Sebelum melakukan ibadah puasa keesokan harinya, Sobat Finansialku sebagai umat Muslim disarankan melakukan mandi wajib terlebih dahulu.

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Bulan puasa Ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Setiap umat Muslim di bulan Ramadhan juga diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 bahwa orang-orang yang beriman diwajibkan untuk berpuasa.

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah, Ayat 183)

Sebelum menjalani puasa ada niat dan tata cara mandi yang perlu Sobat Finansialku ketahui untuk mendapatkan berbagai keutamaannya.

Di bulan yang suci ini, tentunya, Sobat Finansialku perlu juga untuk menyambutnya dengan menjaga kebersihan. Mulai dari perlengkapan salat yang bersih, kebersihan diri dari hadas besar dan kecil menjadi pun perlu diperhatikan.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan ibadah puasa keesokan harinya, Sobat Finansialku sebagai umat Muslim disarankan melakukan mandi wajib terlebih dahulu.

Niat dan tata cara mandi sebelum puasa ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mandi wajib biasa.

Bacaan Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan, Lengkap! 02

[Baca Juga: Sudah Tahu Fakta Unik Puasa? No 5 Bikin Gak Percaya!

 

Mandi sebelum puasa berguna untuk membersihkan diri dari najis yang menempel di tubuh. Tujuan dari mandi wajib ini adalah untuk membersihkan dan menyucikan diri.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tentang niat dan tata cara mandi sebelum puasa.

 

Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Sebagai umat Muslim yang sangat bangga dan gembira dengan adanya bulan Ramadan ini, maka tidak ada salahnya mengawali kegembiraan ini dengan bacaan-bacaan doa.

 

#1 Niat Mandi Sebelum Puasa

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

 

#2 Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

Untuk tata cara mandi wajib sebelum puasa Ramadan adalah sama seperti mandi wajib biasanya.

Pertama, Sobat Finansialku perlu membaca niat, kemudian membasuh seluruh tubuh dengan air yang cukup.

Selain itu, adapun waktu untuk melaksanakan mandi sunat awal Ramadan ini yang sebaiknya dilaksanakan sore hari saat keesokkannya akan mengawali puasa.

Namun, bisa juga kamu lakukan di akhir bulan sya’ban akan menjelang bulan Ramadan. Pilihan terakhirnya, bisa juga dilaksanakan saat malam hari ketika esoknya akan berpuasa.

Setelah membersihkan diri dengan keramas puasa Ramadan, maka kamu bisa melanjutkan segala rangkaian ibadah di bulan Ramadan.

 

#3 Doa Sebelum Puasa Ramadan

Setelah mandi sebelum puasa Ramadan, maka Sobat Finansialku sudah bersiap untuk menjalankan ibadah puasa untuk keeseokan harinya. Begini doa niat puasa dilantukan;

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

“Nawaitu shouma ghodin an adaai fardlu syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa, ya Sobat Finansialku.

 

banner -zakat, infaq, dan sedekah

 

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Husnul Abdi. 11 April 2021. Niat dan Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan, Lengkap dengan Keutamaannya. Liputan6.com – https://bit.ly/3wKqRES
  • Kannia Nur Haida Komara. 12 April 2021. Niat Puasa Ramadhan 2021, Bacaan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3daOdvD

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3d90a4N
  • 02 – https://bit.ly/2QlHVk0