Apakah kamu masih bertanya-tanya apa yang pertama kali harus dilakukan dalam mengatur keuangan dan mencapai resolusi 2020?

Apakah kamu masih bingung menentukan langkah pertama dalam mewujudkan resolusi kamu?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Caranya Mewujudkan Resolusi 2020?

Jika kamu merasa pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sangat mewakili kamu saat ini, maka kamu berada di artikel yang tepat untuk mengetahui bagaimana caranya kamu mengatur keuangan.

Sebelumnya, kamu perlu tahu mengapa mengatur keuangan menjadi sangat penting.

Saya yakin, kamu pasti memiliki impian atau mungkin resolusi awal tahun 2020. Di mana semua impian dan resolusi kamu pasti harus mulai kamu rencanakan.

Resolusi 2020_ Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatur Uang_ 2

[Baca Juga: Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya]

 

Namun banyak orang yang menganggap sepele impian dan resolusi, karena berpikir bahwa impian dan resolusi tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Padahal, saya yakin, saat kamu sudah merencanakan impian dan resolusi kamu, pasti bisa jadi kenyataan.

Banyak orang ingin impiannya ini menjadi kenyataan tanpa harus melakukan effort yang lebih. Kalau bisa sih ya instan, bagaikan mendapat durian runtuh.

Padahal konsep mie instan pun tetap tidak instan, kita masih harus memasaknya selama beberapa menit. Maka dari itu, untuk mencapai semua impian dan resolusi kamu, tidak ada proses langsung jadi.

Kamu harus melalui beberapa proses yang harus kamu jalani. Terlebih lagi jika kamu ingin merealisasikan semua resolusi kamu, mau tidak mau sudah harus kamu rencanakan dari sekarang.

Buat kamu yang masih bingung apa yang harus kamu lakukan pertama kali, kamu bisa membenahi kondisi keuangan kamu. Coba kamu tanyakan pada diri kamu sendiri dan lihat rekening Bank juga rekening investasi kamu.

“Sudahkah Saya Memiliki Dana Darurat Yang Cukup?”

 

Jika belum, maka tugas utama kamu adalah memastikan jika kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup. Untuk kamu yang menginginkan resolusi tahun 2020 menjadi kenyataan, maka tanyakan hal yang sama.

Jika dana darurat kamu sudah cukup, maka sudah saatnya kamu mulai merencanakan keuangan kamu. Tetapi, jika dana darurat kamu belum terpenuhi, kamu harus mulai merencanakan dana darurat kamu terlebih dahulu.

Maka dari itu, saat kamu mengatur keuangan pertama kali, kamu harus memastikan bahwa keamanan keuangan kamu telah tercapai.

Seperti gambar piramida keuangan di bawah ini, pastikan pondasi paling bawah sudah kokoh sebelum kamu membangun piramida ke atas.

Piramida Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku Konsultasi Perencanaan Keuangan Seminar dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Aplikasi Finansialku

Piramida Keuangan

 

Jika dana darurat kamu sudah cukup, jangan lupa untuk memastikan bahwa manajemen risiko kamu sudah terpenuhi dan voila! Keamanan keuangan kamu sudah terpenuhi.

Kamu pun sudah siap untuk melangkah ke langkah selanjutnya, yaitu kenyamanan keuangan.

Jika kamu sudah siap untuk mulai memperbaiki keuangan kamu dan mewujudkan resolusi kamu di tahun 2020, maka kamu siap ke langkah yang selanjutnya.

 

Langkah-Langkah Mewujudkan Resolusi 2020

Jika kamu sudah mulai ingin merencanakan bagaimana caranya mewujudkan resolusi di tahun 2020 kamu, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

 

Langkah #1 Jangan Lupakan Dana Darurat

Sebelum kamu mulai menyusun rencana untuk mewujudkan resolusi kamu, langkah pertama dan jangan dilupakan adalah membuat dan menyiapkan dana darurat.

Dana darurat dibagi berdasarkan status pernikahan kamu. Untuk besarannya, dana darurat ini harus dimiliki sebesar 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Setiap orang, pasti memiliki jumlah dana darurat yang berbeda-beda.

Kemudian, dana darurat ini harus kamu simpan di instrumen investasi yang bisa menjaga uang kamu dari inflasi dan memiliki tingkat likuiditas yang tinggi.

Kalau kamu ingin lebih tahu mengenai dana darurat, kamu bisa memulai dengan cara cek kesehatan keuangan secara gratis di sini.

Setelah kamu mendapatkan hasil dari cek kesehatan keuangan, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan perencana keuangan di aplikasi Finansialku atau kamu bisa atur jadwal konsultasi lebih lanjut dengan perencana keuangan.

 

Langkah #2 Tentukan Resolusi 2020

Setelah kamu memiliki dana darurat dan keamanan keuangan, maka kamu akan lebih siap menuju langkah yang selanjutnya. Langkah kedua adalah tentukan resolusi 2020 kamu.

Tentukan resolusi 2020 kamu secara lengkap dan detail. Misalkan pada tahun 2020 kamu ingin membeli mobil dengan cara mencicil. Setelah kamu tahu apa resolusi kamu, kamu langsung membuat detail mengenai pembelian tersebut.

Resolusi 2020_ Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatur Uang_ 3

[Baca Juga: Yuk Membuat Resolusi Keuangan 2020! Belom Telat Lho!]

 

Misalkan, kamu ingin membeli mobil dengan harga Rp250.000.000 dan kamu harus mengumpulkan DP sebesar 30% atau Rp78.837.142.

Jika kamu memiliki resolusi lainnya, maka kamu harus memberikan keterangan yang sangat jelas, supaya kamu juga bisa membuat target dalam berinvestasi.

 

Langkah #3 Tentukan Target Investasi

Saat kamu sudah memiliki tujuan yang jelas, kamu harus memiliki target investasi, supaya resolusi kamu menjadi kenyataan, tidak hanya sekedar wacana.

Selain itu, dengan adanya target investasi juga, kamu akan lebih disiplin dalam berinvestasi bulanan.

Setelah kamu memiliki semua data perihal tujuan keuangan kamu, selanjutnya kamu perlu menghitung berapa target investasi bulanan kamu seharusnya untuk mewujudkan resolusi kamu.

Kamu bisa menghitungnya menggunakan aplikasi Finansialku, untuk kamu yang belum memiliki aplikasi Finansialku, kamu bisa download disini.

 

Berikut ini adalah contoh dari perhitungan untuk membeli mobil di tahun 2020 dengan cara mengumpulkan DP nya terlebih dahulu sebesar 30%.

Asumsi yang digunakan adalah inflasi sebesar 5% per tahun dan estimasi hasil investasi sebesar 6% per tahun.

dana beli kendaraan

Hitungan Dana Membeli Kendaraan di aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, akan ada hasil kesimpulan sebagai berikut; untuk mengumpulkan DP sebesar Rp78.837.142 selama setahun, kamu harus berinvestasi sebesar Rp6.391.046 setiap bulannya ke instrumen investasi yang bisa memberikan imbal hasil sebesar 6% per tahunnya.

Hitungan Dana Membeli Kendaraan di aplikasi Finansialku

Hitungan Dana Membeli Kendaraan di aplikasi Finansialku

 

Jadi, tunggu apalagi? Supaya resolusi 2020 kamu terwujud, sudah saatnya kamu membuat target investasi bulanan, supaya investasimu jadi lebih efektif dan bisa terwujud.

 

Langkah #4 Pilihlah Instrumen Investasi yang Sesuai

Setelah kamu menentukan tujuan, resolusi dan juga target investasi per bulan, saatnya memilih instrumen investasi yang sesuai dengan resolusi tersebut.

Jika kamu ingin mewujudkannya dalam 1 tahun, maka kamu harus mencari investasi yang memiliki likuiditas tinggi dan aman dari inflasi.

Biasanya, untuk jangka waktu 1 tahun, kamu harus mencari instrumen investasi yang memiliki return sebesar 3% sampai 6% per tahunnya dan pastikan dalam setahun ke depan tidak mengalami kerugian.

Jika kamu masih pemula dalam berinvestasi, kamu bisa baca e-book investasi reksa dana berikut yang bisa di-download secara gratis di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Ayo Wujudkan Resolusi 2020 Kamu, Sekarang!

Jangan sampai resolusi kamu dari tahun ke tahun hanya jadi wacana. Sudah saatnya kamu juga merencanakan keuangan kamu untuk kehidupan yang lebih sejahtera dan bahagia.

Cara merencanakan keuangan kamu adalah dengan mulai mengetahui posisi keuangan kamu berada dimana.

Jangan lupa cek kesehatan keuanganmu untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki dari keuanganmu melalui aplikasi Finansialku atau bisa melalui link ini.

Jika kamu masih bingung mengenai keuangan, kamu juga bisa menanyakannya langsung pada para perencana keuangan melalui aplikasi Finansialku atau kamu bisa langsung berkonsultasi tatap muka dengan perencana keuangan.

Untuk informasi jasa konsultasi Perencana Keuangan secara tatap muka, Anda dapat menghubungi Finansialku.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara mewujudkan semua resolusi tahun 2020.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mewujudkan semua resolusi tahun 2020 Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Resolusi 2020 1 – http://bit.ly/2PyPH5P
  • Resolusi 2020 2 – http://bit.ly/2YEHLUB
  • Resolusi 2020 3 – http://bit.ly/38l9u18