Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan

Kepemimpinan Servant Leadership seorang Jokowi seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin perusahaan, termasuk Anda. Berikut ini ulasannya yang akan dihadirkan oleh tim Finansialku. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Lebih Dalam Seorang Jokowi

Kurang dari satu tahun menjadi Gubernur Jakarta, Indonesia, Joko Widodo atau lebih populer sebagai Jokowi, telah melakukan berbagai langkah yang fenomenal, baik dalam bidang pemerintahan dan masyarakat jasa.

Tindakan Jokowi ini kadang-kadang sulit untuk ditebak, tetapi setiap kebijakannya tersebut pada dasarnya dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Model kepemimpinan seperti ini telah didambakan masyarakat Indonesia, dan karena itu menarik untuk dianalisis berdasarkan bukti nyata dan latar belakang yang teoritis.

Berbagai cara kepemimpinan yang dilakukan oleh Jokowi diantaranya adalah mendengar, berempati, kesadaran, pengarahan, keefektifan, mengambil risiko, berjiwa melayani, mengobati/menyembuhkan, berinovasi dan persuasi/bujukan yang meyakinkan.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman]

 

Berbagai cara kepemimpinan Jokowi tersebut akan diulas melalui pemaparan berikut ini:

 

#1 Mendengarkan

Mendengar setiap pendapat dan saran dari orang-orang di sekitar adalah ciri khas dan pembawaan Jokowi yang mencolok dalam kepemimpinannya. Mendengarkan secara aktif adalah suatu kemampuan kepemimpinan yang menunjukkan perhatian kepada berbagai masalah-masalah masyarakat. Menurut Robert Greenleaf (1970), yaitu:

“Hanya seorang pemimpin yang berhati pelayan-lah yang secara otomatis merespon setiap permasalahan dengan mendengarkan setiap permasalahan itu terlebih dahulu.”

 

#2 Berempati

Berempati terhadap perasaan atau penderitaan dari sesama manusia adalah karakteristik kepemimpinan yang dimiliki oleh seorang Jokowi.

Ketika banjir besar yang terjadi di Jakarta pada tahun 2012, beliau ikut membantu warga masyarakat yang menjadi korban bencana dengan ikut terjun langsung ke area yang terkena banjir. Dengan demikian beliau pun ikut langsung merasakan penderitaan yang dialami warga.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengambil Pelajaran Berharga dari Kisah Beauty and The Beast]

 

#3 Kesadaran

Kesadaran adalah salah satu ciri kepemimpinan yang kuat dalam diri Jokowi. Ketika beliau sedang menyampaikan pidatonya dalam dialek betawi saat perayaan ulang tahun Jakarta yang ke-64, Jokowi sempat meminta maaf karena beliau kurang fasih melafalkan dialek Betawi, hal ini dikarenakan beliau adalah seorang dari suku Jawa.

Kesadarannya terhadap budaya lokal juga perlu diacungi jempol ketika beliau mempelopori untuk mengenakan pakaian khas Betawi selama jam kerja. Robert Greenleaf menambahkan bahwa tanpa kesadaran, seorang pemimpin dapat kehilangan berbagai kesempatan yang seharusnya dapat beliau peroleh ketika beliau memimpin.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#4 Pengarahan

Jokowi seringkali melakukan “blusukan” dan memberikan pengarahan kepada para karyawan/pegawai mengenai hal-hal yang harus dilakukan secara profesional dalam mengemban tugas pemerintahan dan melayani masyarakat.

Ted John (2008) berpendapat bahwa seorang pemimpin membawa orang-orang kepada hal-hal yang mereka inginkan. Tetapi, seorang pemimpin besar dapat mengarahkan orang-orang untuk melakukan sesuatu yang bahkan tidak ingin mereka lakukan.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

#5 Keefektifan

Salah satu atribut kepemimpinan Jokowi adalah keefektifan yang dimulai dengan membangun consensus/persetujuan bersama, pembagian tugas secara jelas dan kemudian memonitor implementasi dari setiap keberhasilan pekerjaan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

Menurut Greenleaf (1970), seorang pemimpin berjiwa pelayan yang efektif dapat membangun kesepakatan bersama melalui pendekatan dan bujukan yang lemah lembut serta tidak menggunakan kuasanya sebagai pemimpin untuk memaksakan kehendaknya.

