Hari Bumi merupakan buah kesadaran dari orang-orang yang peduli akan dampak lingkungan terhadap kesehatan manusia

Baca selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Sejarah, Makna dan Tema Hari Bumi

Dalam setahun sekali, tepat pada hari ini tanggal 22 April, seluruh dunia memperingati Hari Bumi. Hari Bumi menandai hari lahir gerakan lingkungan modern pada tahun 1970.

Hari Bumi dibuat untuk mengapresiasi lingkungan di planet ini dan meningkatkan kesadaran publik tentang polusi.

Pada tahun 1970, orang Amerika menghirup gas beracun (timah) secara besar-besaran melalui kendaraan sedan V8. Industri ini mengeluarkan asap dan lumpur tanpa resiko dan konsekuensi hukum.

Polusi udara di mana-mana. Namun saat itu, masih banyak orang yang belum sadar akan masalah lingkungan dan dampaknya pada kesehatan manusia.

Isu pencemaran lingkungan ini juga diangkat dalam buku karya Rachel Carson berjudul Silent Spring yang terbit pada 1962. Buku ini berkisah soal bahaya pestisida di perdesaan Amerika.

Hari Bumi 1970 menyuarakan kesadaran demi menyalurkan energi gerakan anti terhadap pencemaran dan untuk menempatkan masalah lingkungan di paling depan.

Adalah Gaylord Nelson, yang merupakan pencetus ide untuk hari nasional yang fokus pada lingkungan ini.

Nelson kemudian terinspirasi untuk mengorganisir melakukan pengajaran secara nasional yang berfokus pada mendidik masyarakat tentang lingkungan.

Kemudian, Nelson merekrut Denis Hayes, lulusan baru Stanford University yang aktif secara politis, sebagai koordinator nasional, dan membujuk Pete McCloskey dari California untuk menjadi wakil ketua.

Appreciate! Hari Bumi Sedunia 22 April, ini Sejarah dan Maknanya 02 - Finansialku

[Baca juga: Hebat! 4 Teknologi Ramah Lingkungan Ini Karya Anak Bangsa Lho!]

 

Pada 22 April 1970, 20 juta orang Amerika turun ke jalan, taman, dan auditorium untuk berdemonstrasi untuk lingkungan yang sehat dan berkelanjutan dalam demonstrasi pantai-ke-pantai besar-besaran.

Saat itu, ribuan perguruan tinggi dan universitas mengorganisir protes terhadap kerusakan lingkungan, melansir dari Zerowaste.id.

Tak berhenti di situ, orang-orang tersebut juga mengadakan diskusi di area publik untuk berbicara tentang lingkungan dan menemukan cara untuk mempertahankan planet ini.

Kelompok-kelompok yang telah berjuang melawan tumpahan minyak, pabrik-pabrik pencemar dan pembangkit listrik, pembuangan limbah mentah, pembuangan racun, pestisida, jalan raya, hilangnya hutan belantara, dan kepunahan satwa liar tiba-tiba menyadari bahwa mereka memiliki nilai-nilai yang sama,” menurut catatan History of Earth Day oleh Earth Day Network.

Sejak saat itu, hingga hari ini, peringatan Hari Bumi terus tumbuh dan dikenal dunia.

Makna dari Hari Bumi masih penting karena mengingatkan orang untuk berpikir tentang nilai-nilai kemanusiaan, ancaman yang dihadapi planet ini dan cara-cara untuk membantu melindungi lingkungan.

Hal itu diungkapkan oleh seorang profesor studi psikologi dan lingkungan di The College of Wooster di Ohio, Susan Clayton.

Berpikir tentang sejarah aktivisme lingkungan dan cara individu bekerja sama untuk mengubah kebijakan dapat membuat kita lebih optimis tentang kemampuan untuk membuat perubahan positif di masa depan,” kata Clayton, mengutip dari Kompas.com.

Di tahun ini, Hari Bumi 2021 mengusung tema “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi Kita. Fokusnya akan kepada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Perjuangan untuk menjaga lingkungan tepat lestari masih berlanjut, sebab hari ke hari kerusakan akibat perubahan iklim terasa semakin kuat dan nyata.

Yuk kita bersama-sama menjadi bagian dari Hari Bumi dengan melakukan hal kecil seperti memilah sampah dan terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya polusi yang menyehatkan.

 

Adakah cara merayakan sendiri yang dilakukan Sobat Finansialku di hari penting ini? Yuk cerita lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Dandy Bayu Bramasta. 22 April 2021. Mengenal Hari Bumi, dari Pengertian, Sejarah, hingga Maknanya. Kompas.com – https://bit.ly/3nlc4fL
  • Yulaika Ramadhani. 19 April 2021. Hari Bumi Sedunia 22 April: Sejarah & Tema Earth Day 2021.id – https://bit.ly/2QeNDo9
  • Maurilla Imron. Sejarah hari bumi – Earth Day. Zerowaste.id – https://bit.ly/3tT54sA

 

Sumber Gambar

  • 1 – https://bit.ly/3gALaz7
  • 2 – https://bit.ly/3arToW3