Kenali asuransi motor terbaik 2018 yang direkomendasikan oleh pelanggan.

Asuransi merupakan salah satu solusi perlindungan jika terjadi musibah atau hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya diri dan kesehatan Anda yang harus diasuransikan, motor juga merupakan salah satu kendaraan yang penting untuk dilindungi.

Artikel ini akan membahas beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi dan perusahaan yang menawarkan asuransi motor terbaik di tahun 2018.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Motor, Mengapa dan Apa Saja?

Salah satu kegunaan asuransi adalah perlindungan terhadap situasi ekonomi Anda. Dengan adanya asuransi, risiko seperti kecelakaan, kerusakan bahkan kehilangan dapat ditangani.

Sekarang ini, kebanyakan perusahaan asuransi telah mengadakan program asuransi motor. Jenis serta ketentuan yang ditawarkan pun berbeda.

 

Cara Memilih Asuransi Motor

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beragam pilihan asuransi motor. Sebagai pengguna, Anda harus cermat dalam memilih produk asuransi yang paling tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih sebuah produk asuransi.

 

#1 Ketahui Jumlah Premi yang Disanggupi

Premi merupakan biaya yang harus Anda keluarkan ketika membeli sebuah produk asuransi.

Biasanya, premi untuk asuransi motor dibayarkan setahun sekali, namun jika motor tersebut dibeli dengan sistem cicilan, maka premi akan disesuaikan dengan tenor kredit.

Memilih asuransi harus sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai pembayaran premi memberatkan finansial Anda dan mengurangi kemampuan pembiayaan kebutuhan lainnya.

Salah satu cara sederhana untuk menghitung premi adalah sebagai berikut:

Asuransi Motor Terbaik 2018 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Telusuri Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Supaya Anda Beruntung!]

 

Misalkan premi asuransi adalah 2,5% yang mana harga kendaraan (OTR atau on the road) adalah Rp20 juta, maka jumlah premi adalah

Besar premi dikalikan dengan harga OTR motor

2,5% x Rp20 juta = Rp500 ribu

 

Jika terdapat biaya lain contohnya biaya administrasi, maka biaya lain tersebut ditambahkan ke jumlah premi awal. Hasil akhir merupakan jumlah premi yang harus dibayar.

Selain jumlah premi, jumlah klaim juga sangat memengaruhi keputusan pemilihan asuransi. Berikut adalah cara menghitung nilai klaim:

Harga OTR motor – (Nilai penyusutan per tahun x harga OTR motor)

Rp20 juta – (10% x Rp20 juta) = Rp18 juta

 

#2 Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih asuransi tidak hanya bergantung pada jumlah premi dan jumlah klaim yang dapat diterima. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan motor Anda.

Beberapa kondisi yang dapat dijadikan pertimbangan adalah jenis, usia dan nilai ekonomi.

Secara garis besar, asuransi motor dapat dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah asuransi gabungan (comprehensive).

Asuransi gabungan adalah layanan asuransi yang menjamin hampir seluruh kerusakan pada kendaraan. Kerusakan tersebut mencakup kecelakaan kecil atau besar. Asuransi jenis kedua adalah asuransi TLO (Total Loss Only).

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Asuransi kedua melindungi kendaraan anda dari kerusakan di atas 75% atau kehilangan akibat tindakan kriminal misalnya penggelapan atau pencurian. Sesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan Anda.

Jika motor Anda jarang digunakan, mungkin lebih baik membeli asuransi TLO. Sebaliknya, jika masih baru dan sering digunakan, maka asuransi gabungan lebih sesuai.

 

#3 Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Jangan mudah tertipu dengan klaim tinggi dan premi yang rendah. Teknologi yang semakin canggih semakin memudahkan para penipu untuk membentuk perusahaan palsu dan data palsu.

Agar Anda tidak mudah tertipu, pilih perusahaan asuransi yang memang terdaftar dan memiliki reputasi yang baik. Pertimbangkan rekomendasi dari orang-orang di sekitar, misalnya dealer, teman atau keluarga.

Sedang Mencari Asuransi Terbaik Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hey Bikers! Ketahui dan Pahami Manfaat dan Biaya Asuransi Motor]

 

Salah satu cara yang juga dapat dilakukan adalah dengan mengecek rasio penyelesaian klaim. Semakin baik rasio tersebut, berarti pengaduan yang diberikan oleh klien dapat ditangani dengan baik.

Rasio ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih beberapa perusahaan asuransi yang telah memiliki reputasi baik.

 

#4 Kemudahan Proses Klaim

Risiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, proses pengajuan klaim sangat menentukan kemudahan pelanggan.

Yang pertama adalah syarat yang dibutuhkan, periksa apakah syarat pengajuan klaim bertele-tele atau masih dalam batas normal.

Yang kedua adalah banyaknya cara klaim. Jika Anda dapat melakukan klaim via online, telepon atau kunjungan langsung, pastinya akan lebih mudah.

Yang terakhir adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Layanan tersebut misalnya mobil ambulans, mobil derek, call center 24 jam dan lainnya.

Semakin banyak layanan yang ditawarkan maka semakin mudah proses klaim Anda. Walaupun banyak jasa yang ditawarkan, pastikan bahwa polis asuransi Anda mencakup seluruh layanan ini agar tidak ada biaya tambahan di kemudian hari.

 

#5 Jumlah Bengkel Rekanan

Jika terjadi kerusakan pada motor Anda, kendaraan tersebut dapat dibawa ke bengkel rekanan perusahaan asuransi. Jika jumlah bengkel rekanan banyak, maka semakin cepat dan mudah proses klaim.

Lokasi bengkel rekanan juga dapat menjadi bahan pertimbangan.

 

3 Perusahaan Asuransi Motor Terbaik

Setelah Anda mengetahui beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memilih asuransi motor, maka selanjutnya adalah memilih perusahaan asuransi.

Di bawah ini adalah beberapa perusahaan asuransi kendaraan motor terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Adira

Perusahaan kelahiran tahun 2002 ini telah menjadi salah satu perusahaan penyedia asuransi motor terbaik di Indonesia.

Produk asuransi untuk motor yang ditawarkan bernama Motorpro, yang mana asuransi tersebut meliputi:

  1. Total Loss Only (penggantian total): Pihak Adira akan memberikan penggantian sebesar 75% hingga 100% dari harga pasaran motor Anda, jika terjadi kehilangan atau kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan lebih dari 75%
  2. Personal Accident (kecelakaan pribadi): Seperti namanya, asuransi ini diberikan untuk menanggung konsumen yang mengalami kecelakaan akibat berkendara yang hingga menyebabkan kematian atau cacat total. Maksimum penggantian klaim adalah total harga pertanggungan.
  3. Medical Expense (biaya pengobatan): Program ini memberikan perlindungan biaya penggantian pengobatan seharga maksimal 10% dari total pertanggungan untuk pengendara yang mengalami kecelakaan.

 

Konsultasi Apakah Asuransi Motor Penting Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Pengendara Motor Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?]

 

#2 Allianz

Walaupun jarang dipilih oleh masyarakat karena harganya yang cukup tinggi, Allianz merupakan sebuah perusahaan asuransi luar negeri yang memiliki reputasi sangat tinggi di Indonesia.

Untuk produk asuransi motor yang ditawarkan oleh Allianz, mencakup:

  1. Total Loss Only: Jika kendaraan bermotor mengalami kerusakan lebih dari 75% atau terjadi pencurian atas motor Anda, Allianz akan memberikan penggantian atas kerugian tersebut.
  2. All Risk: Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan untuk segala kerusakan yang timbul baik akibat bencana alam.

 

#3 Garda Oto

Pasti Anda pernah melihat kantor cabang Garda Oto dimana-mana. Garda Oto merupakan salah satu perusahaan asuransi otomotif terbaik yang ada di Indonesia dengan produk asuransi khusus kendaraan beroda dua yang bernama Garda Motor.

Layanan Garda Motor yang ditawarkan mencakup:

  1. Total Loss Only: Jika kendaraan bermotor mengalami kerusakan lebih dari 75% atau terjadi pencurian, maka Garda Motor akan memberikan penggantian hingga 75% dari nilai kendaraan sesuai waktu kejadian.
  2. Personal Accident (kecelakaan pribadi): Jika terjadi kecelakaan yang berakibat pada konsumen, baik kecelakaan kecil hingga meninggal dunia, konsumen akan mendapatkan penggantian hingga 100%.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan lainnya.

 

Sadari Pentingnya Memiliki Asuransi

Walaupun asuransi memiliki manfaat yang cukup besar, banyak di antara pemilik dan pengguna motor yang masih tidak sadar.

Memiliki asuransi sejak dini dapat mengurangi beban premi serta kerugian yang akan disebabkan oleh kejadian yang tidak diinginkan.

 

Asuransikan motor Anda sejak dini! Tingkatkan kepedulian keluarga dan teman Anda akan pentingnya asuransi motor dengan membagikan artikel ini.

Dengan ini, diharapkan semakin banyak pengguna yang terhindar dari kerugian besar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Perusahaan Asuransi Motor Terbaik di Indonesia. Harianoto.com – https://goo.gl/7i3pT3
  • Angelina Donna. 12 Desember 2017. Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Motor Kesayangan Anda. Suara.com – https://goo.gl/1mfijG

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Motor Terbaik 2018 01 – https://goo.gl/bVYb1o
  • Asuransi Motor Terbaik 2018 02 – https://goo.gl/nPJ3oF