialis dapat Anda lihat selengkapnya di sini.

 

Dari data diatas, jika Anda ingin menyekolahkan anak Anda di kuliah kedokteran Universitas Indonesia, maka Anda cukup membayar Uang Kuliah Tunggal setiap semesternya sebesar Rp7,5 juta setiap semester (mengikuti BOP maksimal kelas 4).

Kuliah Kedokteran biasanya akan lulus dalam 5 tahun (termasuk dengan biaya profesi), jadi total biayanya Rp7,5 juta x 10 semester = Rp75 juta.

Tentu saja biaya ini sangat murah sekali dibandingkan dengan beberapa universitas lainnya, apalagi universitas swasta yang harus membayar uang pangkal dan uang sks yang begitu banyak.

Dibawah ini adalah uang kuliah kedokteran di salah satu universitas swasta.

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 05a - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Pada nomor urut 17, jumlah uang kuliah kedokteran sampai lulus diperkirakan sebesar Rp443.875.000. Sangat berbeda jauh dari uang kuliah kedokteran UI yang hanya Rp75 juta. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah anak Anda akan berkuliah di UI atau di universitas lainnya, selain UI?

 

Disclaimer: penyebutan nama dan merek universitas hanya bertujuan untuk memberi edukasi kepada para pembaca, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Merencanakan Pendidikan Anak untuk Kuliah Kedokteran

Setelah kita mengetahui data diatas, yang paling penting adalah menyesuaikan biaya tersebut dengan kebutuhan biaya anak Anda. Mengapa? Karena biaya diatas adalah apabila anak Anda masuk kuliah kedokteran di tahun ini juga, tahun 2017.

Lalu bagaimana jika, kita ambil contoh anak Anda masih berusia 2 tahun? Tentu saja biayanya akan berbeda, karena setiap tahunnya biaya pendidikan akan naik sesuai inflasi.

Dana Pendidikan Anak, Bagaimana Cara Membiayainya - Perencana Keuangan Independen Finansialku
[Baca Juga: Segera Mulai Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak Anda]

 

Untuk menghitung kenaikan biaya pendidikan dalam X tahun kedepan, dalam hal ini berarti 16 tahun (18 tahun – usia anak) ke depan, kita dapat menggunakan rumus time value of money atau lebih mudahnya kita dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

 

Contoh perhitungan biaya yang dibutuhkan saat kuliah kedokteran jika anak Anda sekarang berusia 2 tahun dan akan kuliah di UI:

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 06a - Finansialku

[Baca Juga: Menghitung Biaya Pendidikan Anak]

 

Dari perhitungan aplikasi di atas, maka dana Rp75 juta akan berkembang menjadi Rp344.623.310 setelah 16 tahun dengan tingkat inflasi pendidikan 10% setiap tahunnya. Dan Anda dapat mendapatkan dana tersebut dengan menabung sebesar Rp592.770 per bulan ke instrumen investasi dengan hasil 12% setiap tahun.

Yang berikut adalah contoh perhitungan biaya yang dibutuhkan saat kuliah kedokteran jika anak Anda sekarang berusia 2 tahun dan akan kuliah di Universitas Swasta:

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 07a - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Dari perhitungan aplikasi, maka dana Rp443.875.000 akan berkembang menjadi Rp2 milyar setelah 16 tahun dengan tingkat inflasi pendidikan 10% setiap tahunnya. Dan Anda dapat menabung sebesar Rp3,5 juta setiap bulannya dengan tingkat hasil investasi 12% setiap tahunnya untuk menyiapkan dana tersebut.

 

Direncanakan Akan Jauh Lebih Baik

Memang biaya kuliah kedokteran tergolong lebih mahal dibandingkan biaya kuliah fakultas atau jurusan lainnya, tetapi biaya tersebut sebenarnya bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai.

Yang terpenting adalah adanya perencanaan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak pada saat kuliah nanti.

Dengan merencanakan maka pada saat anak tersebut ingin kuliah, dana tersebut akan sudah tersedia atau mendekati angka yang sesungguhnya, Anda hanya perlu menambahkan sedikit lagi.

Jika tidak direncanakan, maka dalam jangka waktu yang singkat, Anda harus menyiapkan dana begitu besar. Pertanyaannya adalah uang dari mana?

 

Apakah anak Anda adalah salah satu anak yang mempunyai cita-cita untuk menjadi dokter? Bantu anak Anda mencapai cita-citanya dengan merencanakan dana pendidikannya. Tuliskan pertanyaan dan opini Anda di kolom komentar. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Oktober 2016. Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran UI 2017/2018. Biayakuliah.web.id – https://goo.gl/CFyaSR
  • Admin. 11 Maret 2013. Sudah Tau Tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT)? Meandbiology.wordpress.com – https://goo.gl/PHlgUQ

 

Sumber Gambar:

  • PMB – https://goo.gl/l003yK
  • Mahasiswa – https://goo.gl/B5cgAJ