Jangan salah pilih asuransi motor terbaik, karena akibatnya bisa runyam. Memilih asuransi motor adalah hal yang penting untuk mencegah Anda terkena risiko kerugian. Pada artikel ini, Finansialku akan membahas hal-hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih asuransi motor.

 

Rubrik Finansialku

 

Asuransi Motor

Asuransi motor adalah jenis asuransi yang melindungi kendaraan roda dua jikalau aset tersebut rusak akibat kecelakaan, bencana alam atau hilang karena dicuri dan sebagainya. Asuransi ini dibagi menjadi dua jenis dan berbeda menurut risiko yang dilindunginya, diantaranya Asuransi TLO (Total Loss Only) dan Asuransi allrisk.

[Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik, Jangan Salah Pilih Ya]

 

Asuransi TLO

Asuransi ini biasanya diberikan dengan premi yang cukup murah karena risiko yang ditanggulanginya hanya sebagian seperti kecelakaan parah atau kehilangan akibat dicuri atau dirampas. Asuransi TLO hanya melindungi kendaraan dari risiko yang mengakibatkan 75% kerusakan. Jika kerusakan yang terjadi adalah di bawah persentase tersebut maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim.

 

Asuransi All-risk

Asuransi ini sesuai untuk pelanggan yang ingin mendapatkan perlindungan maksimal, mulai dari kerusakan parah, kehilangan hingga kerusakan minor seperti lecet atau luka gores. Singkatnya, asuransi all-risk ini melindungi seluruh risiko selain daripada risiko yang dikecualikan di dalam polis asuransi. Asuransi all-risk juga kadang dikenal dengan nama asuransi gabungan atau asuransi comprehensive.

[Baca Juga: Klaim Asuransi Motor Korban Begal]

 

Manfaat Asuransi Motor

Terdapat beberapa alasan mengapa asuransi motor bermanfaat untuk Anda, seperti:

  • Lebih aman karena terlindung dari berbagai risiko dan nyaman pada saat berkendara.
  • Menghemat biaya pada saat Anda tertimpa risiko.
  • Proses penyelesaian dan penanggulangan pada saat risiko kecelakaan terjadi akan lebih mudah dan cepat.
  • Selain asuransi motor, Anda pun akan mendapatkan asuransi kesehatan.

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Asuransi

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memilih sebuah asuransi. Berikut adalah pertimbangannya.

[Baca Juga: Faktor Penyebab Premi Asuransi Jiwa dan Kesehatan Jadi Mahal]

 

#1 Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Banyak lembaga asuransi yang menawarkan asuransi dengan harga premi dan perlindungan yang berbeda. Pada saat Anda ingin memilih produk asuransi, pertimbangkanlah kondisi motor Anda seperti jenis, lama pemakaian serta nilai ekonomi motor tersebut. Selain menentukan produk asuransi dari lembaga mana yang paling tepat, Anda juga dapat memilih asuransi TLO atau asuransi all-risk kah yang lebih tepat untuk motor Anda.

[Baca Juga: Perlukah Saya Beli Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)?]

 

#2 Pertimbangkan Premi dan Klaim

Mengetahui besarnya premi yang perlu Anda bayar setiap bulannya sangatlah penting agar Anda memiliki gambaran mengenai manfaat yang dapat Anda terima dengan jumlah premi tersebut. Berikut adalah contoh perhitungan premi dan penggantian klaim asuransi (untuk TLO dan all-risk) jika sepeda motor Anda hilang.

Premi Asuransi: 2,5%

Harga on-the-road Motor: Rp20 juta

Biaya Administrasi: Rp30.000

 

Untuk menentukan jumlah premi, Anda harus mengalikan premi asuransi dengan harga kendaraan dan kemudian ditambahkan dengan biaya ekstra. Dari angka di atas, maka jumlah premi asuransi adalah sebesar Rp530.000.

(2,5% * Rp20.000.000) + Rp30.000 = Rp530.000

 

Selain premi, Anda pun dapat menghitung nilai klaim yang mungkin Anda dapatkan dari perusahaan asuransi dengan cara mengurangi harga on-the-road kendaraan Anda dengan nilai penyusutan, dengan menganggap persentase penyusutan setiap tahun adalah 10%, maka klaim yang akan dibayar oleh perusahaan asuransi adalah sebesar Rp18.000.000.

Rp20.000.000 – (10%*Rp20.000.000) = Rp18.000.000

 

#3 Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Setelah Anda menghitung besarnya nilai premi serta klaim yang dapat Anda peroleh, selanjutnya Anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda sendiri. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk membeli asuransi padahal kebutuhan lainnya belum dipenuhi. Belilah asuransi jika keuangan Anda cukup stabil.

 

#4 Periksa Kredibilitas Perusahaan

Terdapat banyak sekali perusahaan asuransi yang menjanjikan banyak hal agar pelanggan tertarik untuk membeli produk asuransi mereka. Sebagai pelanggan yang cermat, Anda harus memilih perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi dan reputasi baik. Informasi mengenai perusahaan dapat Anda cari melalui internet, selain itu, Anda pun dapat melihat kinerja mereka serta cara penanganan klaim.

[Baca Juga: Dimana ya Tempat Jual Asuransi? Apakah Bisa Beli Asuransi Online?]

 

Selain informasi umum mengenai perusahaan, lakukan pengecekan rasio penyelesaian klaim oleh perusahaan tersebut, semakin tinggi risiko tersebut akan semakin baik karena artinya perusahaan asuransi tersebut menangani klaim pelanggannya dengan baik dan cepat. Jika rasio rendah, maka sebaiknya Anda tidak memilih perusahaan tersebut karena Anda akan kesulitan ketika suatu saat akan mengajukan klaim.

Untuk memudahkan Anda, Anda pun dapat memilih perusahaan asuransi yang direkomendasikan oleh dealer. Selain karena dealer telah berpengalaman dan pastinya sering berhubungan dengan berbagai perusahaan asuransi, perusahaan asuransi dengan dealer ada yang bekerja sama sehingga memudahkan proses administrasi serta klaim. Anda juga dapat meminta saran dari teman atau keluarga.

 

#5 Fasilitas yang diberikan

Mengetahui apa saja fasilitas yang diberikan oleh sebuah perusahaan asuransi dapat memudahkan pilihan Anda. Pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki layanan pengaduan 24 jam, mobil derek, ambulance serta fasilitas lainnya sehingga memudahkan Anda jika risiko tersebut terjadi sewaktu-waktu.

Perusahaan asuransi juga memiliki bengkel rekanan yang dapat Anda akses melalui situs resmi perusahaan tersebut atau informasi yang diberikan pada saat perjanjian. Semakin banyak jumlah bengkel rekanan maka proses pengajuan klaim Anda pun akan semakin mudah.

 

Pahami Polis agar Klaim Disetujui

Sebaiknya Anda memahami dengan baik isi ketentuan dan perjanjian yang dituangkan dalam polis Anda. Selain itu, pada saat pengajuan klaim, Anda diharuskan untuk menyertakan dokumen dan persyaratan sesuai dengan ketentuan di dalam polis. Dengan memahaminya terlebih dahulu, klaim Anda akan lebih cepat diproses.

 

Hal apa sajakah yang Anda pertimbangkan ketika memilih asuransi? Apakah Anda memiliki asuransi kendaraan bermotor? Silakan beri komentar Anda di kolom komentar di bawah ini. Bagikan juga setiap artikel Finansialku.com kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • 5 April 2016. Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik. Cermati.com – https://goo.gl/YUyZqV
  • Rizki Abadi. 31 Maret 2016. Asuransi Motor: Ini Alasan Kenapa Anda Perlu Menggunakannya. Cermati.com – https://goo.gl/AQGlF8

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Motor – https://goo.gl/XIHZIc dan https://goo.gl/57p6nE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang