Penasaran apa saja aplikasi rapat online gratis yang bisa kamu gunakan selain Zoom?

Efek penyebaran virus corona dan kegiatan Work From Home (WFH), aplikasi webinar atau rapat online kini tengah digandrungi. Namun banyak sekali aplikasi rapat online yang bisa kamu gunakan selain aplikasi populer bernama Zoom.

Penasaran apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Simak terus artikel ini….

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Work From Home dan Meeting Online

Tahun 2020 ini ditandai dengan banyak sekali perubahan dalam hidup kita yang diakibatkan penyebaran virus Covid-19 diseluruh dunia. Sehingga langkah preventif mau tidak mau harus dilakukan demi mencegah penyebaran semakin meluas.

Salah satu implementasi dari langkah pencegahan tersebut adalah munculnya kegiatan work from home (WFH). Semua mobilitas dan kegiatan yang biasa kita lakukan di kantor otomatis berpindah ke rumah masing-masing.

Beruntung kita berada di tahun 2020 dimana teknologi sudah menyentuh setiap ranah kehidupan kita.

Inilah Daftar Aplikasi Rapat Online Gratis Selain Zoom 01 - Fiansialku

[Baca Juga: Inspirasi Kisah Sukses Eric Yuan, Pendiri Aplikasi Zoom]

 

Aktivitas krusial yang berhubungan dengan mobilitas perusahaan seperti rapat bisa dilakukan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam wujud aplikasi.

Zoom, menjadi penyedia aplikasi yang ketiban dunia runtuh akibat adanya pandemi ini.

Banyak sekali masyarakat dunia yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh mereka. Seperti rapat online, webinar, hingga kegiatan lainnya yang mengharuskan untuk bertatap muka.

Meski paling populer, Zoom bukanlah satu-satunya aplikasi rapat online yang bisa kamu gunakan. Sebagai alternatif, kali ini Finansialku akan membagikan beberapa aplikasi rapat online gratis lainnya. Tanpa berlama-lama berikut ini aplikasi-aplikasi tersebut.

 

#1 WhatsApp

Siapa bilang WhatsApp hanya sekedar layanan pesan singkat belaka. Selain beberapa fasilitas yang memudahkan lainnya, WhatsApp juga dapat digunakan untuk kegiatan rapat online.

Melalui fitur video callnya, WhatsApp dapat menghimpun hingga 50 orang peserta dalam rapat. Tentu hal ini cukup untuk memfasilitasi kegiatan meeting onlinemu.

 

#2 Skype

Pada dasarnya Skype adalah pemain lama sebagai platform penyedia layanan percakapan online maupun video call. Hanya saja baru-baru ini, Skype merilis fitur Meet Now yang dapat digunakan untuk melakukan rapat online.

Layanan rapat online gratis melalui fitur Meet Now ini mampu menampung hingga 50 peserta. Tidak hanya itu terdapat tools untuk merekam, teks/subtitle, hingga berbagi voicemail maupun data.

 

#3 Google Hangout Meet

Mulai 1 Maret hingga 30 September 2020, aplikasi besutan Google yang satu ini dibuka secara gratis. Hal ini sebagai salah satu upaya dari Google dalam memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Inilah Daftar Aplikasi Rapat Online Gratis Selain Zoom 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung! Hitung Zakat dengan Aplikasi Kalkulator Zakat Ini!]

 

Dalam satu kali panggilannya, Google Hangout Meet mampu menghimpun 250 peserta sekaligus. Luar biasa bukan, selain rapat online kamu juga bisa melakukan seminar online.

Tidak hanya itu terdapat fitur streaming yang dapat melibatkan hingga 100 ribu pemirsa sekaligus.

 

#4 Cisco Webex

Aplikasi yang satu ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Cisco Webex berupaya untuk lebih memfasilitasi penggunanya ditengah pandemi ini.

Inilah Daftar Aplikasi Rapat Online Gratis Selain Zoom 03 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar 5+ Aplikasi Jadwal Sholat untuk Android dan IOs Terbaru!!]

 

Upaya yang dilakukannya adalah dengan menambah kapasitas peserta dalam satu kali panggilan yang tadinya 50 peserta menjadi 100 peserta.

 

#5 Star Leaf

Aplikasi selanjutnya yakni Star Leaf. Aplikasi ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Hanya saja dalam panggilannya hanya dapat menghimpun 20 peserta dan waktu yang dibatasi hanya 46 menit.

Inilah Daftar Aplikasi Rapat Online Gratis Selain Zoom 04 - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! Ini Web Jual Beli Rumah Bisa Diakses Via Aplikasi]

 

Ada beberapa fungsi yang bisa digunakan dalam aplikasi Star Leaf yakni quick meet, yang melibatkan sedikit peserta juga durasi yang singkat, biasanya digunakan oleh unit atau tim kecil dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Kemudian schedule conference, yakni rapat atau pertemuan dengan penjadwalan juga kode tertentu.

 

#6 Jitsi Meet

Dan aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Jitsi Meet. Uniknya Jitsi Meet merupakan aplikasi open sources sehingga pengguna dapat melakukan rapat dengan menavigasi ke situsnya saja.

Satu kelebihannya lagi, kamu bisa melakukan rapat tanpa harus melakukan registrasi akun.

Inilah Daftar Aplikasi Rapat Online Gratis Selain Zoom 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Aplikasi dan Software Trading Online Terpercaya!]

 

Selain itu ada beberapa fitur menarik yang dapat kamu gunakan di dalam aplikasi ini antara lain obrolan, rekaman yang dapat disimpan ke dalam Dropbox, hingga mengusir peserta yang mengganggu jalannya rapat.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Kesimpulan

Selain Zoom, ternyata ada banyak aplikasi rapat online yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif. Yang jelas aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat menghimpun semua kebutuhanmu dalam melakukan kegiatan rapat secara virtual dengan berbagai fitur yang bisa kamu nikmati.

Nah itulah beberapa aplikasi rapat online selain Zoom yang dapat kamu gunakan. Jadi kira-kira aplikasi manakah yang akan kamu gunakan untuk rapat selanjutnya?

Selain aplikasi rapat online, kamu juga perlu untuk menggunakan aplikasi pengatur keuangan saat Work From Home. Selain mempermudah dalam mengatur keuangan, aplikasi Finansialku bisa membantu kamu menghitung dana darurat.

Jadi tunggu apa lagi? Kamu bisa download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

 

Jadi itulah 6 aplikasi rapat online yang bisa kamu gunakan saat work from home. Jangan lupa share artikel ini dengan kolegamu, semoga bermanfaat…

 

Sumber Referensi:

  • Fahmi Ahmad Burhan. 9 April 2020. Zoom Diragukan Keamanannya, Ini 8 Aplikasi Lain Untuk Rapat Virtual. Katadata.co.id – https://bit.ly/3facDUm

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi rapat online – https://bit.ly/3facDUm
  • Aplikasi rapat online – https://bit.ly/2BPOnZb
  • Aplikasi rapat online – https://bit.ly/2XMmIRx
  • Aplikasi rapat online – https://bit.ly/2MIdKhB
  • Aplikasi rapat online – https://bit.ly/30qG28o