Terdapat berbagai cara melindungi diri dengan asuransi jiwa dan asuransi mobil bagi Anda yang sering pergi dengan mobil pribadi. Pada artikel ini, Finansialku akan membahas beberapa cara tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan Anda perlindungan terhadap kerugian finansial yang mungkin terjadi apabila terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan seperti, kematian, cacat total tetap atau sudah tidak produktif atau kejadian yang menyebabkan seseorang kehilangan penghasilan. Dengan adanya asuransi jiwa, Anda dan keluarga Anda dapat meminimalisasi risiko yang tidak terduga.

Selain itu, dengan adanya asuransi jiwa, Anda dan keluarga tidak perlu takut jikalau terjadi suatu peristiwa di luar dugaan karena Anda telah memiliki rencana cadangan. Tentunya layaknya setiap asuransi, Anda diharuskan untuk membayar premi bulanan yang harganya beragam dan disesuaikan dengan perlindungan yang nantinya akan Anda dapatkan.

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih Asuransi Motor Terbaik, Karena Akibatnya Bisa Runyam]

 

Asuransi Mobil

Di lain sisi, asuransi mobil mempunyai sistem yang tidak jauh berbeda, hanya saja yang dilindungi oleh asuransi mobil adalah kendaraan Anda. Risiko yang dilindungi adalah kecelakaan, bencana alam, kerusakan saat berkendara atau karena bencana alam. Tentunya risiko ini membutuhkan biaya yang cukup banyak mulai dari perbaikan mobil hingga perawatannya. Dengan adanya asuransi, Anda akan terhindar dari kerugian tersebut.

Terdapat 2 jenis asuransi mobil yang beredar, TLO (Total Loss Only) dan All-risk. Perbedaannya terdapat pada tipe perlindungan yang diberikan. Untuk TLO, jaminan hanya diberikan untuk kerugian yang melebihi 75% dari harga mobil serta kehilangan akibat pencurian. Sedangkan pada asuransi mobil All-risk, jaminan diberikan untuk segala risiko, yang mencakup kerusakan ringan ataupun berat, kehilangan hingga risiko apapun yang terjadi pada kendaraan Anda.

 

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi

Jika Anda sering bepergian, berarti Anda memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang hanya diam di rumah. Tetapi risiko ini tentunya telah berkurang dengan adanya asuransi. Baik asuransi mobil maupun asuransi jiwa berfungsi untuk membantu Anda terhindar dari risiko kerugian finansial. Untuk memaksimalkan perlindungan diri Anda dengan asuransi, berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan:

Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan]

 

#1 Periksa Masing-masing Polis Asuransi Anda

Sebelum Anda mengajukan klaim pada perusahaan asuransi, periksa terlebih dahulu polis Anda. Ketahuilah informasi mengenai risiko apa saja yang dapat ditanggung oleh polis asuransi serta persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi. Dengan mencari informasi sejelas mungkin, Anda akan lebih cepat menangani risiko tersebut jika terjadi.

Setelah mengetahui dengan jelas perlindungan yang ditawarkan dalam ketentuan asuransi, selanjutnya Anda harus mengetahui prosedur yang benar untuk mengajukan klaim. Selain itu, selalu persiapkan berkas dokumen yang dibutuhkan sebelum Anda mengajukan klaim karena kebanyakan klaim mempunyai batas waktu maksimal setelah kecelakaan atau risiko terjadi. Mempersiapkan segala kebutuhan sebelum diperlukan adalah langkah yang tepat untuk melindungi diri Anda.

 

 

#2 Pilihlah Asuransi yang Tepat

Memilih asuransi yang tepat adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk melindungi diri. Banyak perusahaan asuransi yang ‘abal-abal yang menawarkan Anda premi bulanan murah tetapi ternyata pada saat Anda mengajukan klaim, permintaan Anda tidak diproses.

Selain itu, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda dan penawaran yang berbeda. Misalnya ada yang memberikan produk asuransi jiwa berbasis investasi sehingga Anda dapat menerima uang tunai hasil investasi Anda pada saat risiko terjadi, sekaligus uang pertanggungan.

Selain jenis asuransi yang ditawarkan, Anda juga harus mengetahui dengan jelas perbandingan biaya yang Anda perlukan untuk mengajukan klaim, ada beberapa perusahaan asuransi yang membutuhkan biaya administrasi lebih sedikit, ada pula yang cukup mahal. Oleh karena itu, pilihan asuransi Anda dapat menentukan perlindungan yang Anda dapatkan.

Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui]

 

#3 Berkendara dengan Kondisi yang Baik

Walaupun Anda telah memiliki asuransi, bukan berarti Anda boleh sembarangan berkendara. Hal pertama yang harus Anda ingat adalah berkendaralah dalam kondisi yang bugar. Hindari berkendara dalam kondisi mengantuk karena hal ini dapat membuat Anda hilang kesadaran dan membahayakan penumpang dan kendaraan lainnya.

Kedua, jangan pernah mengkonsumsi minuman keras (miras) pada saat Anda berkendara. Selain berbahaya, jika kecelakaan terjadi ketika Anda di bawah efek alkohol, maka pihak asuransi berhak menolak klaim Anda dan Anda tidak akan mendapatkan sedikitpun uang pertanggungan.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai tips memilih asuransi. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Periksa Kendaraan Anda

Sebelum memulai perjalanan, alangkah baiknya Anda memeriksa dahulu kendaraan Anda. Periksalah mesin, bensin serta kelayakan ban Anda untuk melakukan perjalanan panjang. Selain itu, utamakan keselamatan Anda, jangan sampai Anda terlalu lelah saat berkendara.

 

Apakah Anda sering melakukan perjalanan ke luar kota? Apakah Anda memiliki asuransi jiwa dan asuransi kendaraan? Persiapan apa saja yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa perjalanan Anda menyenangkan? Berikanlah pendapat dan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Futuready Team. 7 September 2016. Perbedaan Antara Asuransi Perjalanan dengan Asuransi Jiwa, dan Apa Manfaatnya. Futuready.com – https://goo.gl/Xin4U6
  • Akbar. 13 Januari 2017. Sering Keluar Kota Pakai Mobil Pribadi? Begini Caranya Melindungi Diri. Duitpintar.com – https://goo.gl/dMfmUh

 

Sumber Gambar:

  • Woman Driving – https://goo.gl/2q9gy9
  • Asian Man Driver – https://goo.gl/fr6OxH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang