Apa saja kelebihan-kelebihan asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk perlindungan yang dibutuhkan setiap orang, terutama ketika sudah menikah dan memiliki tanggungan. Berikut adalah 7 keajaiban asuransi jiwa yang akan bermanfaat bagi Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk proteksi yang dapat digunakan setiap orang. Sayangnya masih banyak orang yang meragukan kepentingan memiliki asuransi jiwa. Seringkali seseorang merasa ‘sayang’ mengeluarkan uang untuk membeli asuransi jiwa karena manfaatnya tidak terlihat saat ini. Berbeda halnya dengan membeli barang-barang seperti ponsel atau mobil baru yang manfaatnya langsung terasa pada saat itu juga.

Tetapi ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh keluarga ketika Anda meninggal nanti. Berikut adalah 7 keajaiban asuransi jiwa yang akan bermanfaat bagi Anda di kemudian hari:

Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui 1 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Single, Apa Perlu Membeli Asuransi Jiwa?]

 

#1 Pengganti Penghasilan

Uang pertanggungan yang didapatkan ketika pemilik asuransi jiwa meninggal dapat digunakan sebagai pengganti penghasilan. Jika Anda adalah seorang kepala keluarga (atau istri yang bekerja) maka pendapatan keluarga bergantung pada Anda. Ketika Anda meninggal dunia maka penghasilan tersebut akan terhenti sehingga kebutuhan keluarga yang ditinggalkan akan terlantar. Uang pertanggungan dari asuransi jiwa dapat menggantikan penghasilan ini sehingga kebutuhan sehari-hari keluarga tetap terpenuhi.

 

#2 Memenuhi Tujuan Keuangan yang Belum Tercapai

Tidak ada yang tahu kapan Anda akan meninggal dunia. Bukan tidak mungkin ketika Anda meninggal dunia masih ada utang atau tujuan keuangan yang belum tercapai. Misalnya Anda masih memiliki cicilan mobil atau KPR, atau mungkin biaya pendidikan anak yang sedang dipersiapkan belum terpenuhi. Uang pertanggungan dari asuransi jiwa biasanya diperhitungkan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Dengan begitu utang dapat dilunasi dan tujuan keuangan dapat tetap dipenuhi.

5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

#3 Menjaga Kualitas Hidup

Umumnya ketika seorang anggota keluarga yang menjadi sumber penghasilan keluarga meninggal, kualitas kehidupan keluarga yang ditinggalkan akan menurun. Misalnya jika keluarga Anda biasa menikmati makan malam di restoran setiap akhir pekan, mungkin keluarga yang ditinggalkan harus berhemat sekedar untuk membeli makanan sehari-hari. Uang pertanggungan yang diberikan oleh asuransi jiwa telah diperhitungkan sedemikian rupa agar dapat tetap membiayai keluarga yang ditinggalkan dengan kualitas hidup yang sama. Dengan begitu keluarga yang ditinggalkan tidak akan hidup sengsara setelah anggota keluarga yang memiliki penghasilan meninggal dunia.

 

#4 Biaya Duka

Bagi keluarga yang ditinggalkan, kematian seorang anggota keluarga akan menjadi hal yang sangat menyedihkan. Ketika dihadapkan dengan kondisi berduka, setiap orang umumnya merasa sangat emosional dan sulit untuk berpikir secara rasional. Memikirkan segala acara penguburan dan penghiburan pasti sangat memusingkan karena semua dilakukan secara mendadak. Keadaan akan semakin kacau dan memusingkan jika keluarga yang ditinggalkan tidak memiliki biaya untuk mengadakan seluruh rangkaian acara kedukaan tersebut. Untungnya uang pertanggungan dari asuransi jiwa akan segera cair begitu tertanggung meninggal dunia. Uang pertanggungan ini dapat digunakan untuk membayar biaya-biaya yang terkait dengan proses penguburan.

Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri Untuk Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan Diri?]

 

#5 Biaya Rumah Sakit

Pada kejadian yang umum, seseorang yang meninggal dunia biasanya sudah mengalami perawatan di rumah sakit. Bisa karena penyakit kritis yang berlangsung cukup lama, penyakit yang tiba-tiba, atau mungkin kecelakaan. Biaya yang harus dibayarkan untuk rumah sakit tentu tidak murah dan seringkali sangat membebani keluarga yang ditinggalkan. Uang pertanggungan dari asuransi jiwa dapat menggantikan kerugian yang harus ditanggung keluarga untuk membayar biaya rumah sakit yang sangat mahal tersebut.

 

#6 Biaya Mengurus Warisan

Waris merupakan salah satu hal yang harus diurus oleh keluarga yang ditinggalkan. Ketika mengurus warisan tersebut, keluarga yang ditinggalkan harus menggunakan jasa-jasa seperti notaris, pengacara dan jasa lainnya. Jika tidak memiliki dana yang memadai, bisa-bisa warisan yang Anda tinggalkan justru malah mempersulit keuangan keluarga. Sementara tidak mungkin warisan tersebut tidak diproses. Karena itu uang pertanggungan dari asuransi jiwa juga mencakup kebutuhan biaya administratif untuk mengurus harta warisan yang ditinggalkan oleh tertanggung.

 quiz-sudah-cukupkah-asuransi-jiwa-dan-kesehatan-anda-finansialku

[Baca Juga: Quiz Sudah Cukupkah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Anda?]

 

#7 Biaya Pajak dan Bea

Jika Anda meninggal dunia dan mewariskan harta yang terkait pajak, maka ada biaya yang harus dibayarkan oleh keluarga yang ditinggalkan untuk mengurus proses balik nama. Misalnya jika Anda mewariskan sebuah mobil yang kepemilikannya atas nama Anda, maka pewaris harus mengurus proses balik nama mobil tersebut dari nama Anda ke namanya. Sama halnya jika Anda mewariskan tanah atau properti, ada biaya yang harus dibayarkan untuk memindahkan nama pemilik properti tersebut ke nama pewaris. Biaya ini juga dapat ditanggung dengan uang pertanggungan yang diberikan asuransi jiwa. Jangan menyepelekan biaya pajak dan bea ini, banyak pewaris yang akhirnya tidak bisa melakukan apa-apa terhadap harta yang diwarisinya karena tidak memiliki dana untuk membiayai proses balik nama harta tersebut.

 

Jadi, Masih Berpikir Asuransi Jiwa Tidak Penting?

Asuransi jiwa sering disepelekan oleh orang awam yang belum mengetahui dengan jelas manfaat-manfaatnya. Anda memang tidak dapat merasakan manfaatnya saat ini, tetapi di kemudian hari ketika Anda meninggal dunia asuransi jiwa memiliki banyak manfaat. Tentu tidak ada orangtua yang ingin anaknya hidup sengsara di masa depan. Jika Anda ingin kehidupan keluarga terjamin bahkan ketika Anda sudah meninggal dunia, sebaiknya segera miliki asuransi jiwa saat ini juga.

 

Apa yang Anda ketahui tentang asuransi jiwa? Berikan pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • FPSB Indonesia. 2016. The 8 Wonders of Life Insurance Policies.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi – https://goo.gl/xXG4WO
  • Woman and umbrella – https://goo.gl/10cbsF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang