Apa kamu sudah membuat resolusi keuangan 2020? Kalau belum, yuk buat sekarang mumpung belum terlambat.

Bagaimana caranya? Simak artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Resolusi Keuangan 2020!

Memasuki bulan pertama di tahun 2020, kamu sudah punya resolusi keuangan, belum? Kalau belum, jangan patah semangat dulu. Selalu ada waktu dan tidak ada kata terlambat kok!

Kira-kira, kegagalan apa yang kamu alami di tahun sebelumnya, terutama dalam hal finansial? Nah, kegagalan itu bisa jadi evaluasi untuk memperbaiki finansialmu di tahun ini lho!

Sebelum kita lanjut ke pembahasan membuat resolusi keuangan tahun 2020, jangan lupa unduh Aplikasi Finansialku yang akan sangat menolongmu untuk membuat resolusi keuangan di tahun 2020 bisa terwujud.

Ga perlu berlama-lama ‘coz time is money’, yuk kita buat resolusi keuangan di tahun 2020!

 

#1 Buat Rencana Anggaran Setiap Bulan

Langkah pertama untuk mewujudkan resolusi keuangan tahun 2020 adalah dengan membuat anggaran setiap bulan. Anggaran akan menjadi sebuah pintu utama untuk mengatur arus keuanganmu. Itulah sebabnya setiap bulannya kita perlu membuat rencana anggaran.

Kenapa harus setiap bulan? Karena anggaran itu sifatnya fleksibel alias bisa berubah-ubah setiap bulannya tergantung kebutuhan dan kondisi.

Misalnya, bulan Januari bagi Anda yang ber-etnis Tionghoa tentu akan menganggarkan budget untuk acara keagamaan dan tradisi Imlek. Tentu anggaran di bulan Januari ini akan berbeda dengan bulan Februari dan bulan-bulan lainnya.

Itulah sebabnya anggaran ini harus ditinjau ulang dan dievaluasi setiap bulannya.

Yuk Membuat Resolusi Keuangan 2020! Belom Telat Lho! 02

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak membuat rencana anggaran bulanan. Meski sudah mengaku membuatnya, namun tidak dilakukan secara konsisten untuk meninjau ulang dan melakukan evaluasi.

Mungkin, resolusi keuanganmu di tahun lalu mengalami kebocoran karena tidak konsisten untuk meninjau serta mengevaluasi ulang rencana anggaran bulananmu?

Resolusi yang pertama ini, harus selalu tertanam di dalam benak kamu. Tidak banyak orang yang bisa konsisten membuat anggaran di setiap bulannya.

Alasannya bermacam-macam, entah karena lupa, malas, bahkan tidak ada waktu untuk membuatnya.

Anggaran yang tidak dievaluasi  atau ditinjau ulang seringkali malah membuat kita mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang sebetulnya tidak perlu kita keluarkan, di samping itu, kita juga tidak dapat memaksimalkan dana yang ada untuk hal-hal yang seharusnya dianggarkan.

Mau mencatat anggaran dengan cara yang mudah dan praktis? Pakai saja Aplikasi Finansialku. Kamu bisa melakukan pencatatan anggaran dengan template yang sudah tersedia. Mudah, bukan?

 

#2 Minimalkan Biaya Tagihan

Langkah selanjutnya untuk resolusi keuangan tahun 2020 adalah dengan menekan biaya pengeluaran alias tagihan.

Coba kamu evaluasi rencana anggaranmu yang sudah dilakukan pada tahap pertama. Renungkan, kira-kira adakah biaya tagihan atau pengeluaran yang dapat dipangkas atau dikurangi!

Misalnya, jika kamu adalah single dan menyewa sebuah rumah, kamu bisa menurunkan biaya sewa dengan mengajak teman untuk tinggal bersama dan berbagi rumah sewa.

Dengan demikian biaya sewa akan ditanggung berdua alias menurunkan tagihan biaya sewa bulananmu.

Contoh lainnya, jika kamu berlangganan TV kabel dan ternyata kamu hanya berada di rumah setiap malam alias tidak maksimal menggunakan TV kabel, kamu bisa memangkas biaya sewanya.

Lagi pula kamu bisa menonton tayangan yang kamu inginkan melalui streaming di internet bukan? Di era teknologi yang semakin canggih, ada banyak tawaran pembayaran online yang memberikan potongan harga, diskon, hingga cashback.

Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis untuk membayar tagihan bulananmu. Dengan menekan biaya pengeluaranmu, tentu kamu bisa maksimalkan dananya untuk pos pengeluaran yang lain atau bahkan jadi tabungan.

 

#3 Catat Arus Kas Setiap Hari

Setiap harinya kita akan melakukan transaksi, entah pemasukan atau pun pengeluaran. Catat setiap rupiah yang masuk dan keluar dari kantong, dompet, ATM, atau dompet elektronikmu.

Cara ini akan memudahkanmu untuk mengecek kemana saja larinya uangmu setiap hari. Kamu akan mudah melakukan evaluasi di setiap akhir bulan, sekaligus menolongmu untuk membuat rencana anggaran di bulan berikutnya.

Selain itu, kamu dapat mewujudkan rencana keuanganmu, seperti rencana membeli barang atau rencana liburan. Sudah punya rencana keuangan sesuai usia? Unduh gratis E-Book Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini!

 

#4 Tekan Biaya Belanja Konsumtif

Tahukah kamu bahwa ada pengeluaran yang bersifat konsumtif dan produktif?

Intinya, pengeluaran yang bersifat konsumtif harus kamu tekan dan usahakan untuk lebih membiayai pengeluaran yang bersifat produktif.

Untuk menekan belanja konsumtif, kamu perlu menyadari antara keinginan dan kebutuhan, prioritaskan kebutuhan dari pada keinginanmu. Jangan biarkan kamu menyesal pada akhirnya karena membeli barang yang hanya sekadar keinginan dan bukan kebutuhan.

 

#5 Prioritaskan Tabungan

Salah satu keberhasilan dari sebuah resolusi keuangan adalah tabungan yang berhasil kamu kumpulkan di akhir tahun. Prioritaskan tabunganmu setiap bulan!

Jika kamu dapat memaksimalkan setiap uangmu kedalam pos-pos pengeluaran dan menekan tagihan bulanan, dana yang tersedia bisa kamu tambahkan untuk tabunganmu.

Finansialku menyarankan agar kamu menabung uangmu di keranjang investasi sesuai dengan kebutuhanmu, dan bukan di bank untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan!

Mau investasi di mana? Simak E-Book Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

Bikin Resolusi Keuangan Tahun 2020 Masih Belum Terlambat!

Ayo, jangan buang waktumu, segeralah untuk mulai membuat resolusi keuangan tahun 2020 dengan panduan di atas.

Manfaatkan fasilitas curhat dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku untuk mendapatkan panduan dan solusi jitu untuk mengatur keuanganmu!

 

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Nimas Des Aristanti. Apa Resolusi Keuangan Kamu di Tahun 2020? Tentukan Sekarang Yuk! Koinworks.com – https://bit.ly/2tPPrrO
  • Admin. 10 Januari 2020. Resolusi Keuangan 2020, Bebaskan Dirimu dari Utang dan Miliki Dana Darurat. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/2QKtZ0G
  • Admin. Kiki Safitri.29 Desember 2019. 3 Strategi Memaksimalkan Keuangan di Tahun 2020. Money.kompas.com – https://bit.ly/2R6Lwz2
  • Admin. 27 Desember 2019. 5 Resolusi Keuangan 2020 untuk Menjadi Kaya. Merdeka.com – https://bit.ly/2FANJNT

 

Sumber Gambar:

  • Kredit 1 – http://bit.ly/2syUzk4
  • Kredit 2 – http://bit.ly/2NvnQDf
  • Kredit 3 – http://bit.ly/2RoB31N
  • Kredit 4 – http://bit.ly/38fqIfp