Apakah Anda mengetahui tokoh Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal atau Joel Zimmerman? Bagaimana pelajaran hidup dan sebuah inspirasi yang Anda dapatkan dalam tokoh-tokoh? Kali ini Finansialku akan menjabarkan inspirasi kehidupan melalui tokoh-tokoh tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku LifeStyle

 

Inspirasi dari Tokoh

Belajar dari tokoh filsafat ataupun motivator dunia bukanlah hal yang sulit. Apalagi sejak zaman semakin canggih, belajar dari tokoh-tokoh penting di dunia tidak lagi hanya bisa didapatkan dari buku saja.

Saat ini banyak sekali situs-situs dan media sosial yang senang berbagi kutipan dan ilmu dari tokoh-tokoh tersebut untuk menambah pengetahuan dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Berikut merupakan beberapa inspirasi dan kutipan dari beberapa tokoh-tokoh terkenal di dunia, siapa tahu setelah membaca beberapa tulisan di bawah ini Anda menjadi lebih bersemangat dalam hidup dan mendapatkan inspirasi untuk menghadapi berbagai masalah.

Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

Confusius

Salah satu kutipan terkenal dari tokoh filsafat dari Tiongkok ini adalah:

“Seseorang yang mengajukan pertanyaan akan menjadi orang bodoh selama satu menit, tetapi orang yang tidak pernah bertanya merupakan orang bodoh seumur hidupnya.”

 

Kutipan dari Confusius ini mengajarkan pada kita agar tidak pernah segan untuk bertanya. Meskipun kadang kita harus menelan rasa gengsi kita dalam-dalam ketika ingin mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang benar-benar tidak dimengerti, jangan pernah segan untuk bertanya.

Mengajukan pertanyaan bukan berarti Anda bodoh. Walaupun terkadang saat bertanya kita merasa bodoh, tapi jangan jadikan perasaan tersebut sebagai penghalang ketika ingin bertanya. Bertanya akan membantu kita mengerti hal-hal baru dan menambah pengetahuan. 

Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Jika terlalu gengsi untuk bertanya, Anda justru akan kehilangan kesempatan untuk mengetahui hal yang benar-benar belum dimengerti. Karena itu, cobalah untuk menelan sedikit rasa gengsi dalam diri dan ajukan pertanyaan jika ada yang benar-benar tidak dimengerti.

Percayalah, mengajukan pertanyaan tidak serta merta menurunkan level dan tidak akan membuat Anda menyesal.

 

Benjamin Franklin

Benjamin Franklin pernah berkata:

“Jangan pernah rusak permintaan maaf dengan alasan.“

 

Kutipan di atas berarti, jika membuat kesalahan, ucapkanlah permintaan maaf. Akuilah kesalahan kita dan sadarilah bahwa kesalahan tersebut muncul karena kelalaian diri sendiri. Jangan pernah menyalahkan orang lain ataupun keadaan dan lingkungan di sekitar kita. Akui saja bahwa segala hal terjadi adalah akibat dan kesalahan diri kita sendiri.

Jika Anda gengsi dan enggan meminta maaf dengan tulus atas segala kesalahan yang dibuat, maka secara otomatis kita juga menjadi enggan untuk mengakui kesalahan yang ditimbulkan.

Apalagi jika kita malah menunjuk dan melempar kesalahan tersebut pada orang lain, kita hanya akan menjadi orang paling munafik dan jahat di dunia. Kehormatan hanya akan didapatkan jika kita berhenti menjadi orang munafik.

Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah sukses Adam Neumann Pendiri WeWork, WeLive]

 

Akui saja setiap kesalahan yang telah diperbuat dan berusahalah untuk memperbaiki semua kesalahan tersebut agar di lain hari hal yang sama tidak akan terulang lagi. Jika bisa melakukan itu semua, tidak hanya kehormatan yang akan didapatkan, tetapi juga kepercayaan dari orang sekitar.

Mengakui kesalahan tidak akan membuat kita kehilangan apapun, hal tersebut malah akan membuat kita tumbuh menjadi orang dewasa yang mampu memiliki sikap bertanggung jawab.

 

Blaise Pascal

“Kebaikan seseorang harus diukur dari perbuatannya sehari-hari, bukan hanya dari kerja kerasnya saat itu saja.”

 

Untuk menilai karakter seseorang sebaiknya kita tidak semata berpaku pada satu hal yang dilakukannya saja. Karena beberapa orang terkadang ada yang mencoba menjadi pahlawan pada saat-saat tertentu, padahal belum tentu di lain waktu dia akan melakukan hal yang sama.

Karakter seseorang yang asli hanya bisa kita lihat dari apa yang mereka lakukan sehari-hari. Seseorang bisa saja menjadi sangat hebat pada saat-saat tertentu, seperti misalnya membantu orang tua yang menyeberang jalan untuk menarik perhatian gadis yang dipujanya. Tapi di lain waktu saat si gadis tidak ada, dia membiarkan saja jika ada orang tua kesulitan untuk menyeberang. Inilah makna kutipan yang dimaksud Blaise Pascal.

Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Colonel Sanders Pendiri KFC]

 

Jadi mulai sekarang, berhentilah menilai seseorang hanya dari satu perbuatannya saja. Cobalah untuk mempelajari karakter seseorang dengan mengamati sikap mereka sehari-hari.

Karakter seseorang yang sebenarnya hanya bisa kita saksikan saat dia melakukan hal-hal yang sudah biasa dilakukan, bukan dari bagaimana dia melakukan hal luar biasa pada satu waktu saja dengan alasan tertentu.

 

Joel Zimmerman

Saat ini kita mengenal Joel Zimmerman sebagai salah satu DJ ternama, orang yang memproduseri Dedmau5, dan penerima 6 penghargaan Grammy karena karya-karyanya. Tetapi siapa sangka, orang paling keren di dunia ini dulunya tidak populer di sekolah.

Bukannya minder, Zimmerman malah memanfaatkan ketidakpopulerannya ini untuk mencari jati diri. Dia tidak butuh persetujuan orang lain atau memantaskan diri agar sama dengan selera orang saat pencarian jati diri ini.  Seperti yang pernah dikatakan Joel Zimmerman dalam satu kesempatan:

“Saya sangat tidak populer di sekolah. Tapi menurut saya, semakin kita tidak populer maka semakin banyak pula waktu yang dimiliki untuk diri sendiri dan tidak harus senantiasa berusaha memenuhi kemauan orang lain.”

 

Dari kutipan di atas kita dapat menyimpulkan, bahwa untuk menjadi sukses kita tidak perlu berubah menjadi seseorang yang diinginkan orang lain. Kita hanya perlu menjadi diri sendiri dan mengerjakan apa yang disukai secara tekun untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan yang sebenarnya.

Menjadi sosok yang diinginkan orang lain sebenarnya sah-sah saja. Tetapi jika perubahan tersebut malah membuat rasa percaya diri kita jatuh dan kita malah terpuruk karena harus menjadi dan melakukan hal yang tidak disukai, maka tentu ini hanya dapat menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Percaya diri saja, bahwa setiap orang memiliki potensi dan kemampuan di bidangnya masing-masing. Kita tidak bisa menyamaratakan kemampuan karena setiap manusia memiliki keunikannya sendiri.

Temukan potensi itu daripada bermuram durja karena tidak memiliki teman atau tidak populer. Karena begitu potensi terbaik kita ditemukan, kita akan mampu menjadi apapun yang diinginkan tanpa harus merubah karakter hanya untuk memuaskan segelintir orang.

 

Belajar dari Hidup Tokoh

Nah, itulah beberapa kata-kata motivasi dari tokoh-tokoh terkenal dunia. Kita bisa mempelajari setiap pengalaman dan pelajaran dari tokoh tersebut. Tidak ada salahnya untuk merenungkan dan memikirkan ucapan motivasi mereka sehingga Anda bisa mengubah karakter menjadi orang yang lebih baik. Semoga informasi di atas dapat menginspirasi Anda dalam menjalani kehidupan.

 

Pernyataan dan pelajaran apa yang Anda dapatkan dari tokoh-tokoh tersebut? Silakan share pelajaran dan pesan moral yang Anda dapatkan agar banyak orang yang membaca pun ikut terinspirasi oleh Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Trent Hamm. 3 Maret 2017. Inspiration from Confucius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal, and More. Thesimpledollar.com – https://goo.gl/CBZfVC

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Reading – https://goo.gl/4QSSta
  • Confusius – https://goo.gl/3qSYjN
  • Benjamin Franklin – https://goo.gl/i8CerQ
  • Blaise Pascal – https://goo.gl/ZbROfC
  • Joel Zimmerman – https://goo.gl/UYdVsa

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang