Mari mempelajari 5 level leadership dari pakar kepemimpinan John C. Maxwell yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku bagi Anda. Pahami setiap level-nya dan terus kerjakan bagian kepemimpinan Anda dengan 5 level leadership dari John C. Maxwell. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin = Memberi Pengaruh

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain untuk tujuan bersama yang telah disepakati sebelumnya. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memberikan pengaruh, inspirasi dan teladan.  

 

5 Level Kepemimpinan ala John C. Maxwell

Berikut ini beberapa konsep mengenai level dalam kepemimpinan menurut pakar kepemimpinan, John C. Maxwell.

 

Level 1: Position

Dalam level pertama ini, orang-orang mau mengikuti Anda berdasarkan posisi yang memang Anda miliki sehingga mereka harus (mau tidak mau) mengikuti setiap arahan Anda. Kepemimpinan pada level 1 ini dapat menjadi posisi yang baik dalam memulai namun termasuk posisi yang kurang baik apabila untuk mempertahankan kepemimpinan Anda.

2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Pada level ini, para anggota tim memiliki komitmen yang rendah. Anda tidak dapat membangun organisasi yang hebat dengan level kepemimpinan nomor 1 karena para anggota tim akan bekerja sesuai dengan yang diharuskan saja dan tidak akan melakukan selebihnya.

 

Level 2: Permission

Dalam level yang kedua ini ada unsur hubungan yang baik yang terjalin pemimpin dan anggota. Para pengikut akan menikmati kerja sama yang terjalin dalam kelompok. Tak jarang dari mereka yang senang bekerja dengan pemimpin yang melakukan level ini.

Pemimpin sangat senang bekerja sama dengan para anggota dan peduli terhadap mereka. Level ini memungkinkan sinergi yang positif dalam tim. Beberapa hal yang dilakukan pemimpin dalam level ini diantaranya adalah:

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis]

 

  • Menjadi Pendengar yang Baik. Pemimpin yang baik perlu menjadi pendengar yang baik dalam mengakomodir para anggota kelompok. Selain itu, pemimpin juga perlu mengenali dan memahami setiap karakter para anggota yang berbeda-beda.
  • Melakukan Observasi secara Objektif. Pemimpin dalam level ini mengamati setiap perkataan, tindakan dan perilaku bahkan kebiasaan dari para anggotanya.
  • Melayani dengan Baik. Pemimpin selalu berjalan bersama para anggota dengan cara membantu dan memberi bimbingan, tak jarang saling menolong.

 

Level 3: Production

Pada level ini, orang akan mengikuti Anda apabila Anda telah memiliki pengalaman dan prestasi serta kredibilitas dalam kepemimpinan Anda. Pada level ini, semakin tinggi pengalaman kepemimpinan seseorang maka semakin meningkat juga pengaruh yang diberikan.

Pemimpin pada level 3 ini melakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  • Menjadi Contoh. Anggota akan mengikuti apa yang dilihat. Mereka mengikuti apa yang dilakukan oleh pemimpin, bukan yang dikatakan. Pemimpin adalah seperti tour guide. Dia pergi bersama timnya. Bukan seperti travel agent yang mengirim orang ke tempat-tempat yang tidak pernah dikunjunginya.
  • Memiliki Kekuatan Momentum. Anda membangun momentum. Momentum melejitkan segala sesuatu. Momentum ini dibangun oleh prestasi. Ketika Anda mencetak hasil yang baik, komitmen meningkat, dan komitmen yang meningkat menghasilkan hasil yang lebih baik lagi. Demikian seterusnya. Momentum dapat memecahkan 80% masalah.
  • Menarik Orang Terbaik. Layaknya magnet, pemimpin pada level ini dapat merekrut pegawai yang memiliki energi seperti layaknya dirinya. Apabila Anda ingin memiliki pegawai yang jujur dan pekerja keras, Anda perlu menjadi orang yang jujur dan pekerja keras juga.

 

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Level 4: People Development

Pada level ini, orang akan mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka seperti mengembangkan potensi mereka agar lebih baik dan lebih sukses. Pemimpin pada level ini membuat multiplikasi.

Pada level ini, pemimpin sangat mahir dalam melakukan hal-hal berikut ini:

  • Merekrut dengan sangat baik. Awal yang baik dapat menghasilkan yang baik juga. Gambaran yang jelas tentang orang yang akan Anda cari sesuai posisi akan sangat menolong Anda mendapatkan orang yang tepat.
  • Menempatkan orang di posisi yang tepat.
  • Mengembangkan orang dengan baik.

 

9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui]

 

Proses multiplikasi adalah:

  • Anda melihat dan mengamati apa yang saya lakukan
  • Anda melakukan dengan pendampingan saya
  • Anda melakukan secara mandiri
  • Anda melakukan dan mengajak orang lain untuk melakukan hal tersebut dari awal

 

Pada level ini, terjadi pertumbuhan jangka panjang karena komitmen Anda untuk mengembangkan para pemimpin yang akan menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan bagi suatu organisasi dan manusia di dalamnya.

 

Level 5: Pinnacle

Pada level ini, orang-orang akan mengikuti Anda karena siapa Anda dan juga reputasi Anda. Apa jadinya ketika ada Bill Gates di samping Anda dan memberikan beberapa saran tentang segala sesuatu yang ia ketahui. Tentu saja Anda akan mengikuti arahannya karena ia sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Di level ini, pemimpin sudah menghabiskan waktunya bertahun-tahun untuk mengembangkan orang lain dan organisasi. Hanya sedikit yang berhasil namun mereka yang berhasil adalah orang-orang dengan prestasi yang mengagumkan.

9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Gaya Kepemimpinan Dale Carnegie yang Dapat Kamu Terapkan Sekarang]

 

Evaluasi dan Analisis Cara Kepemimpinan Anda

Theory of Leadership by John C. Maxwell, membagi kepemimpinan menjadi lima level yang harus dilewati. Menurutnya, jika kepemimpinan itu diibaratkan seperti anak tangga, terdapat lima tangga utama yang harus dilewati oleh para pemimpin di dalam organisasi.

 

5 Level Kepemimpinan: Position, Permission, Production, People Development, Pinnacle Click to Tweet

 

Evaluasilah proses kepemimpinan Anda dengan menganalisis, ada di level mana tingkat kepemimpinan Anda di mata orang-orang yang memimpin Anda? Penilaian tiap orang bisa saja berbeda satu dengan yang lain. Setelah dianalisis, buatlah langkah dalam meningkatkan level kepemimpinan Anda agar semakin meningkat dan lebih baik.

 

Setelah melihat beberapa level posisi kepemimpinan di atas menurut John C. Maxwell, menurut Anda, di posisi manakah Anda saat ini berada? Bagikan pengalaman Anda dalam melakukan kepemimpinan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. The 5 Levels Of Leadership. Johnmaxwell.com – https://goo.gl/i8jz9e
  • Magda Key. The 5 Levels of Leadership by John Maxwell. Psychologyformarketers.com – https://goo.gl/CTwAfS
  • Benny Santoso. 15 April 2015. 5 Level Kepemimpinan dari John C. Maxwell. Bennysantoso.com – https://goo.gl/9c7nL9
  • Admin. 5 Levels of Leadership, Berguru Leadership dari John C Maxwell. QB-Leadership.com – https://goo.gl/YZhicz
  • Admin. 9 Agustus 2012. 5 Level Kepemimpinan. Ikhtisar.com – https://goo.gl/LkaZDQ

 

Sumber Gambar:

  • John C. Maxwell – https://goo.gl/MJkPob
  • Leadership – https://goo.gl/zBYhh5

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana