Apakah kamu sudah tahu kalau kamu bisa menghitung zakat dengan aplikasi kalkulator zakat di ponsel? Kira-kira pake aplikasi apa ya?

Yuk simak pilihannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hitung Zakat dengan Aplikasi Kalkulator Zakat Ini!

Dalam waktu dekat, umat Islam sudah memasuki Hari Raya Idul Fitri. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari makanan untuk keluarga dan kerabat, uang untuk sedekah, hingga zakat fitrah

Selain zakat fitrah, ada beberapa macam zakat yang harus dibayarkan oleh umat muslim. Antara lain zakat mal serta zakat penghasilan. Setiap jenis zakat tentu memiliki penghitungannya masing-masing.

 

10 Aplikasi Kalkulator Zakat di Ponsel

Sebenarnya dalam menghitung nilai zakat tidaklah mudah, namun juga tidak dapat dibilang sulit. Apalagi seiring perkembangan teknologi pada era modern ini, menghitung zakat tidak lagi harus dilakukan secara manual.

Terdapat berbagai macam pilihan aplikasi kalkulator zakat yang dapat memudahkan kamu. Aplikasi bisa digunakan dengan mengunduh secara gratis melalui ponsel.

Berikut ini 10 aplikasi menghitung zakat dengan berbagai fitur yang harus kamu ketahui.

 

#1 Hitung Zakat Muslim

Aplikasi untuk menghitung zakat yang pertama adalah Hitung Zakat Muslim. Aplikasi ini merupakan besutan Eng, Inc.

Aplikasinya sangat memberikan kemudahan bagi Muslim yang ingin menghitung zakat secara digital dengan hanya menggunakan smartphone Android.

Di aplikasi Hitung Zakat Muslim ini kamu bisa melakukan perhitungan zakat fitrah, zakat penghasilan dan harta, bahkan ada juga fitur untuk menghitung nisab zakat yang terkait.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan sangat ringan dengan hanya 1.8MB saja, lho.

 

#2 ZakatKLIK!

Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi untuk mencari maklumat zakat. Akan tetapi, aplikasi ini dapat juga disebut sebagai aplikasi yang bagus sebagai kalkulator zakat.

Dalam aplikasi ZakatKLIK! terdapat fitur di mana para penggunanya dapat menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Sama seperti aplikasi kalkulator zakat pada umumnya, di sini kamu diwajibkan mengisi jumlah penghasilan dan hal lainnya yang berkaitan dengan zakat. Dengan demikian, akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Aplikasinya sangat mudah dan tentunya bisa kamu unduh secara gratis.

Jangan Bingung! Hitung Zakat Anda dengan Aplikasi Kalkulator Zakat ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Misi Lembaga Keuangan: Imbauan Berzakat Bagi Setiap Orang]

 

#3 Kalkulator Zakat – Paling Pertama

Kalkulator Zakat yang diciptakan oleh produsen Paling Pertama ini memiliki tiga menu utama dalam aplikasi. Menu tersebut adalah Profil, Hitung Zakat, serta Pengaturan.

Jika kamu ingin melakukan perhitungan zakat, maka kamu dapat memilih menu Hitung Zakat. Terdapat beberapa pertanyaan dalam aplikasi yang wajib kamu jawab dalam membantumu menghitung zakat.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi kalkulator zakat lainnya, agar mengetahui besar zakat yang harus dibayar, maka kamu harus memasukkan jumlah penghasilan per bulan serta besar harta yang dimiliki.

 

#4 Zakat Mobile by Rumah Zakat

Aplikasi Zakat Mobile by Rumah Zakat ini sedikit berbeda dari aplikasi kalkulator zakat yang saya sebutkan sebelumnya. Pada aplikasi ini kamu diharuskan  terdaftar dulu sebagai salah satu pemegang zakat di Rumah Zakat.

Selain untuk mengontrol zakat yang telah kamu berikan, di Zakat Mobile by Rumah Zakat ini kamu juga bisa untuk menghitung zakat, lho.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur kalkulator zakat yang dapat menghitung setiap zakat yang kamu berikan. Bahkan terdapat fitur pengingat untuk mengingatkan kamu dalam membayar zakat agar tidak lupa.

 

#5 Zakatpedia

Aplikasi lain yang dapat menjadi pilihan kamu untuk kalkulator zakat adalah Zakatpedia. Selain memiliki tampilan yang segar, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil namun memungkinkan untuk kamu membayar berbagai macam zakat mulai dari zakat peternakan, zakat emas dan perak, hingga zakat hadiah.

Jangan Bingung! Hitung Zakat Anda dengan Aplikasi Kalkulator Zakat ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah ]

 

Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung menyalurkan donasi ke kalangan yang kurang mampu.

Keunggulan lain yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi ini yaitu memperoleh penjelasan rinci serta kalkulator zakat untuk menghitung besarnya zakat yang harus dibayar.

 

#6 Kitabisa

Kitabisa merupakan platform online yang bertujuan membantu masyarakat menggalang dana maupun membayar zakat.

Di aplikasi ini, kamu dapat menghitung besar zakat yang harus dibayar melalui menu kalkulator zakat. Bahkan melalui aplikasi ini kamu dapat menyalurkan zakat ke berbagai campaign yang diinisiasi oleh lembaga zakat terverifikasi.

 

#7 Kalkulator Zakat Indonesia

Sesuai dengan nama aplikasinya, Kalkulator Zakat Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi kalkulator zakat di Android yang juga memiliki fungsi untuk memudahkan siapapun khususnya umat Muslim dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Aplikasi ini memudahkan kamu dalam menghitung zakat penghasilan, zakat mal, zakat fitrah, zakat profesi, zakat emas, zakat harta, zakat pertanian, zakat perdagangan, zakat pendapatan, hingga zakat Selangor.

Kamu akan diminta untuk memasukkan nominal harga-harga juga penghasilan yang kamu terima sehingga keluarlah seberapa banyak zakat yang harus kamu jalani. Aplikasi ini bisa langsung kamu unduh di PlayStore secara gratis.

 

#8 Marbel Kalkulator Zakat

Aplikasi bagus untuk memudahkan kamu dalam perhitungan zakat lainnya adalah Marbel Kalkulator Zakat.

Di dalam aplikasinya terdapat berbagai macam fitur yang bisa dibilang cukup lengkap. Pasalnya, aplikasi ini juga dapat menghitung zakat profesi serta zakat maal.

Yang lebih kerennya lagi, di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam kurs mata uang. Bahkan aplikasi ini akan selalu update harga emas terbaru. Sangat cocok bagi kamu yang juga tertarik pada investasi emas.

Jangan Bingung! Hitung Zakat Anda dengan Aplikasi Kalkulator Zakat ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Serba-serbi Zakat Penghasilan, Zakat Fitrah, dan Zakat Mal]

 

#9 Aplikasi Perhitungan Zakat

Aplikasi lain untuk menghitung zakat adalah Aplikasi Perhitungan Zakat. Saat pertama kali kamu masuk ke dalam aplikasinya, kamu akan dipaparkan beberapa menu di antaranya Ilmu Zakat, Bantuan, Hitung Zakat, dan Profil.

Apabila kamu ingin melakukan perhitungan zakat maka pilihlah fitur Hitung Zakat.

Di dalam fitur tersebut kamu dapat melakukan perhitungan semua zakat  termasuk zakat fitrah serta zakat maal. Selain untuk menghitung zakat, Aplikasi Perhitungan Zakat ini juga menyediakan ilmu-ilmu mengenai zakat di bagian menu “Ilmu Zakat.”

 

#10 Ayo Bayar Zakat

Aplikasi yang dibuat dan digagas oleh Pemerintahan Kota Bandung dengan kolaborasi bersama Badan Zakat Nasional (Baznas) serta Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Bandung ini memiliki tujuan agar para warga khususnya daerah Bandung untuk tidak luput dalam membayar zakat.

Meski ini bukan merupakan aplikasi kalkulator zakat yang memang dikhususkan untuk menghitung zakat, namun dalam aplikasinya terdapat sebuah fitur untuk menghitung zakat berupa kalkulator zakat.

Sama seperti aplikasi kalkulator untuk menghitung zakat lainnya, kamu diwajibkan untuk mengisi beberapa pertanyaan mengenai harta kekayaan serta penghasilanmu.

Setelah kamu mengisi data dengan lengkap, maka akan muncul berapa besar zakat yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Aplikasi ini tentunya sangat mudah, cepat, dan sederhana, bukan? Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini dan hitung besarnya zakat yang perlu kamu keluarkan bulan ini.

 

Mana Aplikasi Zakat yang Kamu Pilih?

Itulah 10 aplikasi kalkulator zakat yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Sangat mudah, simple, juga praktis. Kamu tidak perlu repot dan bingung lagi karena menghitung zakat kini bisa kamu lakukan hanya dalam satu genggaman.

 

Sudah ada dana untuk berzakat? Coba deh rencanakan seluruh pengeluaran kamu dengan aplikasi Finansialku!

Unduh di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

Mau tahu lebih banyak seputar zakat? Pahami lebih jauh melalui video Finansialku berikut ini!

 

Setelah membaca artikel ini hingga selesai, apa pendapat dan opini Anda terkait informasi pada artikel ini? Yuk berikan pandangan Anda pada kolom komentar di bagian bawah artikel ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Listyorini. 27 Maret 2020. 10 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik. di Smartphone Android. Carisinyal.com – https://bit.ly/2WxqNbq

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi 01 – https://bit.ly/2yZlXe8
  • Aplikasi 02 – https://bit.ly/3g1pQjw
  • Aplikasi 03 – https://bit.ly/2WA7NZU
  • Aplikasi 04 – https://bit.ly/2Ar1Qpr