Banyak orang sering berpikir, apakah perlu memiliki asuransi kecelakaan diri? Hal ini disebabkan oleh banyaknya kecelakaan di jalan akibat dari kecerobohan pengendara, baik motor maupun mobil.

Rubrik berikut ini akan membahas tentang asuransi kecelakaan diri dan apakah pengendara motor perlu memiliki asuransi kecelakaan diri atau tidak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah salah satu jenis asuransi yang akan menanggung kerugian finansial akibat kecelakaan atau risiko yang datangnya dari luar tubuh.

Asuransi kecelakaan diri dapat memberikan manfaat berupa rawat inap di rumah sakit maupun rawat jalan.

Bahkan, dapat juga berupa uang pertanggungan yang diberikan secara tunai karena kecelakaan tersebut mengakibatkan kehilangan anggota tubuh atau mengakibatkan cacat sebagian atau cacat tetap total.

 


 

Asuransi kecelakaan diri dapat berupa asuransi tradisional atau pun asuransi unitlink.

Salah satu yang sering menawarkan asuransi kecelakaan diri secara khusus adalah kartu kredit, dimana asuransi tersebut akan memberikan perlindungan berupa penggantian biaya pada saat terjadi kecelakaan, mulai dari biaya rumah sakitnya sampai dengan santunan kematian akibat kecelakaan.

Asuransi kecelakaan diri yang ditawarkan kartu kredit biasanya merupakan asuransi tradisional, dimana tidak terdapat unsur tabungan ataupun investasi.

Asuransi unitlink juga meng-cover kecelakaan diri, tetapi tidak secara khusus dinamakan manfaat kecelakaan diri, tetapi lebih berupa asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan.

Apakah Pengendara Motor Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hey Bikers! Ketahui dan Pahami Manfaat dan Biaya Asuransi Motor]

 

Asuransi kesehatan dapat meng-cover semua biaya pengobatan akibat kecelakaan dan asuransi kecelakaan dapat memberikan santunan berupa uang pertanggungan, apabila nasabah mengalami cacat akibat kecelakaan sampai dengan meninggal dunia.

Secara luas, asuransi kecelakaan diri dapat menanggung semua hal yang bersifat kecelakaan, baik di jalanan maupun di tempat-tempat lainnya.

Asuransi kecelakaan diri dapat melindungi seseorang apabila terjatuh di jalan, tersayat pisau, tertabrak di jalanan, terjatuh dari tangga, dan lain sebagainya.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tetapi pada saat ini, kita akan lebih fokus kepada manfaat kecelakaan diri bagi pengendara sepeda motor.

Apakah pengendara motor perlu memiliki asuransi kecelakaan diri?

 

Apakah Pengendara Motor Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?

Pada bagian ini, memang kita akan lebih fokus kepada pengendara motor.

Di jalan raya, pengendara motor biasanya mendapatkan cedera yang lebih berat dibandingkan pengendara mobil. Hal ini dikarenakan sistem keamanan mobil dengan air bag-nya lebih baik dibandingkan motor.

Jika terjadi kecelakaan di jalan raya seperti tabrakan, tergelincir atau kecelakaan lainnya, maka pengendara motor akan terkena dampak yang lebih besar dibandingkan pengendara mobil.

Oleh karena itu, menjadi pertanyaan bagi banyak pengendara motor, apakah pengendara motor perlu memiliki asuransi kecelakaan diri?

Cara Cerdas Mencicil Motor Agar Tak Kekurangan Uang Tiap Bulan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Asuransi Motor Penting? Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi?]

 

Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan pada saat Anda sebagai pengendara motor ingin memiliki asuransi kecelakaan diri.

Di bawah ini beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan pada saat bertanya, apakah perlu saya memiliki asuransi kecelakaan diri.

 

#1 Seberapa Sering Anda Menggunakan Motor Anda Dan Berapa Jauh Jarak Tempuhnya?

Ini adalah salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan pada saat Anda ingin mengambil asuransi kecelakaan diri.

