Konsultasi: Apakah Asuransi Motor Penting? Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi?

Apakah asuransi motor penting? Apa manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi? Anda pasti sudah sering mendengar betapa pentingnya asuransi mobil jika Anda membeli atau memiliki sebuah mobil. Tetapi bagaimana dengan asuransi motor? Bagaimana bayangan Anda ketika Anda diminta untuk mengasuransikan motor Anda? Apa saja manfaat yang dapat diberikan kepada Anda? Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Asuransi Motor

Salah satu teman kami bertanya melalui Facebook Finansialku mengenai asuransi kendaraan bermotor:

 

Pertanyaan: Halo Finansialku! Mau bertanya dong. Apakah asuransi untuk motor itu penting? Apa manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi? Mohon jawabannya dari tim Finansialku. Makasih.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda.

 

Jawab:

Asuransi untuk motor, sama seperti asuransi mobil, bertujuan untuk melindungi pemilik kendaraan dari kerugian finansial jika terjadi risiko pada kendaraan tersebut. Asuransi motor tersedia dalam dua pilihan yang bisa ditentukan sendiri oleh nasabah, yakni asuransi Total Lost Only (TLO) atau asuransi All Risk. Baik asuransi unutk motor TLO maupun asuransi untuk motor all risk mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

 

Manfaat Asuransi Motor

Asuransi motor Total Loss Only (TLO) cocok bagi orang yang menginginkan proteksi dengan premi yang lebih murah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan proteksi dengan anggaran terbatas (low budget) maka jenis asuransi ini bisa menjadi pilihan. Jenis asuransi sepeda motor ini mencakup kerusakan akibat kecelakaan parah dan tindak kejahatan pencurian maupun perampasan.

Konsultasi Apakah Asuransi Motor Penting Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memilih Asuransi Mobil dan Cara Klaim]

 

Dalam hal kecelakaan, kerusakan motor harus lebih dari 75%. Jika di bawah angka persentase tersebut, biaya kerusakan enggan ditanggung dan sepenuhnya jadi tanggung jawab pemilik. Pihak asuransi berhak menolak ganti rugi biaya kerusakan minor seperti goresen di bodi motor, lampu kaca pecah, spion hilang dicuri, ban bocor dan sebagainya.

Kasus penggelapan motor tidak masuk dalam proteksi asuransi ini. Jadi Anda harus jeli dalam mempelajari ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi. Meskipun demikian, Total Lost Only tetap menjadi pilihan tepat mengingat jumlah iuran tidak memberatkan kantong.

Asuransi motor All Risk cocok bagi orang yang ingin mendapatkan perlindungan maksimal. Jenis asuransi untuk motor ini memiliki cakupan lebih luas dan lengkap dibandingkan dengan asuransi Total Lost Only. Pemilik kendaraan memperoleh ganti rugi atas dampak bencana alam, kecelakaan, tindak kejahatan hingga kerusakan minor seperti lecet kecil di bodi motor.

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Tak hanya itu saja, nasabah juga dapat memperluas jaminan atas penyebab kerusakan sesuai keinginan pribadi. Hampir semua risiko dilindungi oleh jenis asuransi ini kecuali dinyatakan masuk dalam pengecualian dalam polis asuransi kendaraan yang diambil. Akan tetapi asuransi motor All Risk memiliki harga premi yang jauh lebih mahal daripada asuransi TLO.

 

Apakah Asuransi Motor Penting?

Seperti yang sudah kita ketahui, asuransi motor memiliki manfaatnya masing-masing sesuai dengan jenis asuransi yang kita pilih. Tetapi ada beberapa hal yang juga dapat diberikan oleh asuransi motor kepada Anda yang menggunakannya, antara lain:

 

#1 Anda Lebih Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Risiko jalanan saat ini telah menjadi faktor pembunuh nomor tiga di dunia sehingga lalu lintas padat dan rawan kecelakaan merupakan kekhawatiran tersendiri untuk pengendara motor. Kebutuhan akan proyeksi ketika berkendara asuransi terhadap segala risiko yang terjadi akan membuat kita lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

 

#2 Asuransi Akan Mengurangi Biaya Kerugian Saat Terjadi Risiko

Asuransi motor sangat bermanfaat karena jika terjadi risiko yang menimpa kendaraan Anda, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam satu waktu untuk memperbaiki motor atau bahkan menggantinya jika hilang. Pihak asuransi akan membantu Anda dengan memberikan uang pertanggungan ketika terjadi risiko pada kendaraan Anda.

Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

Dilihat dari manfaat-manfaatnya, tentu saja dengan memiliki asuransi motor, Anda akan sangat terbantu. Akan tetapi Anda juga harus melihat kondisi keuangan Anda pada saat Anda mengambil asuransi motor tersebut. Jika untuk membayar cicilan kendaraan Anda saja, sudah sangat pas-pasan, apakah Anda masih dapat menambah biaya untuk mengambil asuransi motor tersebut.

Tetapi selain dari itu, Anda juga harus mempertimbangkan kegunaan motor tersebut pada saat ingin mengambil asuransi motor. Jika motor tersebut digunakan untuk operasional usaha, akan jauh lebih baik jika motor tersebut diasuransikan agar apabila terjadi risiko, Anda akan dapat segera mendapatkan motor yang baru untuk operasional usaha Anda.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia?]

 

Sebenarnya harga asuransi motor jauh lebih murah dibandingkan harga motor, tetapi jika Anda mengambil asuransi motor untuk motor yang jarang sekali digunakan (hanya sesekali saja) karena biasanya Anda menggunakan mobil sebagai operasional, atau Anda hanya membeli motor tersebut untuk mengantar anak pergi ke sekolah pada pagi hari saja, tentu saja asuransi motor tersebut manfaatnya akan tidak begitu dirasakan.

 

Ambil Asuransi Jika Bermanfaat Untuk Anda

Asuransi motor layaknya payung yang harus kita sediakan sebelum hujan. Akan tetapi jika Anda adalah orang yang jarang bepergian, Anda akan sangat jarang menggunakan payung tersebut, sehingga payung tersebut menjadi tidak terlalu berguna. Tidak ada salahnya jika Anda memiliki asuransi kendaraan untuk ketenangan dan kenyamanan hidup Anda, akan tetapi akan jauh lebih baik lagi jika Anda mengambil asuransi karena Anda membutuhkannya dan bermanfaat untuk Anda.

 

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda mengasuransikan motor Anda? Apakah artikel ini memberikan informasi tambahan bagi Anda yang belum mengasuransikan motor Anda? Silahkan bagikan artikel ini bagi teman-teman Anda yang membutuhkan informasi ini.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 31 Maret 2016. Asuransi Motor: Ini Alasan Kenapa Anda Perlu Menggunakannya. Cermati.com – https://goo.gl/3w92sm

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Motor – https://goo.gl/cjXerz dan https://goo.gl/mEgpXr

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

2 Comments

  1. Iim 27 July 2017 at 09:36 - Reply

    gabisa kebuka eror

    • Finansialku
      Finansialku 1 August 2017 at 15:02 - Reply

      Hi Pak Lim, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Mohon maaf pak Lim, apa yang error ya?

Leave A Comment