Anak-anak mulai sekolah, rekomendasi asuransi pendidikan apa yang bagus untuk mengamankan dana pendidikan buah hati hingga pendidikan tinggi?

Banyak orangtua yang masih bingung saat memilih asuransi dana pendidikan, dan akhirnya gagal meraih tujuannya.

Agar Anda juga tidak terjerumus dalam kekeliruan, yuk simak 6 rekomendasi asuransi pendidikan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kisah Kami dalam Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Dalam kondisi perekonomian saat ini, penting bagi calon orang tua untuk merencanakan kebutuhan pendidikan bagi sang buah hati agar tidak kesulitan nantinya.

Seperti yang telah Anda ketahui, kini biaya pendidikan menjadi hal yang mahal. Tak jarang orang tua berutang demi membiayai pendidikan anaknya.

Bahkan di Amerika, utang uang sekolah sudah menjadi utang konsumen tertinggi kedua setelah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Utang ini sudah semakin besar pada tahun 2017 sehingga pantas dikategorikan sebagai suatu masalah serius yang semakin lama semakin buruk.

Tidak percaya? Simak pembahasannya dalam artikel berikut ini:

6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan yang Menguntungkan! 02

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Saya dan pasangan mulai memikirkan dana pendidikan setelah membaca artikel tersebut.

Bahkan sebelum menikah, kami buru-buru menghitung berapa biaya mengandung dan melahirkan, hingga berapa dana pendidikan yang dibutuhkan demi buah hati kesayangan kami.

Kami mulai berhitung dari dasar pendidikannya, yakni play group. Karena tentunya pendidikan inilah yang paling dekat jangka waktunya. Kemudian dilanjutkan hingga SD, SMP, SMA, dan Universitas.

Dalam perhitungannya, kami menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan fitur yang lengkap, Anda bisa menghitung berapa banyak uang yang harus dialokasikan setiap periodenya demi mencapai dana pendidikan yang dituju.

Hanya dengan mengisi beberapa poin dan klik “Hitung”, Anda bisa langsung menerima hasil perhitungannya. Praktis sekali bukan?

Jika Anda juga mau menghitung alokasi dana pendidikan dengan mudah, Anda bisa download aplikasinya secara gratis di Google Play Store.

Selain Kelebihan, Yuk Cek Juga 5 Kekurangan Asuransi Pendidikan 02 Asuransi Pendidikan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Nah, setelah mengestimasikan nilainya, muncul kebingungan selanjutnya. Kami mulai mencari-cari instrumen investasi yang sesuai.

Tapi tidak lama, kami mendengar dari teman-teman bahwa penting untuk menggunakan asuransi pendidikan anak untuk antisipasi risiko.

Loh, memang apa gunanya sih asuransi pendidikan ini? Di tengah kebingungan ini saya mencoba mencari berbagai informasi terkait hal ini dan saya ingin turut membagikannya kepada Anda semua:

 

Asuransi Pendidikan Anak

Produk ini merupakan bagian dari asuransi unit link. Melansir dari Kompas.com, asuransi unit link ini merupakan asuransi dengan dua kantong, kantong untuk proteksi dan kantung investasi.

Uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada reksa dana dalam bentuk unit link.

Karena produk ini bukan keluaran bank (melainkan produk keluaran perusahaan asuransi), maka tidak ada penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Lalu kenapa banyak bank yang menawarkan produk asuransi pendidikan anak ini? Jawabannya adalah bank semata-mata hanya berperan sebagai agen penjual unit link dan tidak bertanggung jawab apa pun kepada nasabah.

Jadi, asuransi pendidikan merupakan kombinasi antara investasi dan asuransi jiwa berjangka.

Umumnya, sistem kerjanya yaitu menghimpun dana dari nasabah dan memanfaatkan saldo tabungan tersebut sebagai jaminan atas pendidikan anak kelak.

Sebagai contohnya, saat anak masuk TK, SD, SMP, SMA atau Perguruan Tinggi, pihak asuransi akan mengeluarkan sejumlah uang yang diambil dari saldo tabungan Anda sendiri untuk membiayai keperluan pendidikan tersebut.

Kemudian, apabila pihak orang tua tersebut meninggal dunia, maka tabungan akan otomatis disetorkan sehingga biaya pendidikan tetap bisa dijamin.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

Kesimpulannya, beberapa fitur utama dari asuransi pendidikan anak adalah sebagai berikut:

  • Digunakan untuk kebutuhan dana pendidikan jangka panjang, umumnya jangka waktu berkisar 10 tahun.
  • Termasuk produk asuransi sehingga memiliki banyak manfaat proteksi, tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi jiwa, tetapi juga asuransi kesehatan. Artinya apabila terjadi resiko sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit, maka biaya rumah sakit juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  • Bunga yang diberikan jauh lebih besar dari pada tabungan pendidikan yaitu berkisar 15% hingga 23% per tahunnya.
  • Adanya perlindungan apabila setoran premi asuransi terhenti sementara pihak anak belum mendapatkan dana pendidikannya secara utuh. Dimana pihak perusahaan asuransi akan menjamin dana pendidikan agar tetap diberikan. (mirip asuransi jiwa)

 

Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak

Beberapa kelebihan asuransi pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Ada potensi tingkat keuntungan yang meningkat atau bertambah
  • Adanya kesempatan untuk melipatgandakan simpanan
  • Adanya manfaat perlindungan risiko

 

Kelemahan Asuransi Pendidikan Anak

Sedangkan kelemahan dari produk yang satu ini antara lain sebagai berikut:

  • Tingkat keuntungan yang Anda dapatkan tidaklah tetap (Hal tersebut dipengaruhi oleh kinerja investasi dan risiko investasi)
  • Adanya risiko tabungan berkurang

 

6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan Anak

Sebelum mengambil keputusan untuk memilih asuransi pendidikan anak, saya dan suami tentunya mencari tahu beberapa asuransi pendidikan yang reliable dan sudah dipercaya banyak orang.

Disini kami ingin membagikan 6 rekomendasi asuransi pendidikan anak bagi Anda:

 

#1 Manulife

Tahukah Anda? Salah satu produk yang ditawarkan Manulife adalah Manulife Education Protector. Produk ini merupakan produk asuransi pendidikan yang jenisnya unit link.

Artinya, produk ini bukan hanya memastikan masa depan anak saja, tetapi juga berinvestasi di produk-produk investasi Manulife, seperti Manulife Dana Pasar Uang, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Ekuitas Syariah, dan masih banyak lagi.

Pemegang produk asuransi ini bisa melalui orang tua atau anak. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Orang tua: usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 50 tahun.
  • Anak: minimal 30 hari maksimal 10 tahun.

 

Adapun masa pertanggungannya berlaku hingga tertanggung berusia 70 tahun. Masa pembayaran preminya fleksibel bisa 5 tahun dan 10 tahun disesuaikan dengan rencana pendidikan dan usia masuk anak.

Manulife juga menyediakan asuransi pendidikan jenis dwiguna, yaitu ProGraduate.

6 Rekomendasi Asuransi Pendidikan yang Menguntungkan! 03

[Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential]

 

Program ini memberikan manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan yang dibayarkan pada usia 18-23 tahun dan memberikan perlindungan jiwa kepada orang tua sebagai pihak tertanggung.

Dengan metode pembayaran premi yang fleksibel, bisa tahunan, semesteran, kuartalan, atau bulanan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Manulife, Anda dapat langsung mengunjungi website resminya di www.manulife-indonesia.com.

 

#2 BCA

Melansir dari Kompas.com, BCA baru saja mengeluarkan produk asuransi pendidikan bernama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan). Produk ini merupakan hasil kerja sama BCA dengan perusahaan asuransi asal Hong Kong.

EduPlan merupakan produk asuransi dwiguna yang dapat membantu para orang tua mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan sang buah hati. Pembayaran premi bisa dilakukan 3, 10, hingga 15 tahun.

Manfaat pendidikan yang dijamin sebesar 200 persen dari uang pertanggungan ketika anak berusia 18 sampai 21 tahun. Keuntungannya lainnya adalah berkesempatan untuk mendapatkan bonus tahunan dan bonus akhir polis.

 

#3 BRI

Rekomendasi asuransi pendidikan ketiga yaitu hasil kerja sama asuransi pendidikan BRI dengan Sequis yang siap memberikan jaminan dana pendidikan dan keselamatan jiwa.

Melansir dari website resminya Sequis, pihak tertanggung cukup membayar premi selama 8 tahun dan dapat menikmati asuransi hingga 18 tahun.

Apabila tertanggung mengalami kematian dan kecelakaan maka ia akan mendapatkan uang sebesar 150 persen dari uang pertanggungan. Sementara dana pendidikan yang didapat sebesar 150 persen dari uang pertanggungan.

Menarik sekali bukan?

 

#4 Mandiri

Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan salah satu produk asuransi andalan dalam asuransi pendidikan.

Sama seperti produk asuransi pendidikan lainnya, penentuan premi dan uang pertanggungannya juga fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun di samping fiturnya yang menguntungkan, Mandiri Sejahtera Cerdas juga memberikan keunggulan lain berupa loyalti bonus sebesar 1,5 persen di akhir tahun kelima.

Asuransi Pendidikan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Jenis Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita Milenial: Jenis, Contoh dan Manfaatnya]

 

Tak lupa pilihan dana investasi yang beragam sesuai dengan profil risiko yang diinginkan.

Jadi, produk ini bukan hanya menjaga kebutuhan masa depan pendidikan anak, tetapi juga bisa sebagai instrumen investasi bagi pihak orang tua.

Syaratnya untuk menjadi nasabah ini, pihak tertanggung harus berusia 17 tahun sampai 59 tahun dan anaknya harus berusia 0 sampai 15 tahun. Minimum preminya adalah Rp2.500.000 per tahun.

 

#5 BNI

BNI juga tak mau kalah dengan bank lain yang menyediakan asuransi pendidikan, BNI memiliki produk Solusi Pintar untuk asuransi pendidikannya.

Dalam Solusi Pintar, dana pendidikannya diberikan bertahap mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Besarannya SD 20 persen dari uang pertanggungan, SMP 30 persen, SMA 40 persen, dan perguruan tinggi 100 persen.

Jumlah uang pertanggungannya disepakati antara nasabah dengan BNI. Masa pembayaran preminya berkisar 9 tahun sampai 17 tahun. Maksimum sampai pihak tertanggung berusia 65 tahun.

 

#6 Prudential

PRUlink edu protection merupakan asuransi pendidikan andalan dari Prudential. Melansir dari website resminya, PRUlink edu protection menyediakan asuransi pendidikan dengan minimum premi Rp500.000 per bulan.

Asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu polis. Keuntungannya pun bisa didapatkan sampai anak berusia 18 sampai 25 tahun.

Bagaimana dengan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan Jika Anak Meninggal 01 - Finansialku

[Baca Juga: FinClass Reksa Dana : How To Make Profit And Double Your Income From Mutual Fund]

 

Masa perlindungannya adalah sampai pihak tertanggung meninggal dunia dengan batas usia 99 tahun dan cacat total sebelum berusia 70 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengecek situsnya di www.prudential.co.id.

 

Mana yang Anda Pilih?

Setelah Anda membaca artikel ini, tentunya Anda sudah memahami pentingnya asuransi pendidikan dalam perencanaan dana pendidikan serta 5+ rekomendasi asuransi pendidikan yang menguntungkan. Manakah yang menjadi pilihan Anda?

Jika masih masih bingung juga, jangan takut untuk bertanya kepada perencana keuangan Finansialku melalui fitur Tanya Jawab aplikasi Finansialku. Perencana keuangan kami selalu siap membantu Anda. Selamat mencoba!

 

BONUS : Dapatkan potongan Rp50 ribu untuk berlangganan PREMIUM aplikasi Finansialku dengan memasukkan kode promo POTONG50RIBU.

 

Nah, sekarang Anda tahu betapa pentingnya asuransi pendidikan dan beberapa rekomendasi asuransinya, bukan?

Namun ternyata, banyak orang lain, mungkin bahkan orang terdekat Anda yang tidak mengetahui informasi ini.

Oleh karena itu, yuk bagikan artikel ini pada rekan-rekan kenalan Anda hanya dengan klik salah satu ikon media sosial di bawah ini.

Siapa tahu, informasi Anda membawa sebuah perubahan besar bagi rekan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Hasto Prianggoro/Astrid Isnawati. 1 Februari 2012. 5 Pertanyaan tentang Dana Pendidikan. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2BV7Swa
  • Edu Bisnis. Cara Terbaik dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. Edubisnis.net – http://bit.ly/2q2Ppex
  • Okky Budi. 7 April 2019. Sayang Anak, Ini 6 Asuransi Pendidikan Terbaik dan Keuntungannya. Moneysmart – http://bit.ly/2WoYWsl

 

Sumber Gambar:

  • Rekomendasi Asuransi Pendidikan 01 – http://bit.ly/2q5gmhq
  • Rekomendasi Asuransi Pendidikan 02 – http://bit.ly/2Pv5Bjp
  • Rekomendasi Asuransi Pendidikan 03 – http://bit.ly/2BSHVxd

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang