Sobat Finansialku, sedang mencari pengertian Floating Rate? Finansialku akan membahasnya di sini jadi simak terus ya artikel ini.

Selamat membaca…

 

Rumah

Sobat Finansialku, setiap orang tentu ingin memiliki rumah, dan kadang orang yang sudah memiliki rumah pun masih ingin memilikinya lagi untuk investasi.

Cara pembelian rumah itu sendiri dapat dilakukan dengan tunai atau cash, maupun dengan kredit atau yang lebih kita kenal dengan istilah KPR yaitu Kredit Pemilikan Rumah.

Nah dalam membeli rumah dengan metode kredit tentu ada bunga yang diberikan bank kepada konsumennya.

Salah satu jenis bunga bank dalam kredit rumah itu adalah floating rate. Namun tahukan Anda apa pengertian floating rate itu sendiri?

 

Pengertian Floating Rate            

Pengertian floating rate adalah, kita harus mengacu pada kata floating itu sendiri. Floating artinya mengambang.

Jadi floating rate disebut juga sebagai bunga mengambang atau bunga berjalan. Karena bunga ini akan terus berubah.

Naik atau turun bunga ini, di pengaruhi oleh suku bunga Bank Indonesia, atau dari bank itu sendiri.

Baca, Pengertian Floating Rate & Semua Tentang Floating Rate, di Sini! 02 Finansialku

[Baca Juga: Yes! Bank BTN Pangkas Bunga Kredit, KPR Dapat Jatah Paling Gede]

 

Floating Rate Punya Kelebihan?

Anda sebagai konsumen atau sebagai orang yang akan mengajukan KPR pada suatu bank, tentu akan bertanya, apakah kelebihan dari floating rate itu?

Sebagai pihak yang mengajukan kredit, Anda tentu ingin bunga bunga dari kredit Anda turun. Namun yang ada kredit yang Anda ajukan itu tidak akan selalu terjadi seperti yang Anda harapkan.

Kita harus ingat bahwa bunga mengambang itu sendiri bisa berubah kapan saja.

Bila Anda mengajukan kredit pemilikan rumah atau KPR dan bunga mengambang itu terjadi, Anda perlu ingat kelebihan dari floating rate itu adalah bila Suku bunga dari bank Indonesia turun maka bunga KPR Anda akan turun juga

 

 

Sering Dengar Bahwa Floating Rate Sangat Direkomendasikan?

Harus Anda sadari bahwa beberapa bank akan menawarkan kepada nasabahnya berbagai jenis penawaran untuk menarik konsumen.

Bila Anda mengajukan KPR pada bank mana pun, mungkin Anda akan menemukan pelayanan bunga gabungan dari jenis bunga, mungkin 3 tahun pertama Anda mendapat suku bunga terbatas, suku bunga tetap, dan suku bunga mengambang untuk waktu selanjutnya.

Jadi bila Ada yang mengatakan floating rate recommended, kini harus tahu bahwa semua itu kembali kepada keputusan Anda sendiri untuk memilih.

Apa yang kami sajikan hanya sebagai informasi dan referensi, namun keputusan tetap pada Anda. Apakah Anda memilih floating rate saat mengajukan KPR.

Fakta lain yang perlu Anda tahu bunga mengambang lebih cocok digunakan untuk orang yang siap atau memiliki profil risiko yang cukup besar.

Karena memang ada kemungkinan suku bunga Bank Indonesia turun namun akan lebih sering naik dari pada turun.

 

Bagaimana Dengan Bunga Fixed Rate

Saat Anda akan mengajukan KPR pada bank mana pun akan ada dua pilihan bunga yang Anda hadapi. Yang pertama suku bunga mengambang seperti yang telah di jelaskan di atas. Dan yang kedua fixed rate.

Suku bunga mengambang, Anda sudah paham, kini bagaimana dengan bunga fixed rate? Anda pun perlu tahu suku bunga yang satu ini, pasalnya masih akan berkaitan dengan suku bunga mengambang.

Mengapa demikian? Suku bunga ini, Anda akan mendapat bunga yang tetap dengan kurun waktu tertentu.

Dan apabila waktu yang sudah ditentukan telah selesai, bunga kredit Anda akan kembali kepada floating rate.

banner -mengapa perlu beli property pertama - KPR-01 (1)

 

Siap Keuangan dengan Matang

Jadi sekali lagi, semua kembali kepada pilihan Anda. Namun siap keuangan yang matang dalam rangka membeli rumah itulah yang penting.

Sudahkah Anda menyiapkan dan merencanakan dana untuk membeli rumah idaman Anda dengan baik?

Bila selama ini perencanaan Anda masih belum baik, mengapa tidak menyiapkan dana, dan merencanakan untuk membeli rumah Anda dengan Aplikasi Finansialku.

Pada aplikasi ini Anda dapat merencanakan dana membeli rumah idaman Anda dengan baik, belum lagi Anda juga dapat berkonsultasi masalah keuangan pribadi Anda dengan perencana keuangan profesional Finansialku.

Apakah Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku, bila sudah ayo manfaatkan semua fitur di dalamnya untuk keuangan Anda jauh lebih baik.

Bila Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku di hand phone Anda, ayo download sekarang, dengan klik tautan di bawah ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Jadi Sobat Finansialku, sekarang sudah tahu bukan pengertian floating rate? Apa pendapat Anda pada artikel ini?

Finansialku sangat terbuka akan saran dan pendapat Anda mengenai apa yang baru saja Anda baca. Kolom komentar kami sediakan bagi Anda yang ingin menyampaikan pendapat.

Dan kami persilakan bagi Anda yang ingin membagikan artikel ini kepada sanak saudara, rekan dan sahabat Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Niko Ramadhani. 27 Agustus 2020. Sudah Tahu Perbedaan Bunga Floating atau Fixed? Selengkapnya!. Akseleran.co.id – https://bit.ly/3aTLHso
  • Niko Ramadhani. 31 Juli 2020. Ini Kekurangan dan Kelebihan Floating Rate dalam KPR. Akseleran.co.id – https://bit.ly/3stXbZQ
  • Balqis Fallahnda. 3 Juli 2020. Perbedaan Bunga KPR Fixed, Floating, Cap: Definisi dan Contoh. Tirto.id – https://bit.ly/38rLEBK

 

Sumber Gambar:

  • Baca, Pengertian Floating Rate & Semua Tentang Floating Rate, di Sini! 01 Finansialku – https://bit.ly/3rzIjIp
  • Baca, Pengertian Floating Rate & Semua Tentang Floating Rate, di Sini! 02 Finansialku – https://bit.ly/3syLQIl