Seberapa penting siswa sekolah memiliki asuransi kecelakaan? Alasan apa yang mendasari pentingnya asuransi kecelakaan ini?

Artikel ini akan membahas pentingnya siswa untuk memiliki asuransi kecelakaan dan salah satu contoh asuransi kecelakaan diri untuk siswa yang ada di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kecelakaan Diri untuk Siswa

Anak merupakan anugerah bagi setiap orang tua dan salah satu bekal yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak adalah modal pendidikan. Setiap orang tua pasti ingin menyekolahkan anaknya di tempat terbaik.

Namun, menyekolahkan anak berarti membiarkan anak beraktivitas di luar pengawasan orang tua. Tentu sebagai orang tua hal ini dapat mengkhawatirkan apalagi mengingat segala macam risiko mungkin terjadi.

Selain itu, Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas pada anak yang tinggi di dunia. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kecerobohan pengguna jalan hingga road safety yang kurang.

 

Alasan Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri Siswa

Banyak alasan mengapa sebuah asuransi kecelakaan diri penting. Setiap asuransi pasti memiliki fungsinya masing-masing. Namun hal ini juga harus disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan masing-masing.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa asuransi kecelakaan diri penting.

 

#1 Memberikan Rasa Nyaman

Rasa nyaman akan datang apabila Anda mengetahui bahwa risiko kecelakaan dapat datang kapan saja namun Anda telah memiliki perlindungan.

Namun walaupun begitu, Anda harus tetap mengingatkan anak Anda untuk waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas.

Apakah Siswa Perlu Asuransi Kecelakaan Begini Informasinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Perlu Mengenali Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri Supaya Sejahtera!]

 

#2 Tidak Pusing Dengan Biaya

Dengan biaya pengobatan rumah sakit yang sangat tinggi, perlindungan melalui asuransi kecelakaan diri dapat membuat Anda lebih tenang.

Anda pun dapat fokus pada pemulihan dan pengobatan anak Anda dan tidak memusingkan masalah biaya.

 

#3 Tabungan Masa Depan

Produk asuransi kecelakaan diri biasanya disertai dengan manfaat investasi. Manfaat investasi ini dapat menjadi tabungan Anda di masa depan sehingga perencanaan keuangan Anda akan menjadi lebih baik.

Tanpa manfaat investasi pun, kondisi finansial dapat terjadi dengan lebih baik dengan adanya asuransi tersebut. Video berikut ini juga bisa memberikan penjelasan untuk Anda mengenai pentingnya asuransi kecelakaan.

 

Produk Asuransi Kecelakaan Diri Siswa

Untuk menjawab kerisauan ini, saat ini telah beredar produk asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi pada anak pada saat di sekolah. Asuransi ini adalah asuransi kecelakaan pribadi pada siswa.

Produk asuransi ini memberikan perlindungan atas biaya pengobatan hingga manfaat santunan meninggal, jika terjadi risiko kecelakaan pada siswa. Risiko yang terlindungi pun cukup beragam, seperti:

  • Jatuh
  • Terpeleset
  • Tergelincir
  • Bertabrakan yang intinya tidak disengaja, tiba- tiba, terjadi benturan, dan menyebabkan cedera
  • Keracunan makanan maupun minuman
  • Hilang

Apakah Siswa Perlu Asuransi Kecelakaan Begini Informasinya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Bedanya Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri]

 

Tujuan diadakannya produk ini adalah untuk memberikan rasa tenang dan nyaman kepada para orang tua ketika menyekolahkan anaknya.

Orang tua pun tidak perlu khawatir dengan risiko dan kerugian yang mungkin terjadi akibat risiko tersebut.

Tidak hanya berguna bagi orang tua murid, asuransi ini sebenarnya juga berguna bagi para pengurus sekolah. Selain memberikan rasa aman, produk ini juga memberikan nilai tambah pada institusi yang terkait.

Premi asuransi kecelakaan diri siswa biasanya dibebankan kepada masing-masing siswa.

Harganya pun cukup kompetitif dan jika dibebankan ke uang sekolah bulanan, maka kenaikannya tidak signifikan dan sangat kecil mengingat manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh pemilik sekolah, pengurus sekolah, orang tua siswa, maupun bagi para siswa.

 

QBE PA Student

QBE General Insurance melalui produknya QBE PA Student memberikan perlindungan kepada siswa. Produk ini menjamin risiko terjadinya kecelakaan pada siswa.

Pembeli polis adalah institusi pendidikan, seperti sekolah, kursus dan lainnya.

Produk ini juga menjamin risiko kematian, risiko cacat tetap, biaya perawatan dan/atau biaya pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan.

Apakah Siswa Perlu Asuransi Kecelakaan Begini Informasinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Resep Ampuh Memilih Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Pemula]

 

Kecelakaan di sini didefinisikan sebagai kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba dan tidak dikehendaki.

Jaminan pada QBE PA Student berlaku selama 24 jam tanpa ada pembatasan hanya pada saat jam sekolah dengan cakupan seluruh dunia. Ini berarti asuransi ini juga berlaku pada kegiatan ekstrakurikuler dan studi tur.

Premi untuk produk asuransi ini dimulai dari Rp 22 ribu untuk perlindungan 1 tahun dengan pilihan santunan mulai dari Rp 10 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta dan Rp 25 juta.

 

Perluasan Jaminan

Terdapat perluasan jaminan yang disediakan oleh QBE PA Student, yaitu:

  • Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara
  • Hilang dan tidak ditemukan
  • Mengendarai sepeda motor, jika tanpa memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) yang sesuai maka penggantian hanya sebesar 50% dari nilai klaim
  • Kegiatan olahraga (non profesional)
  • Penggantian biaya ambulance
  • Penumpang pesawat charter kecuali helikopter
  • Keracunan makanan/gas beracun

 

Ketentuan Polis

Untuk menjadi peserta asuransi ini, siswa atau siswi harus berusia minimal 3 tahun dan maksimal 20 tahun.

Selain itu, jika Anda memilih klaim biaya pengobatan menggunakan sistem reimbursement, berarti Anda dapat dengan bebas memilih rumah sakit.

Itulah penjelasan pentingnya asuransi kecelakaan bagi siswa sekolah jika dilihat dari fungsinya.

Jika Anda sebagai orang tua memerlukan asuransi kecelakaan tersebut untuk perlindungan diri anak Anda, tidak ada salahnya untuk segera mengajukan asuransi.

Apabila Anda mengalami masalah untuk pembelian asuransi ini, Anda bisa konsultasikan dengan ahli keuangan agar bisa mendapatkan rekomendasi produk asuransi yang tepat dengan kondisi keuangan Anda.

Terhubunglah bersama Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di Aplikasi Finansialku. Upgrade aplikasi ke premium dan dapatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode CUAN50. Download sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan contoh produk asuransi kecelakaan diri untuk siswa. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri. Prudential.co.id – https://bit.ly/2CeRUjR
  • Dimas Andika. Asuransi Kecelakaan Diri untuk Siswa. Ilmuasuransi.com – https://bit.ly/2VYecNQ
  • Admin. Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Siswa. Untungdicover.com – https://bit.ly/2O5rV0Z

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/3iXJVsw
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/3j0LcyL
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/2Wcrma2