Jika di dalam keseharian atau pekerjaan Anda, motor merupakan alat transportasi utama Anda, memang asuransi kecelakaan diri cukup perlu untuk dimiliki.

Memang Anda dapat saja berhati-hati dalam mengendarai motor Anda, tetapi Anda tidak dapat mengetahui apakah orang lain akan mengendarai motor sehati-hati seperti Anda.

Anda mungkin dapat mengontrol diri sendiri agar lebih hati-hati dalam mengendarai motor, tetapi Anda tidak dapat mengontrol orang lain untuk sama berhati-hati seperti Anda.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Apalagi jika Anda cukup sering bepergian jauh dengan menggunakan sepeda motor.

Semakin lama Anda mengendarai motor di jalanan, maka tingkat risiko kecelakaan semakin tinggi, karena dapat saja Anda kelelahan, sehingga kurang fokus atau Anda melewati daerah-daerah yang rawan kecelakaan.

Oleh karena itu, jika Anda sering menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi Anda dan Anda sering menempuh jarak yang cukup jauh, Anda dapat mulai merencanakan dan mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kecelakaan diri.

Tetapi jika tidak, maka mungkin Anda belum membutuhkan asuransi kecelakaan diri.

 

#2 Apakah Anda Memiliki Tanggungan?

Hal kedua yang cukup penting untuk dipertimbangkan adalah hal ini, apakah Anda adalah seseorang yang memiliki tanggungan atau menanggung hidup orang lain.

Artinya, Andalah yang menjadi pencari nafkah bagi orang tersebut, seperti orangtua, adik, saudara, istri atau anak?

Jika memang ada orang yang bergantung pada Anda akan biaya hidup mereka atau biaya lainnya, maka akan jauh lebih baik jika Anda memiliki asuransi kecelakaan diri.

Cara Cerdas Mencicil Motor Agar Tak Kekurangan Uang Tiap Bulan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih Asuransi Motor Terbaik, Karena Akibatnya Bisa Runyam]

 

Dalam hal ini asuransi kecelakaan diri bermanfaat sebagai pengganti penghasilan apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cacat atau meninggal dunia.

Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa yang meng-cover akan hal ini, maka Anda tidak lagi membutuhkan asuransi kecelakaan diri.

Tetapi jika tidak dan apalagi pekerjaan yang Anda lakukan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi, ada baiknya jika Anda memiliki asuransi kecelakaan diri.

 

#3 Apakah Anda Memiliki Asuransi Yang Lainnya?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa asuransi kecelakaan diri sebenarnya juga dapat merupakan bagian yang dilindungi dari asuransi kesehatan maupun asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa.

Jadi, jika Anda sudah memiliki salah satu atau dua asuransi di atas yang sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan keuangan Anda, maka Anda belum tentu memerlukan asuransi kecelakaan diri lagi.

Tetapi, jika Anda belum memiliki asuransi jiwa, asuransi kesehatan maupun asuransi kecelakaan, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil asuransi, salah satunya asuransi kecelakaan diri.

 


 

Perlu Atau Tidak, Tergantung Kebutuhan Anda

Asuransi kecelakaan diri biasanya memiliki biaya premi yang sangat murah, tetapi hal ini dapat merupakan suatu kerugian jika Anda membelinya tanpa melihat apakah bermanfaat atau tidak untuk Anda. Apakah Anda sebenarnya sudah memiliki asuransi yang lain atau tidak.

Tetapi akan menjadi keuntungan jika Anda membelinya karena Anda mengerti manfaatnya untuk Anda.

Perlu atau tidaknya asuransi kecelakaan diri, semuanya sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai asuransi kecelakaan diri? Apakah Anda merasa perlu untuk mengambil asuransi kecelakaan diri?

Apakah artikel ini memberikan Anda wawasan dalam mempertimbangkan memiliki asuransi kecelakaan diri? Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Silakan bagikan artikel ini kepada orang-orang yang mungkin belum pernah membaca informasi ini.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kecelakaan Diri Pengendara Motor – https://goo.gl/C8zZNn
  • Asuransi Kecelakaan Diri Motor – https://goo.gl/5xCX2K

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang