Masih umur 20-an, memang perlu ya asuransi kesehatan? Hmm… coba baca pemaparan Finansialku berikut ini.

 

Biaya Pengobatan Semakin Meningkat

Kenaikan biaya pengobatan Indonesia termasuk terbesar di Asia, mengalahkan Singapura dan Asia.

Hasil survei “Medical Trends Around the World 2016” yang dikeluarkan Mercer Marsh Benefits menyebutkan biaya pengobatan di Tanah Air pada 2015 naik sebesar 12,7%.

Sementara itu Singapura yang selama ini dikenal sebagai destinasi pengobatan orang kaya Indonesia hanya mengalami kenaikan biaya 9,9%.

Riset ini juga mencatat, secara keseluruhan biaya pengobatan di Asia pada 2015 naik 10,3% melebihi angka inflasi yang hanya 1,7%.

Diperkirakan, pada 2016 kenaikan biaya medis Asia akan naik 11,5%, lebih besar dari perkiraan inflasi sebesar 2,1%. 

Asuransi Kesehatan untuk Kalian yang Berusia 20an

Sumber: Katadata.co.id

 

Lalu bagaimana untuk tahun berjalan?

 

Asuransi Kesehatan untuk Kalian yang Berusia 20an 2

Sumber: Katadata.co.id

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat inflasi Indonesia sebesar 1,6% secara tahunan (year on year/yoy) dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 106,53 pada September 2021.

Tingkat inflasi pada bulan lalu lebih tinggi dari Agustus 2021 yang sebesar 1,59%. Angkanya juga lebih tinggi dibandingkan pada September 2020 yang sebesar 1,42%.

Salah satu pengeluaran yang mengalami inflasi secara tahunan lainnya adalah biaya kesehatan sebesar 2,1%.

Hal tersebut tentu menjadi perhatian khusus, terutama generasi muda. Risiko kehidupan selama pandemi ini naik seiring mulai kembali aktivitas outdoor dan tatap muka di sekolah kantor diberlakukan kembali.

Untungnya sekarang pemerintah masih meng-cover beberapa dampak serta tindakan yang diambil untuk menanggulangi Covid-19.

Namun setelah ini menjadi endemik, bisa jadi masyarakat yang harus menanggung risiko itu sendiri, seperti terkena malaria, ISPA dsb.

Lalu apa yang harus kita lakukan supaya bisa meminimalkan risiko ini? Asuransi Kesehatan ternyata bisa bantu Sobat Finansialku meminimalkan risiko ini. 

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Kesehatan dan Pentingnya Dalam Hidup]

 

Namun sebelum kita bahas, kita harus sepakat dulu bahwa setiap orang yang sudah memiliki penghasilan perlu yang namanya perencanaan keuangan.

Kalau Sobat Finansialku belum memahami hal ini, kalian bisa baca ebook berikut ini. Klik untuk download.

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Asuransi Kesehatan yang Diperlukan Untuk Kalian yang Berusia 20an

Dalam perencanaan keuangan pribadi, kita sadar kita harus amankan keuangan kita, salah satunya adalah memiliki asuransi kesehatan. Ini adalah asuransi yang kita bayar premi dan manfaatnya kita peroleh secara langsung.

Dalam piramida perencana keuangan, asuransi masuk dalam taham proteksi dan manajemen risiko.

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan

 

Asuransi kesehatan sendiri ada 2 jenis:

  • Asuransi cashplan (santunan harian)
  • Asuransi hospital indemnity (membayar total tagihan RS)

 

Kedua asuransi tersebut saling melengkapi bukan menggantikan, jadi pastikan tidak tertukar ya. Untuk lebih lengkap mengenai kedua asuransi tersebut, Sobat Finansialku bisa baca artikel Yang Harus Kamu Tahu Tentang Asuransi Kesehatan.

Saat ini yang sudah banyak orang pilih adalah asuransi kesehatan (hospital indemnity) yang sudah tipe kamar (1 bedroom/ 2 bedroom) dan membayar tagihan rumah sakit sesuai tagihan, dan pada saat klaim ini memerlukan invoice asli.

Berbeda dengan asuransi cashplan cukup menggunakan copy kwitansi legalisir dan tentunya surat keterangan dokter, jadi kita bisa mengajukan claim ini lebih dari 1 perusahaan asuransi.

Bersyukur jika kalian memiliki benefit berupa asuransi kesehatan dari kantor, tapi harus diingat manfaat asuransi kesehatan kantor akan bisa dirasakan selama kita bekerja di sana saja.

Jadi jangan sampai kita sudah memiliki banyak riwayat medis selama kita bekerja, dan sesudahnya baru membeli asuransi kesehatan pribadi.

Bisa jadi kamu akan sulit membelinya, atau banyak pengecualian perolehan benefit, bahkan bisa ditolak jika kamu sudah memiliki historis medis tertentu seperti hipertensi, diabetes, dsb.

[Baca juga: Jenis Asuransi Kesehatan dan Tips Memilihnya]

 

Hal terakhir dan penting dalam asuransi adalah perhitungan budget-nya. Budget asuransi kesehatan ini jangan sampai mengganggu cashflow kamu ya. Ingat, tujuan asuransi adalah mengamankan kita dari risiko.

Jangan sampai kita membuat yang sudah aman menjadi tidak aman karena ingin keamanan yang lebih. Ujung-ujungnya malah jadi tidak aman sama sekali.

Kalau kalian bingung dengan banyaknya jenis asuransi kesehatan di luar saat ini, kamu bisa menghubungi Finansialku untuk insurance planning dengan CFP Finansialku.

Ada dua cara menghubungi CFP Finansialku, yaitu melalui fitur chat Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku, atau buat jadwal untuk konsultasi langsung (tatap muka/online) dengan CFP Finansialku melalui whatsapp Finansialku.

Praktis dan tentunya bisa bantu Sobat Finansialku dalam merencanakan keuangan kalian.

Download Aplikasi Finansialku Di Sini!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin Anda diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Simak juga tips membeli asuransi kesehatan dari Finansialku berikut ini!

 

Editor: Eunice