 

#6 Mengambil Risiko

Jokowi lebih memilih untuk menjadi Gubernur Jakarta daripada menduduki jabatan yang nyaman sebagai Walikota di Solo, hal ini jelas membuktikan bahwa Jokowi adalah seorang pengambil risiko.

Selain masalah kemacetan dan banjir, berbagai permasalahan yang dihadapi Jakarta diantaranya seperti kemiskinan, daerah kumuh, minimnya pelayanan publik, dan korupsi yang merajalela. Namun seperti pendapat John Garner (1990), seorang pemimpin adalah seorang pengambil risiko.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dian Pelangi, Pebisnis Hijab Berusia Muda]

 

#7 Berjiwa Melayani

Berjiwa melayani dan memberikan kenyamanan kepada orang-orang di sekitar Jokowi adalah salah satu strateginya untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka sehingga tidak mengherankan apabila Jokowi kemudian mendapatkan julukan-julukan diantaranya warga Betawi, teman wartawan atau pelindung masyarakat.

Pemimpin yang berjiwa melayani sangat berdampak dan memberikan suatu kepercayaan pada hubungan relasi dengan masyarakat yang beliau pimpin.

 

#8 Mengobati/Menyembuhkan

Kata mengobati atau menyembuhkan, menurut Greenleaf (1970) adalah kesadaran seorang pemimpin mengenali dan mengerti serta memenuhi kebutuhan yang sangat diperlukan dari komunitas. Dengan cara inilah, Jokowi mengimplementasikan strategi pro rakyatnya dengan jalan merelokasi penduduk yang tinggal di sisi sungai dan tempat penampungan air.

 

#9 Berinovasi

Berinovasi, menurut Green, Howells dan Miles (2002) adalah melakukan sesuatu yang baru seperti memulai sebuah proses, menciptakan produk atau mengadopsi suatu pola hubungan dan organisasi.

Seleksi terbuka camat dan lurah serta jabatan Eselon II dan III di lingkungan Pemda DKI pada bulan Juni 2013 yang lalu merupakan bukti inovasi Jokowi untuk memperbaiki praktik pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik.

Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Pat Flynn Pendiri SmartpassiveIncome.com]

 

#10 Bujukan yang Meyakinkan

Persuasi/Bujukan menurut Craig Van Slyke (2013) merupakan kunci dari kepemimpinan yang dapat mengubah sikap, perilaku dan bahkan keyakinan dari orang lain.

Kemampuan Jokowi dalam melakukan persuasi/bujukan sudah terbukti sejak beliau menjabat sebagai Walikota Solo, dan ketika beliau membujuk sekitar 7000 kepala keluarga yang tinggal di Waduk Pluit untuk pindah ke tempat yang lebih layak.

Gaya kepemimpinan tersebut diterapkan Jokowi ketika beliau melakukan penataan PKL di Pasar Minggu, Jatinegara, Glodok dan Tanah Abang.

 

Karakter Kepemimpinan Jokowi

10 karakter kepemimpinan yang diterapkan oleh Jokowi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Jokowi cenderung mengarah kepada gaya kepemimpinan yang melayani. Robert Kiefner Greenleaf (1904-1990) menyatakan bahwa mengutamakan pelayanan kepada masyarakat merupakan kerangka kerja yang teoretis sebagai motivasi kunci seorang pemimpin.

Selain itu, Larry Spears menambahkan bahwa kepemimpinan yang melayani menerapkan pendekatan holistik yang ditekankan terhadap pekerjaan, kepekaan kepada kepentingan masyarakat dan pembagian kekuasaan dalam pengambilan keputusan.

 

Sebagai seorang pemimpin, apakah Anda juga menerapkan pola atau ciri kepemimpinan seperti Pak Jokowi? Berikan tanggapan Anda melalui kolom yang terdapat di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada setiap rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Awang Anwaruddin. 10 Attributes of Jokowi’s Leadership. Academia.edu – https://goo.gl/HQNQzf
  • Buku Jokoway. 28 Oktober 2016. Enam Gaya Kepemimpinan Jokowi Pimpin Indonesia. Rmoljabar.com – https://goo.gl/qY9TX0

 

Sumber Gambar:

  • Jokowi – https://goo.gl/80alfG dan https://goo.gl/eP8QQA
  • Presiden Jokowi – https://goo.gl/mUsdqk dan https://goo.gl/02A4Vi
  • Presiden Joko Widodo – https://goo.gl/ob7Gxb dan https://goo.gl/wGjlbk

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment